Kartu Kredit yang Paling Bagus Itu Tergantung Dari Kebiasaan Kita Sendiri

by DuitPintar 1.819 views1

kartu kredit yang paling bagus

Sekarang ini banyak bank berlomba-lomba menawarkan pilihan kartu kredit yang disesuaikan dengan kebiasaan konsumen. Kartu kredit ini memiliki manfaat khusus yang membuat konsumen lebih mudah melakukan kebiasaannya.

Kita sebagai konsumen yang diuntungkan oleh kompetisi usaha bank penyedia kartu kredit ini. Sebab, kita jadi punya banyak pilihan untuk menentukan kartu kredit yang paling bagus dengan melihat kebiasaan serta kebutuhan kita.

[Baca: Fasilitas-Fasilitas Kartu Kredit yang Perlu Kita Manfaatkan Biar Jadi Lebih Hemat]

Simak pilihan kartu kredit yang pas buat Anda berikut ini:

1. Buat yang Belum Pernah Punya Kartu Kredit

Jika Anda baru mau memiliki kartu kredit pertama, sebaiknya bandingkan kartu kredit dari sejumlah bank untuk mendapat keuntungan yang paling pas. Tapi sudah jadi pengetahuan umum bahwa tak semua bank gampang mengeluarkan kartu kredit buat orang yang belum pernah punya kartu itu.

Beberapa bank yang relatif gampang mengabulkan pengajuan kartu kredit pertama antara lain Bank Mega, Danamon, dan CIMB Niaga. Jika sudah mendapat pilihan, lihat yang fasilitasnya paling banyak, misalnya menawarkan gratis iuran tahunan.

Dengan memiliki kartu kredit itu, kita tak perlu membayar iuran per tahun. Lalu, kalau ada dua pilihan kartu kredit dengan benefit sama, pilih saja yang memberikan hadiah gratis. Jadi, keuntungan kita berlipat.

Pertama kali dapat kartu kredit nih yee
Pertama kali dapat kartu kredit nih yee (Kartu Kredit Pertama / Blogspot)

Agar permohonan kartu kredit pertama Anda lebih berpotensi diterima, sebaiknya ajukan ke bank tempat Anda menyimpan tabungan. Selain itu, pastikan syarat-syarat membuat kartu kredit terpenuhi.

2. Buat yang Sering Nyicil

Kartu kredit yang sering digunakan untuk mencicil barang sebaiknya memiliki benefit yang sepadan dengan kebiasaan itu. Misalnya fasilitas cicilan 0%, cash back dan rewards yang besar, serta bunga yang rendah.

Salah satu fungsi utama kartu kredit memang untuk membeli suatu barang dengan cara kredit. Saat akan apply kartu kredit, kita wajib memperhatikan soal fitur yang pas dengan kebiasaan mencicil ini.

Pilih kartu kredit yang lebih sering memberikan fasilitas cash back untuk setiap transaksi. Selain itu, pastikan rewards yang dijanjikan mudah didapat dan menggiurkan. Jadi, jika kita semakin sering mencicil, semakin banyak pula manfaat yang kita peroleh berkat adanya fasilitas-fasilitas itu.

Kartu kredit bikin cicilan jadi lebih mudah dan menguntungkan
Kartu kredit bikin cicilan jadi lebih mudah dan menguntungkan (Fasilitas / Mandiri)

Pastikan pula kartu kredit itu sering menawarkan layanan cicilan 0% atau tanpa bunga hingga cicilan lunas. Adapun bunga yang rendah berguna jika kita mengalami hambatan saat masih harus mencicil.

Saat telat membayar cicilan, kita akan dikenai bunga. Itu sebabnya kita harus memastikan memilih kartu kredit dengan bunga terendah.

3.  Buat yang Rutin Belanja di Supermarket

Sejumlah bank bekerja sama dengan supermarket tertentu untuk meluncurkan kartu kredit yang cocok dengan kebiasaan belanja rutin masyarakat. Misalnya Bank Mega-Carrefour dan Mandiri-Hypermart.

Lumayan deh belanja bulanan pakai kartu kredit.
Lumayan deh belanja bulanan pakai kartu kredit (Kartu Kredit Belanja / Blogspot)

Benefit yang kita peroleh dari kartu kredit semacam ini adalah potongan harga saat berbelanja di supermarket yang bekerja sama. Dengan demikian, belanja bulanan kita akan lebih ringan jika menggunakan kartu kredit ini.

4. Buat yang Sering Bepergian

Bank juga punya fasilitas kartu kredit buat yang punya hobi travelling. Kartu kredit ini terutama ditujukan bagi masyarakat yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang.

kartu kredit yang paling bagus
Asyik nih buat yang hobi traveling dapat fasilitas airport lounge loh (Traveling / Citi)

Fasilitas tersebut antara lain akses masuk ke lounge di bandara ternama dan tiket pesawat gratis untuk transaksi kartu kredit dengan nominal tertentu. Ada juga fasilitas asuransi dan medical benefit buat pemegang kartu dan keluarganya. Kemudian bisa mencicil tiket pesawat, diskon hotel, dan bisa digunakan untuk bertransaksi dengan mata uang asing di luar negeri.

5. Buat yang Biasa Berkendara

Setelah pemerintah mencabut subsidi Premium, harga bensin bersubsidi ini jadi turun-naik mengikuti pasar. Harga sparepart pun jadi ikut turun-naik. Kalau kita memiliki kartu kredit yang punya fasilitas khusus seputar kendaraan, tak perlu terlalu khawatir.

Harga bensin memang di luar keputusan kita. Tapi pakai kartu kredit, itu keputusan gampang!
Harga bensin memang di luar keputusan kita. Tapi pakai kartu kredit, itu keputusan gampang!

Sejumlah kartu kredit menjanjikan diskon pembelian BBM hingga 5%. Selain itu, ada pula kartu kredit yang memberi diskon untuk pembelian sparepart dan aksesori mobil di tempat tertentu yang bekerja sama dengan bank penyedia kartu kredit itu.

6. Buat yang Sering Pakai Produk Syariah

Dewan Syariah Nasional melalui fatwa No: 54/DSN-MUI/X/2006 menetapkan mekanisme penggunaan kartu kredit syariah atau syariah card. Kartu kredit ini tidak jauh berbeda dengan kartu kredit biasa.

Tapi ada aturan pendukung yang menyertai karena tidak ada sistem bunga. Kartu kredit ini mensyaratkan akad dalam setiap prosesnya. Misalnya akad ijarah adalah biaya keanggotaan (iuran tahunan).

Itulah pilihan kartu kredit yang paling bagus untuk masing-masing kebiasaan konsumen. Mana yang paling pas, Anda sendiri yang bisa menentukan karena Andalah yang paling tahu kebutuhan dan kebiasaan Anda.

 

CTA Kartu Kredit

Masih banyak lagi dari duitpintar.com