Ketika Mengalami Kecelakaan, Jangan Panik. Lakukan 4 Hal Ini

by akbar 641 views0

Ketika Mengalami Kecelakaan

Kecelakaan merupakan risiko yang berpotensi menimpa siapa saja yang sedang berkendara. Datangnya gak terduga, bisa terjadi kapan dan di mana saja meski kita sudah berhati-hati.

Sebagian dari kita mungkin langsung panik ketika jadi korban kecelakaan. Tapi kepanikan jelas bukan solusi, dan hal itu justru bisa berdampak fatal.

Berikut adalah 4 hal yang harus kamu lakukan saat kamu mengalami kecelakaan di jalan raya. Mari kita simak!

1. Tetap tenang

ketika mengalami kecelakaan
Tenang merupakan hal yang sulit dilakukan saat kita mengalami kecelakaan. Namun percaya deh, kalau gak tenang justru kamu gak bisa berpikir dengan jernih untuk ambil tindakan (tenang / hipnoterapi)

Ketika mengalami kecelakaan, jangan lantas panik. Tetap tenang dan periksa kondisimu terlebih dahulu. Jika terluka. apakah kondisinya parah dan butuh penanganan medis segera.

Apabila kamu membawa penumpang, periksa juga kondisi penumpang. Cobalah untuk menenangkan mereka.

2. Jika ada yang terluka parah, panggil ambulans

Khusus bagi warga DKI Jakarta yang mengalami kecelakaan, ada 48 ambulans gawat darurat gratis. Ambulans ini sudah disediakan rumah sakit untuk tetap siaga.

Untuk mengakses fasilitas ini, hubungi call center Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu di 119 atau hotline di (021) 6530 3118. Jelaskan spesifikasi ambulans yang ingin kamu pesan.

Ambulans akan datang dengan dua tenaga medis terlatih. Jika diperlukan, tenaga medis rumah sakit atau puskesmas juga bisa ikut serta.

3. Hubungi jasa derek yang disediakan asuransi

Mobil rusak parah? manfaatkan jasa derek yang telah diberikan asuransi mobilmu. Di sinilah manfaatnya asuransi mobil. Selain bisa menanggung biaya kerusakan mobil, juga bisa memberikan fasilitas jasa derek.

ketika mengalami kecelakaan
Mungkin sebagian dari kita baru akan sadar pentingnya asuransi ketika kita mengalami hal yang tidak mengenakkan. Lebih baik sedia payung sebelum hujan, yuk kita cari asuransi mobil terbaik (derek mobil / otomotifnet)

Kamu harus ingat kalau satu-satunya perlindungan yang efektif buat mobilmu adalah asuransi. Ingin ajukan asuransi mobil yang punya fasilitas jasa derek? Coba pilih dengan teliti lewat situs komparasi produk finansial.

Di situ juga ada berbagai pilihan produk asuransi mobil. Kamu tinggal tentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan, dan ajukan aplikasi via online.

4. Hubungi Jasa Raharja

ketika mengalami kecelakaan
Banyak yang gak tau soal santunan ini lho. Nah buat kamu yang sudah paham, jangan lupa informasikan ke kerabat dan rekan-rekanmu ya (pelayanan jasa raharja / hariansemarangbanget)

Kamu pun berhak mendapat santunan dari Jasa Raharja jika mengalami kecelakaan. Namun hal itu tidak berlaku untuk kecelakaan tunggal.

Untuk kecelakaan yang melibatkan lebih dari satu pihak, Jasa Raharja akan memberikan santunan dengan besaran yang disesuaikan. Kamu bisa cek besar santunannya di situs resmi Jasa Raharja.

Prosedur pengajuannya pun tidak sulit. Kamu hanya perlu mendatangi kantor Jasa Raharja terdekat dan mengisi formulir yang disediakan, serta membawa laporan kecelakaan dari polisi setempat.

Sertakan pula surat keterangan kesehatan dari rumah sakit atau klinik yang merawat kamu. Jangan lupa bawa KTP atau identitas lain milikmu, korban kecelakaan atau ahli warisnya beserta fotokopinya. Hal ini perlu dilakukan jika kamu mewakili korban yang meninggal dunia atau gak bisa mengurus klaimnya sendiri.

Dokumen pun akan diteliti di kantor Jasa Raharja. Dan proses pengajuan santunan dimulai.

Intinya adalah selalu sedia payung sebelum hujan karena kita gak tahu kapan hujan akan turun. Tanpa persiapan yang matang, kita pasti kesulitan dalam menghadapi segala macam risiko yang terjadi.

Gak ada yang mau jadi korban kecelakaan. Oleh karena itu, berhati-hatilah dan tetap waspada ketika berkendara.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Sering Keluar Kota Pakai Mobil Pribadi? Begini Caranya Melindungi Diri]

[Baca: Pilih Asuransi Mobil Terbaik Ini untuk Mobil Kesayanganmu]

[Baca: Mau Beli Mobil Modifikasi? Perhatiin Dulu 3 Hal Ini]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com