Kerja 11 Bulan, Libur 1 Bulan Full, Yakin Keuanganmu Sudah Siap?

by akbar 476 views0

untuk jam 3

Finansialku

Banyak ranah bisnis yang mengalami penurunan omzet di Bulan Ramadan, sebut saja seperti pelaku bisnis F&B hingga bisnis hiburan. Situasi inilah yang mendorong sejumlah pebisnis memutuskan untuk berlibur selama satu bulan penuh ketika bulan Ramadan.

Ketimbang tetap kerja tapi penghasilan gak maksimal, mending liburan dong. Bisa istirahatkan pikiran sebulan sebelum memulai lagi aktivitas rutin. Selain itu, liburan juga bisa dimanfaatkan untuk ibadah.

Apapun alasannya gak masalah liburan sebulan full asalkan keuangannya sudah dipersiapkan dengan baik. Jika ingin mempraktikkan 11 bulan bekerja dan 1 bulan penuh libur, ikuti saja tips di bawah ini.

1. Perhitungkan kas tahunan

Laporan arus kas adalah dasar perhitungan keuanganmu sehari-hari. Dari data ini kamu bisa mengetahui berapa dana yang bisa digunakan setiap hari berdasarkan penghasilan yang didapatkan.

Jika berencana untuk menghabiskan sebulan penuh untuk berlibur, jelas gak akan ada pemasukan dong. Sementara itu kebutuhan selama sebulan gak mungkin ditiadakan.

Sebaiknya, perhitungkan cashflow-mu dengan baik. Kamu harus mempersiapkan dana yang akan digunakan untuk sebulan libur tersebut dan selama 11 bulan bekerja.

Fotolia_74601192_Subscription_Monthly_M
Cek dulu arus kas sebelum memutuskan buat liburan sebulan full (kas/ theselfemployed)

Biasanya, sistem memperhitungkan cashflow per tahun ini disarankan untuk mereka yang bekerja sebagai freelancer. Hal ini dikarenakan penghasilannya yang gak bisa dipastikan secara tetap.

Jangan lupa bahwa ketika bulan Ramadan pengeluaranmu mungkin akan bertambah banyak. Mulai dari harga bahan pokok yang meningkat, kebutuhan buka puasa yang menjadi lebih mewah demi menikmati momen spesial dengan keluarga, serta kebutuhan Lebaran yang pastinya cukup mahal.

2. Berinvestasi

Selama mempersiapkan dana untuk menikmati bulan Ramadan tanpa bekerja, kamu juga bisa berinvestasi. Seperti diketahui, investasi dapat memberikan keuntungan tanpa harus bekerja. Uanglah yang akan bekerja dan menghasilkan keuntungan untukmu.

Sangat sayang jika dana tersebut hanya disimpan di tabungan selama 11 bulan. Mendingan diputarkan saja lewat investasi.

Hand writing Time to Invest concept with red marker on transparent wipe board.
Baiknya investasi aja buat mempersiapkan liburanmu (investasi/ iqoption)

Ada dua pilihan strategi investasi yang bisa dipilih. Strategi pertama adalah berinvestasi selama 11 bulan untuk memenuhi kebutuhan sebulan libur. Sementara strategi kedua adalah menerapkan sistem seperti persiapan dana pensiun.

Persiapkan sejumlah dana investasi yang cukup besar untuk menghasilkan keuntungan yang signifikan guna memenuhi kebutuhan setiap bulan Ramadan. Dan ketika kamu mencairkan keuntungan investasi, jangan langsung dihabiskan. Dana ini akan berbunga lagi untuk tahun depan.

Setiap produk investasi memiliki karakteristik, risiko, dan return masing-masing. Ada produk investasi yang sesuai digunakan untuk jangka pendek, ada juga yang lebih sesuai digunakan untuk jangka panjang. Pilih yang sesuai ya.

3. Gunakan dana darurat

supaya uang gaji
Pastikan dana darurat mencukupi ya! (dana darurat/ money.usnews)

Salah satu fungsi dana darurat adalah untuk menggantikan pendapatan jika dalam keadaan tertentu kamu mendadak kehilangan penghasilan. Jika sudah memiliki dana darurat yang sesuai kebutuhan, sebenarnya dana darurat ini cukup untuk digunakan selama bulan Ramadan.

Kapan pun dana darurat digunakan, kamu harus segera mengembalikan jumlahnya sesuai kebutuhan. Dengan begitu risiko apapun yang dihadapi di masa depan dapat tetap teratasi.  

4. Punya penghasilan pasif

Cara lainnya adalah dengan memiliki penghasilan pasif. Karena kamu gak bekerja, biarkan asetmu yang bekerja dan menghasilkan keuntungan. Contohnya dengan mengandalkan penghasilan dari sewa rumah atau apartemen. Selain itu mobil juga bisa disewakan.

Kalau belum punya asetnya, pertimbangkan untuk membeli. Tapi tentunya perhatikan juga biayanya ya.

Pada intinya, gak salah untuk libur sebulan full tanpa bekerja. Namun bila kondisi keuanganmu masih belum stabil, tunda keinginan ini dulu ya.

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Gaji UMR Bisa Juga Liburan Keliling Dunia, Begini Strateginya]

[Baca: Kerja Freelance Bukan Halangan Buat Cermat Mengelola Keuangan Kamu Loh]

[Baca: Santai Sih, Tapi Pastikan Kamu Punya 6 Hal Penting Ini Sebelum Bekerja Secara Remote]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com