Karyawan Perlu Membeli Asuransi Unit Link Gak Sih Walau Ada Asuransi Perusahaan?

by Tifanny 508 views0

perlu membeli asuransi

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

Istri yang boros

Saat ini pemerintah telah mewajibkan setiap perusahaan memberikan BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) serta BPJS Kesehatan bagi karyawannya. Dengan begitu setiap karyawan dijamin mendapatkan perlindungan dari perusahaan. Selain itu ada juga perusahaan yang memberikan asuransi lain bagi karyawannya.

Ketika ditawarkan asuransi unit lnk, biasanya seorang karyawan akan bilang ‘saya sudah punya asuransi dari perusahaan kok.’ Iya sih ada asuransi dari perusahaan, tapi yakin bahwa asuransi tersebut sudah cukup untuk menutupi semua kebutuhan?

Simak penjelasan ini dulu deh buat cari tahu apakah kita membutuhkan asuransi unit link atau gak.

1. Manfaat Uang Pertanggungan

Hal utama yang harus dijadikan pertimbangan adalah manfaat asuransi dan uang pertanggungan. Umumnya asuransi yang diberikan perusahaan mencakup asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan JHT (Jaminan Hari Tua).

Perusahaan asuransi bakal nanggung biaya pengobatan ketika kita sakit. Besaran manfaat proteksi kesehatan yang ditanggung asuransi biasanya diperhitungkan berdasarkan kondisi kesehatan pemegang polis.

Jika sudah memiliki asuransi jiwa, keluarga kita juga akan menerima uang pertanggungan ketika terjadi sesuatu pada kita.

perlu membeli asuransi
Keluarga adalah yang terdekat dengan kita, jangan sia-siakan mereka ya (Keluarga / Licdn)

Jumlah uang pertanggungan pun diperhitungkan sesuai dengan kebutuhan pemegang polis. Uang pertanggungan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan keluarga ketika kita sudah meninggal.

Perhitungan uang pertanggungan dan manfaat proteksi kesehatan bersifat sangat personal karena setiap orang memiliki penghasilan dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Bagaimana dengan asuransi jiwa yang diberikan perusahaan? Dalam hal ini asuransi yang pasti diberikan perusahaan pada karyawannya adalah BPJS TK dan BPJS Kesehatan. Kita harus memperhitungkan, apakah polis kesehatan dan uang pertanggungan yang dijanjikan BPJS sudah cukup untuk menutupi kebutuhan kita?

Biasanya asuransi yang diberikan oleh perusahaan adalah Asuransi Kumpulan (Group Insurance). Dalam jenis asuransi ini, perusahaan akan menentukan besaran uang pertanggungan dan manfaat proteksi hanya atas dasar pertimbangan perusahaan. Biasanya setiap karyawan akan mendapatkan besaran yang sama.

Dengan asuransi kumpulan, uang pertanggungan dan manfaat proteksi belum tentu mencukupi kebutuhan kita dan keluarga. Jika asuransi tambahan dari perusahaan ini memang disediakan, perhitungkan seluruh total manfaat proteksi kesehatan serta uang pertanggungan yang akan didapatkan dari kedua asuransi. Kalau uang pertanggungan gak mencukupi, artinya kita butuh asuransi pribadi.

2. Masa Kerja

Pertimbangan lainnya adalah masa kerja kita di sebuah perusahaan. Ada kalanya seorang karyawan ingin pindah ke perusahaan lain. Bagaimana dengan asuransi yang diberikan perusahaan selanjutnya?

perlu membeli asuransi
Betah di satu perusahaan tergantung diri kita masing-masing ya (Karyawan / Aqua)

Apakah asuransi tersebut dapat dilanjutkan atau harus ditutup? Jika asuransi gak dapat dilanjutkan, semua premi yang telah dibayarkan akan hangus.

Selain itu kita perlu mempertimbangkan kemungkinan bahwa perusahaan akan membayar premi asuransi selama kita bekerja di perusahaan tersebut. Tapi bagaimana jika suatu hari kita sakit parah selama berbulan-bulan dan gak bisa bekerja?  

Apakah perusahaan akan tetap mempekerjakan atau justru memberhentikan kita? Tentu tidak ada perusahaan yang mau menanggung beban biaya yang gak memberikan keuntungan apapun.

Dalam hal ini, perusahaan harus tetap mengeluarkan biaya untuk membayar gaji dan asuransi kita, tetapi gak ada timbal balik apapun. Kita gak mungkin bekerja dalam kondisi sakit parah kan.

