Ladies, Pakai Menstrual Cup Bisa 5 Kali Lebih Hemat dari Pembalut Lho

by Tifanny 890 views0

Menstrual Cup

Pria-pria yang sudah punya pasangan pasti langsung mikir seribu kali buat “berulah” pas pacar atau istri lagi datang bulan. Iya, kan?

Datang bulan atau menstruasi emang rutin menyambangi kaum Hawa tiap bulan. Selama periode ini berlangsung, jangan heran kalau cewek-cewek jadi lebih emosian dari biasanya.

Sebab, selain karena pengaruh hormon, perempuan juga harus merasakan nyeri perut, pegal-pegal, sampai beberapa bahkan ada yang sakit kepala dan migrain lho.

Semua “penderitaan” ini masih ditambah dengan harus memakai pembalut atau tampon yang membatasi gerak tubuh seharian. Maklum, pakai pembalut pasti ada ketidaknyamanan kalau terlalu aktif bergerak.

Nah, buat para cewek yang sering merasakan hal ini, sekarang ada alternatif lain buat kamu sebagai pengganti pembalut dan tampon. Produk ini mungkin bisa lebih banyak manfaatnya, termasuk buat keuangan.

Apa itu menstrual cup?

menstrual cup
Jangan sampai salah ya, ini nih yang namanya menstrual cup. (Menstrual Cup / leslolos)

Kenalin nih, menstrual cup alias cangkir menstruasi. Pasti masih banyak yang bingung mendengarnya ya? Biar gak kudet, cangkir menstruasi ini fungsinya kayak pembalut dan tampon, yakni sebagai “wadah” ketika darah haid keluar.

Alat ini sudah digunakan oleh beberapa perempuan di Indonesia lho. Dan sudah diperjualbelikan juga lewat beberapa online shop.

[Baca: Cantik Gak Harus Keluar Uang Jutaan Ini Tips Buat Cantik Hemat]

Beberapa online shop yang sudah mulai menjual cangkir menstruasi adalah Alibaba.com dan Lazada.co.id yang menawarkan beragam tipe dan harga.

Sesuai namanya, bentuknya mirip cawan dengan tangkai. Teksturnya lembut dan lentur karena terbuat dari silikon atau lateks. Cangkir menstruasi ini tersedia dalam berbagai ukuran, menyesuaikan dengan bentuk vagina.

Bagaimana menggunakannya?

Duh, susah gak menggunakannya? Gak kok sis! Kira-kira begini langkahnya:

1. Mulai dengan posisi jongkok dan buka vulva luar vagina dengan satu tangan

2. Satu tangan lainnya meremas mulut cangkir hingga membentuk huruf U

3. Setelah itu masukkan perlahan mulut cangkir ke dalam vagina

4. Setelah ada di dalam vagina, cangkir menstruasi akan secara elastis kembali ke bentuk aslinya.

Biar gak galau atau terlalu banyak kekhawatiran tentang cangkir menstruasi ini, ketahui yuk kelebihan dan kekurangannya!

Kelebihan

1. Lebih hemat

menstrual cup 2
Hidup hemat tuh jangan kayak anak kost, di awal bulan foya-foya, pas akhir bulan baru hemat hehehe (Anak Kost / brilio)

Coba kita hitung kisaran pengeluaran untuk pembalut setiap bulannya dengan merek Laurier misalnya:

Laurier Maxi seharga Rp 7 ribu (isi 10) x 2 = Rp 14 ribu

Rp 14 ribu x 12 = Rp 168 ribu per tahun

Penghitungan di atas dengan asumsi selama sebulan, seorang perempuan bisa menghabiskan dua pack pembalut isi 10.

Sementara, untuk harga cangkir menstruasi yang ada di pasaran mulai dari Rp 35 ribu-Rp 69 ribu. Dan ingat, cangkir menstruasi ini bisa digunakan hingga dua sampai empat tahun lho. Jelas jadi jauh lebih hemat pengeluaran dong!

2. Lebih praktis dan efisien

Cangkir menstruasi cukup dibersihkan setiap empat jam sekali tergantung dari seberapa banyak aliran darahnya. Menggunakan dan melepasnya sangat mudah karena sifatnya yang lentur. Beda dengan pembalut, cangkir menstruasi hanya akan lebih sedikit mengeluarkan aroma gak sedap.

[Baca: Ini Akibatnya Kalau Ogah Medical Check Up]

3. Lebih bebas beraktivitas

Alat lentur ini akan menampung darah menstruasi dengan aman, bahkan buat yang hobi berenang masih bisa melakukan olahraga ini lho! Aktivitas gak akan terganggu, karena rasa nyaman yang ditimbulkan saat mengenakannya.

4. Lebih ramah lingkungan

Karena sifatnya yang bisa dibersihkan hingga berkali-kali selama 2-4 tahun, pasti lebih ramah lingkungan. Gak nambah-nambahin sampah. Coba bandingkan dengan pembalut atau tampon yang hanya bisa sekali pakai lalu buang.

Kekurangan

1. Masih belum familiar

Karena banyak yang belum menggunakan, mungkin bagi beberapa yang pertama kali mencoba akan merasa sedikit kesulitan dan gak pas. Ujung-ujungnya malah merasa gak nyaman karena khawatir alat gak menampung darah menstruasi.

2. Anggapan merusak keperawanan

Karena budaya bangsa ini sangat mengagungkan masalah keperawanan, mungkin akan banyak yang enggan memilih produk ini. Cangkir menstruasi yang digunakan pada alat vital kewanitaan ini memang mungkin saja merusak selaput dara.

menstrual cup
Setiap negara pasti punya budaya masing-masing, ya harus dihargai juga sih, sewajarnya saja. (Demo Tes Keperawanan / merdeka)

3. Gak cocok buat yang alergi lateks

Karena ada beberapa perempuan yang alergi terhadap lateks, cangkir menstruasi gak dianjurkan buat kalangan ini.

4. Sulit memilih ukuran yang pas

Cangkir menstruasi tersedia dalam beberapa ukuran, biasanya ukuran 1 dan 2. Nah, memilih ukuran yang paling pas juga bisa jadi kendala. Banyak perempuan yang gak bisa memperkirakan ukuran liang vaginanya dengan tepat.

Walau belum familiar dan khawatir soal pemakaiannya, gak ada salahnya untuk mempertimbangkan produk ini. Saat memilih produk ini, dibutuhkan ketelatenan dalam merawatnya agar awet dan gak berbahaya buat kesehatan.

[Baca: Belajar Kisah Julia Perez Yuk Deteksi Dini Kanker Serviks Pap Smear]

Gak boleh malas mencuci saat sudah penuh atau saat gak dipakai ya. Rendam juga alat ini dengan air hangat biar tetap higienis.

Hemat pengeluaran gak harus dimulai dari hal besar. Walau cuma seribu-dua ribu perak, itu masih terhitung penghematan lho. Yuk mulai dicoba dengan cangkir menstruasi ini!

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com