Lakukan Ini Kalau Gak Mau Uangmu Tergerus Inflasi

by Tifanny 997 views0

uangmu tergerus inflasi

punya dana terbatas

Banyak orang mengeluhkan biaya hidup yang semakin tinggi di kota, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan pas-pasan. Sekarang, uang Rp 100 ribu sepertinya tidak dapat mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

10 tahun lalu, dengan uang Rp 100 ribu, kita sudah dapat membeli beras jenis IR-I 64 sebanyak 23,8 kilogram (kg). Artinya, harga beras saat itu hanya sebesar Rp 4.200 per kg.

Namun, sekarang dengan jumlah uang yang sama kita hanya dapat beras sebanyak 8,85 kg. Ternyata harganya naik jadi Rp 11.300 per kg.

Inilah yang disebut dengan inflasi. Dalam fenomena ini, terjadi kenaikan harga secara terus-menerus dari tahun ke tahun. Inflasi memang tidak terlihat secara kasat mata, tetapi dapat dirasakan dengan adanya peningkatan harga barang-barang.

uangmu tergerus inflasi
Saat harga sembako naik pasti ibu-ibu menjerit deh! (harga bahan pokok naik / blogspot)

Ternyata, inflasi ini terjadi bukan hanya pada harga barang saja, melainkan pada biaya jasa seperti pendidikan, ongkos angkutan umum, dan jasa lainnya. Bahkan, kondisi untuk biaya pendidikan (sekolah) bisa meningkat tajam dengan inflasi mencapai 15-20 persen per tahun.

Kalau inflasi diiringi pula dengan kenaikan gaji atau pendapatan, mungkin hal itu gak masalah. Tapi kalau gaji kita segitu-segitu saja alias gak bertambah secara signifikan, tentu gak baik.

Lalu, bagaimana mengatasi hal tersebut?

Untuk mengimbangi inflasi yang terjadi, paling tidak kenaikan pendapatan dalam 10 tahun terakhir harus mencapai 170 persen. Kalau hal ini terjadi, masyarakat tetap dapat membeli barang dengan jumlah sama untuk dapat memenuhi kebutuhannya.

Akan tetapi, masyarakat seharusnya tidak bergantung kepada pendapatan saja untuk mengalahkan inflasi. Ada cara lain yang dapat menjaga daya beli saat terjadi inflasi, yaitu dengan berinvestasi reksa dana.

uangmu tergerus inflasi
Jangan takut sama investasi reksa dana, gak seram kayak film horor kok hehehe (reksa dana) / pinjamuang)

Kenapa harus reksa dana?

Aset seperti saham dan reksa dana memiliki potensi menghasilkan return besar dalam jangka panjang. Bahkan, keuntungan reksa dana mencapai lebih dari 400 persen atau lima kali lipat dalam 10 tahun terakhir.  Angka ini jauh melebihi tingkat inflasi tahunan yang terjadi.

Kalau kamu kebingungan soal simulasinya, silakan lihat tabel di bawah ini. Grafik ini berisikan simulasi jika kita menyimpan uang sebesar Rp 1 juta pada reksa dana Pratama Saham yang merupakan salah satu reksa dana yang memiliki kinerja terbaik dalam periode 10 tahun (26 Juli 2006-25 Juli 2016).

Grafik ini menunjukkan bahwa reksa dana saham tumbuh hingga 488,46 persen dalam waktu 10 tahun. Uang yang semula hanya sebesar Rp 1 juta, kini telah menjadi Rp5,88 juta.

Artinya, uang yang disimpan pada reksa dana saham Pratama Saham dalam jangka waktu 10 tahun telah menghasilkan keuntungan sebesar Rp 4,88 juta.

uangmu tergerus inflasi
Horeeee aku bisa terbang! Awas jatuh ya mas hehehe (meninggkat / yahoo)

Grafik itu juga memperlihatkan hasil investasi reksa dana dapat berada jauh di atas tingkat inflasi yang terjadi selama 10 tahun terakhir. Inflasi dalam grafik ditunjukkan dengan garis berwarna oranye, yang berada di bawah garis hasil investasi berwarna hijau toska.

Kesimpulannya, investasi reksa dana dapat mengatasi inflasi yang menggerus nilai uang kita. Tidak hanya menjaga kemampuan daya beli kita terhadap suatu barang atau jasa, investasi ini juga berpotensi memberikan keuntungan lebih yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan, seperti biaya pendidikan anak.

Jadi, yuk kita mulai berinvestasi dari sekarangi agar kemampuan daya beli kita tetap terjaga di masa depan.

 

“Artikel lainnya, silakan klik tautan berikut ini : Bareksa.com

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com