Kartu Kredit yang Bermanfaat Itu Adalah yang Menawarkan Fasilitas-Fasilitas Berguna Seperti Ini…

by DuitPintar 2.778 views8

Kartu Kredit yang Bermanfaat

Memiliki kartu kredit mendatangkan banyak manfaat bagi kita. Fasilitas kartu itu mempermudah aktivitas hidup sehari-hari. Tapi, hati-hati, keteledoran saat menggunakan fasilitas kartu kredit bisa berdampak buruk.

Biarpun gaji kita besar dan sanggup memiliki lebih dari 1 kartu kredit, kecermatan dalam menggunakan fasilitas “kartu ajaib” ini sangat diperlukan. Soalnya, fasilitas tersebut bisa berubah menjadi “jebakan” yang membuat hidup susah jika tidak digunakan sebaik-baiknya.

[Cekidot Infographic: Mengenal Plus Minus Kartu Kredit lewat Gambar]

Nah, kartu kredit yang bermanfaat itu adalah yang menawarkan fasilitas-fasilitas yang tepat untuk kebutuhan dan gaya hidup kita. Untuk melihat apa saja fasilitas yang menjadi manfaat kartu kredit, simak daftarnya berikut ini:

1. Balance Transfer

Fasilitas ini ditawarkan suatu bank untuk menarik nasabah kartu kredit bank lain. Jika kita bersedia pindah dari pengguna kartu kredit bank A menjadi kartu kredit bank B, sebagian tagihan kita di bank A akan dilunasi bank B. Tagihan yang dibayar bank B lalu menjadi jumlah tertagih di bank tersebut.

Contoh fasilitas balance transfer dari kartu kredit Bank BTN
Contoh fasilitas balance transfer dari kartu kredit Bank BTN (Transfer Balance / BTN)

Umumnya bank mengizinkan pemindahan 80 persen tagihan dari bank sebelumnya. Jadi jika tagihan kita Rp 10 juta, sebanyak Rp 8 juta boleh dipindahkan ke bank yang baru. Selain itu, ada ketentuan batas kredit minimal, biasanya Rp 5 juta.

Sebelum memakai fasilitas ini, cermati program kartu kredit bank yang menawarkan. Jika programnya kurang menguntungkan dibanding bank sebelumnya, lebih baik tetap bertahan dengan bank saat ini.

2. Cash Advance

Fasilitas ini membuat kartu kredit layaknya kartu debit yang bisa digunakan untuk menarik uang dari mesin ATM. Kelihatannya menarik, tapi ada yang perlu kita perhatikan, yakni biaya penarikan.

Fasilitas tarik tunai kartu kredit memang menggiurkan, namun harus digunakan secara bertanggung jawab.
Hayo jangan keasyikan tarik tunai terus-terusan ya! (Mesin ATM / Blogspot)

Bank Indonesia melalui Surat Edaran BI (SEBI) No.14/34/DASP menetapkan biaya penarikan 2,95% per bulan. Biaya ini belum termasuk administrasi yang dibebankan juga kepada pengguna kartu kredit tertentu. Jadi jika kita menarik duit Rp 500 ribu, tagihan di kartu kredit tidak sama dengan nominal itu, tapi bakal lebih besar.

Biasanya pengguna kartu kredit memanfaatkan fasilitas itu hanya ketika mendesak. Sebab, biayanya terhitung tinggi. Jauh lebih murah menggunakan kartu debet kalau menarik tunai.

3. 0% Installment Plans

Fasilitas ini berupa cicilan dengan bunga 0% tapi dalam jangka waktu periode tertentu. Misalnya kita hendak membeli smartphone di merchant yang berafiliasi dengan bank penerbit kartu kredit. Nah, kita bisa memboyong pulang barang itu memakai kartu kredit dengan cara mencicil.

Contoh cicilan 0% untuk belanja produk jam tangan yang digelar BNI.
Contoh cicilan 0% untuk belanja produk jam tangan DARI BNI (Promo BNI / watch-zone-bni)

Walau bunga cicilan 0%, perlu diingat bahwa ada biaya lain yang mengikuti, yakni biaya administrasi. Artinya, jumlah tagihan di kartu kredit adalah besar cicilan ditambah biaya administrasi. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tidak semua barang bisa dibeli dengan menggunakan fasilitas ini.