Ketika kita dikeluarkan dari perusahaan, secara otomatis asuransi pun akan dihentikan. Jika hal ini terjadi, gak akan ada asuransi yang melindungi, sementara kita harus membayar biaya pengobatan yang sangat mahal.

Tanpa asuransi pribadi, kita akan kebingungan mengatasi kondisi yang sangat merugikan seperti ini. Inilah alasan kedua mengapa asuransi tambahan harus dipertimbangkan.

perlu membeli asuransi
Paling gak enak sakit dan harus sampai dirawat di Rumah Sakit ya (Pasien Rumah Sakit / ggpht)

Setelah mempertimbangkan dua hal yang telah dibahas di atas, kita bisa memutuskan apakah kita butuh asuransi pribadi tambahan. Jika memang diperlukan, ada dua macam asuransi yang dapat menjadi alternatif.

Alternatif pertama adalah asuransi konvensional dan yang selanjutnya adalah asuransi unit link.

Asuransi unit link dapat menjadi salah satu pilihan yang efektif karena skemanya yang dapat meringankan. Gini nih cara kerja asuransi unitlink :

1. Premi yang dibayarkan akan digunakan untuk investasi.

2. Nilai polis yang terbentuk pada asuransi unit link kita, digunakan untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran.

3. Setelah dikurangi biaya-biaya, nilai polis digunakan untuk berinvestasi.

4. Dalam investasi selalu ada tiga kemungkinan, yaitu investasimeningkat (saldonya positif), investasinya tetap (saldo tetap) atau investasinya merugi (saldo berkurang). Jika hasil investasi bernilai negatif dan dana tersisa sudah gak bisa membayarkan pengeluaran-pengeluaran, maka: perusahaan asuransi jiwa akan minta kita untuk melakukan penambahan dana(top up). Pembayaran tambahan di luar premi yang rutin dibayar.

5. Jika hasil investasi bernilai positif, maka: kita dapat gunakan untuk memenuhi tujuan keuangan. Atau saldo dapat digunakan untuk membiayai biaya asuransi pada periode berikutnya.

Pada asuransi konvensional biasanya premi yang kita bayarkan akan hangus jika gak ada klaim dalam satu tahun. Dengan skema unit link, premi yang dibayarkan gak akan hangus tetapi akan terus diinvestasikan untuk menutupi premi asuransi selanjutnya.

Tapi pahami dulu bahwa asuransi unit link adalah produk asuransi, bukan produk investasi. Investasi adalah bagian dari asuransi unit link, artinya, investasi bukanlah prioritas dalam asuransi unit link.

perlu membeli asuransi
Pahami dulu apa itu asuransi unit link baru protes hehehe (Asuransi Unit Link / Carajadikaya)

Investasi hanya digunakan untuk meringankan beban premi asuransi sehingga kita gak perlu terus membayar. Jika kita terus menarik hasil investasi dalam asuransi unit link, lama-kelamaan unit kita akan habis dan gak bisa lagi menutupi premi dasar asuransi.

Ujung-ujungnya kita harus membayar premi tambahan. Lebih buruknya lagi, jika kita gak membayar premi yang kurang, asuransi unit link akan ditutup dan semua premi yang pernah dibayar akan hangus.

Setiap perusahaan wajib memberikan asuransi kepada karyawannya. Asuransi ini memang akan memberikan proteksi pada jumlah tertentu. Ada baiknya untuk gak langsung puas dengan asuransi yang diberikan perusahaan.

Pertimbangkan dulu berapa jumlah pertanggungan yang akan diberikan serta apakah kita akan terus mendapatkan proteksi tersebut. Jika manfaat asuransi dirasa gak mencukupi kebutuhan kita, sebaiknya belilah asuransi pribadi tambahan.

Jangan sampai terlena dengan asuransi dari perusahaan yang ternyata gak dapat memenuhi kebutuhan kita. Jika dibutuhkan, asuransi unit link dapat menjadi salah satu alternatif yang bermanfaat loh.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Asuransi Jiwa Dwiguna Apa Bedanya dengan Asuransi Unit Link]

[Baca: Perluas Wawasan Kamu Tentang Asuransi Kesehatan Terbaik di Portal Ini]

[Baca: Apa Iya Keuntungan Asuransi Unit Link Gak Sesuai Harapan]

Tags:

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com