Lagi Planning Liburan? Ini 5 Destinasi Eropa Paling Murah dan Ramah pada Rupiah

by DuitPintar 6.097 views1

destinasi eropa paling murah

Banyak orang ngidam berwisata ke luar negeri tapi sering terbentur masalah klasik: duit terbatas. Eits, tunggu dulu. Siapa bilang jalan-jalan ke mancanegara membutuhkan duit bertumpuk-tumpuk?

 

Ada lho destinasi wisata murah di luar negeri, termasuk Eropa. Memang sih, mahal-murahnya sesuatu itu relatif. Tapi negeri-negeri  di Benua Biru yang biasa dijadikan lokasi liburan ini bisa dibilang murah buat sebagian besar kalangan kok.

 

Indikasinya adalah biaya hidup di negara itu termasuk murah, tidak beda jauh dengan Indonesia. Data soal biaya hidup itu dirangkum oleh Numbeo.

 

Numbeo adalah lembaga yang menghimpun data terkini tentang biaya hidup, perumahan, kesehatan, lalu lintas, dan angka kriminalitas serta polusi negara-negara di seluruh dunia.

 

Udah gak sabar pengin tahu negara mana saja yang cucok buat pemegang rupiah? Langsung saja lihat daftarnya di bawah:

 

1. Moldova

Moldova

 

 

Negara ini mungkin asing buat sebagian besar orang Indonesia. Moldova terletak di Eropa Timur, dekat dengan Rusia. Lokasi favorit para pelancong di negeri ini antara lain Biara Tipova, tempat ibadah yang dibangun di sebuah bukit batu.

 

Kurs rupiah terhadap Leu, mata uang Moldova, sangat kuat. 1 Leu kira-kira Rp 700 rupiah. Untuk perbandingan, harga 1 liter susu sapi murni cuma 12 Leu atau sekitar Rp 8.400. Murah kan?

 

Tiket pesawat pulang-pergi: mulai dari Rp 15 jutaan (Jakarta-Chisinau)

Visa: Sekitar Rp 280 ribu hingga Rp 1,2 juta (20 – 80 Euro)

 

2. Makedonia

Makedonia

 

 

Ada yang bilang Makedonia adalah versi kecilnya Prancis. Mungkin gara-gara ada Triumphal Gate yang mirip dengan Arc de Triomphe di Paris. Tapi biaya hidup di Makedonia jauh lebih murah ketimbang Prancis.

 

Sebagai gambaran, harga seliter susu sapi murni di Skopje, ibu kota Makedonia, sekitar Rp 11 ribu. Selain biaya makan-minum yang murah, ongkos transportasinya pun rendah. Kalau ada temen titip oleh-oleh juga gak bakal bikin kantong bolong, paling bawaan jadi berat. [Baca: Kenapa Sih Musti Minta Oleh-Oleh Sama Teman yang Berpergian?]

 

Tiket pesawat pulang-pergi: mulai dari Rp 15 jutaan (Jakarta-Skopje)

Visa: Bebas jika memegang visa Schengen tipe C (mulai dari Rp 680 ribu)

 

3. Armenia

0_17

 

 

Armenia cocok buat yang pengin menikmati suasana klasik khas Eropa dengan bujet terbatas. Ibu kota Armenia, Yerevan, sudah berusia lebih dari 2.700 tahun! Tapi masih banyak peninggalan kuno yang terawat di sana.

 

Kalau mau, bisa juga berkunjung ke sejumlah bangunan gereja dan bekas gereja berdesain klasik. Tiket masuknya? Gratis!!

 

Di Armenia juga banyak penginapan tradisional yang sangat ramah terhadap rupiah. Soal harga makanan, sebagai gambaran, harga roti untuk sarapan 2 orang di sana sekitar Rp 6 ribu. Di Jakarta bisa lebih dari Rp 10 ribu.

 

Tiket pesawat pulang-pergi: mulai dari Rp 11 jutaan (Jakarta-Yerevan)

Visa: On Arrival (mulai dari Rp 82 ribuan)

 

4. Ukraina

ukraine

 

 

Ukraina juga ada di Eropa Timur. Negeri ini baru saja dilanda gonjang-ganjing, tapi sekarang sudah pulih lagi setelah terpilih presiden yang baru.

 

Lokasi wisata yang menjadi daya tarik Ukraina adalah alamnya. Contohnya Taman Sofiyivsky, yang dikembangkan pada 1796. Terus Taman Nasional Dniester.

 

Soal biaya hidup, contohnya harga paket lengkap dan termahal di restoran fast food Kiev sekitar Rp 34 ribu. Sedangkan di Jakarta lebih dari Rp 40 ribu.

 

Tiket pesawat pulang-pergi: mulai dari Rp 13 jutaan (Jakarta-Kiev)

Visa: Sekitar Rp 2,1 jutaan (USD160)

 

5. Rumania

bucharest

 

 

Wisata horor di Rumania, siapa berani? Negerinya Drakula ini termasuk yang punya biaya hidup terjangkau.

 

Selain itu, wisatawan bisa melihat percampuran budaya unik di negeri ini. Generasi tuanya condong ke Uni Soviet (Rusia), sedangkan generasi muda miring-miring ke Prancis.

 

Bahkan ibu kotanya, Bukares, sampai dijuluki Llittle Paris karena mirip-mirip dengan kota Eiffel itu. Bicara soal biaya hidup, Rumania mirip dengan Ukraina.

 

Tiket pesawat pulang-pergi: mulai dari Rp 12 jutaan (Jakarta-Bukares)

Visa: sekitar Rp 800 ribu

 

 

Itulah 5 destinasi Eropa paling murah yang ramah buat para pemegang rupiah. Biaya hidup yang rendah di suatu negara bisa menekan ongkos yang kita keluarkan saat melancong ke negara itu.

 

Soal ongkos terbang ke sana bisa disiasati dengan mencari promo tiket. Kalau lagi gak ada promo terbang ke negara itu, mungkin bisa cek kartu kredit. Siapa tahu bisa terbang lebih murah pakai kartu kredit yang dipegang. [Baca: Kartu Kredit yang Paling Bagus Itu Tergantung Dari Kebiasaan Kita Sendiri]

 

Biar lebih ngirit, sebaiknya rencanakan terbang sejak jauh-jauh hari. Biasanya harga tiket pesawat lebih murah. Selain itu, kita juga bisa menabung agar saat tiba hari-H duit sudah cukup terkumpul sebagai bekal melancong. Nyok, berwisata ke Eropa!

 

 

 

Image credit:

  • http://www.travelmagma.com/uploads/images/0_17.jpg
  • http://visittoukraine.com/uploads/images/news/ukraine.jpg
  • http://cdn.eventegg.com/images/content/travel/3/96/arc-de-triumph-bucharest.jpg

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com