4. Poin Rewards

Fasilitas ini diberikan jika nasabah menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi kecuali penarikan tunai, misalnya membeli barang. Setiap transaksi mendatangkan poin yang nantinya dapat ditukarkan dengan hadiah setelah terkumpul.

Poin Rewards oleh kartu kredit Citibank.
Poin Rewards oleh kartu kredit Citibank (Citibank Card / Citibank)

Hadiah yang disediakan biasanya:

– Barang atau produk

– Potongan harga di merchant yang bekerja sama dengan bank tersebut

– Pembebasan biaya administasi bulanan/tahunan

– Voucher belanja

– Digunakan sebagai donasi

Setiap transaksi dengan menggunakan kartu kredit mendatangkan biaya. Karena itu, tidak bijak jika kita hanya mengejar poin dengan melakukan banyak transaksi. Sebab, butuh banyak poin untuk mendapatkan rewards yang besar.

5. Foreign Currency Transaction

Fasilitas ini berupa kemampuan transaksi menggunakan mata uang asing. Misalnya kita bepergian ke Amerika Serikat. Maka kita bisa menggunakan kartu kredit untuk membayar barang atau jasa tertentu di sana.

Promo transaksi internasional oleh Bank Standard Chartered
Promo transaksi internasional oleh Bank Standard Chartered (SCB / Katalogpromosi)

Nominal transaksi itu akan dirupiahkan, jadi tagihan kartu kredit kita tetap dalam rupiah. Fasilitas ini memudahkan, tapi nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing tersebut harus diperhatikan.

Jika kita bertransaksi US$ 10 dolar dan nilai tukar rupiah terhadap dolar 12.000, artinya tagihan kita bertambah Rp 120.000. Dan itu belum termasuk biaya administrasi.

6. Discount at Merchant

Fasilitas ini berupa diskon atas pembelian barang atau jasa di merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit. Jumlah diskon bervariasi tergantung kesepakatan merchant dan bank.

Promo diskon merchant kartu kredit bermacam-macam. Ini salah satu contoh dari Bank Danamon.
Nah yang suka kuliner, ini contoh promosi Danamon (Promo Danamon / Cariyuk)

Misalnya Waterboom Lippo Cikarang memberi diskon 50% untuk pemilik kartu kredit BCA. Biasanya kerja sama bank dengan merchant ini tidak berlaku selamanya dan ada minimal transaksi. Artinya, diskon hanya berlaku pada saat-saat tertentu saja.

7. Airport Lounge

Fasilitas ini membolehkan kita menunggu pesawat di lounge bandara berkelas eksekutif walau kita menumpang penerbangan ekonomi. Tapi, fasilitas ini tidak gratis bagi pemegang kartu kredit standar. Kita harus menukarkan poin untuk mendapat fasilitas airport lounge.

Sering lihat kan kalau lounge bandara itu punya syarat untuk masuk, yakni pemilik kartu kredit bank-bank tertentu.
Nggak sembarangan orang bisa nunggu di lounge bandara loh (Lounge Bandara / Photobucket)

Fasilitas ini gratis hanya untuk pemegang kartu kredit jenis tertentu, misalnya platinum. Namun gratis pun cuma untuk pemegang kartu kredit. Jika kita datang berkeluarga, untuk pemegang kartu kredit tertentu bisa mengikutkan satu orang, sedangkan yang lain harus membayar.

Fasilitas kartu kredit sebenarnya tidak sebatar ketujuh di atas. Masih ada fasilitas cash back, tiket pesawat, dan banyak lainnya.

Memang menggiurkan, sih. Tapi memanfaatkannya dengan tidak cermat malah bisa bikin kita susah. Sebab, bisa-bisa kita malah sedang menumpuk utang dari biaya di balik fasilitas tersebut.

Ujung-ujungnya, kita bermasalah dengan hukum gara-gara tak sanggup membayar. Mari bijak menggunakan kartu kredit agar mendapat keuntungan maksimal.

CTA Kartu Kredit

 

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com