Layanan Kartu Kredit Virtual dari 4 Bank di Indonesia, Gak Perlu Ngutang Sob!

by DuitPintar 9.639 views0

kartu kredit virtual thumb

Gak ada rotan, akar pun jadi. Perumpamaan itu cocok buat menggambarkan kehadiran kartu kredit virtual (VCC) alias virtual credit card.

 

Bagaimana gak? Saat orang bingung mau transaksi online yang harus pakai kartu kredit tapi gak punya, kartu kredit virtual (VCC) jadi solusinya.

 

[Baca: Kartu Kredit Virtual (VCC) : Cara Ciamik buat Belanja Online]

 

Caranya, memasukkan 16 digit nomor VCC saat akan bertransaksi. Nomor itu yang jadi tanda otoritasi pembayaran dengan 3 digit terakhir sebagai card verification value (CVV).

 

Umumnya nomor ini berlaku maksimal 24 jam saja. Untuk transaksi lain, harus minta nomor lain lewat proses yang udah ditentukan masing-masing penerbit kartu virtual itu.

 

Di Indonesia, kebanyakan VCC dijual agen-agen lewat situs dan forum-forum Internet. Tapi ada pula bank yang punya layanan kartu kredit virtual meski gak secara langsung menyebutnya demikian. Ada yang dinamai virtual account, juga debit online.

 

Berikut ini macam-macam kartu kredit virtual di Indonesia yang diterbitkan oleh bank:

1. OctoPay

Layanan teranyar dari CIMB Niaga Indonesia ini nargetin pengguna Facebook di Tanah Air yang banyaknya bukan main. Untuk mendaftar OctoPay, kita wajib buka rekening dulu di bank ini.

 

kartu kredit virtual

Salah satu inovasi CIMB Niaga, OctoPay ini bikin belanja makin gampang. Tapi jangan sampai tagihan jadi menggurita juga ya

 

 

Cara kerjanya, kita download aplikasi OctoPay dulu di Facebook lalu mendaftar. Setelah terdaftar, kita harus buka aplikasi itu buat transaksi.

 

Nantinya, duit setiap pembayaran lewat OctoPay akan dipotong langsung dari rekening tabungan CIMB Niaga. OctoPay bisa dipakai buat:

  • Virtual credit card
  • Transfer uang
  • Beli pulsa
  • Bayar tagihan

 

2. BNI Debit Online

BNI Debit Online kurang-lebih berfungsi sama kayak OctoPay. Tapi layanan ini memakai SMS banking untuk transaksi, bukan Facebook. Untuk bertransaksi online, kita bakal dikirim virtual card number (VCN) dari BNI.

 

kartu kredit virtual

BNI Debit Online rada ribet kalo pas kita keabisan pulsa buat SMS 

 

 

Kita wajib punya rekening di BNI buat manfaatin fitur ini. Setelah mendaftar dan melakukan aktivasi, kita hanya perlu mengetik “REQ VCN <nominal uang yang akan digunakan untuk transaksi>” dan kirim ke nomor yang udah ditetapkan.

 

Setelah mengikuti proses request, VCN akan dikirimkan ke ponsel. Nomor 16 digit itu berlaku selama 2 jam terhitung setelah diterima dan hanya bisa digunakan sekali.

 

Sayangnya, provider yang kerja sama ama BNI baru Telkomsel, Indosat, dan XL. Layanan ini juga belum bisa diakses lewat Internet banking.

 

3. Mandiri Debit Online

Sebagai sesama bank milik negara, Mandiri dan BNI punya layanan kartu kredit virtual yang mirip. VCC dari Bank Mandiri menekankan pada penggunaan one time password (OTP) alias password sekali pakai.

 

kartu kredit virtual

Inovasi buat mendukung e-commerce rilisan bank pelat merah Mandiri ini lebih praktis karena nggak perlu kirim-kirim SMS

 

 

Tapi lewat Mandiri Debit Online, kita gak dikirimi 16 digit nomor. Untuk otorisasi pembayaran, kita pakai 3 digit nomor CVV pada kartu debit Mandiri. Otentifikasinya pakai OTP yang diberikan via SMS.

 

Untuk mendaftarkan diri ke Mandiri Debit Online, kita bisa pilih langsung datang ke Bank Mandiri terdekat ataupun Internet banking. Untuk menggunakan layanan ini, kita gak perlu kirim SMS atau apa pun ke Mandiri.

 

Cukup masukkan 3 digit nomor CVV di belakang kartu debit ke kolom situs merchant e-commerce yang udah diverifikasi Visa (verified by Visa/3D secure). Setelah itu, otomatis sistem Mandiri akan mengirim OTP ke ponsel kita buat transaksi.

 

4. BCA KlikPay

Layanan VCC dari BCA ini hampir sama kayak punya Mandiri. Bedanya, kita perlu mengakses situs KlikPay untuk bertransaksi dengan memasukkan user ID dan password.

 

User ID dan password itu didapat lewat registrasi dan aktivasi lewat KlikBCA.com.  Yang juga beda, sumber dana untuk KlikPay bisa kita pilih: rekening debit atau kartu kredit BCA.

 

kartu kredit virtual

BCA Klikpay punya fitur yang mudah digunakan buat belanja apa aja, dari baju ampe tiket kereta api

 

 

Kalau pakai rekening debit, otomatis saldo terpotong habis transaksi. Sedangkan kalau pakai kartu kredit, tagihan akan ditambahkan besar transaksi tersebut.

 

Cara kerjanya, saat akan membeli barang di e-commerce yang membolehkan transaksi KlikPay, kita pilih layanan itu sebagai metode pembayaran. Setelah itu, kita akan dibawa ke layar login BCA KlikPay (klikpay.klikbca.com).

 

Untuk bertransaksi, tekan tombol Kirim OTP setelah login. Tak sampai semenit kemudian, SMS berisi one time password (OTP) akan sampai di ponsel yang nomornya udah kita daftarkan. Masukkan OTP itu ke kolom yang tersedia untuk menyelesaikan transaksi.

 

Mekanisme penggunaan VCC terbitan bank Indonesia serupa. Yaitu duit transaksi langsung dipotong dari rekening tabungan nasabah. Artinya, VCC ini sebenarnya berbasis pada kartu debit, bukan kartu kredit (kecuali KlikPay yang bisa milih di antara keduanya).

 

Jadi gak perlu pusing dengan tagihan bulanan. Sebab duit transaksi langsung diambil dari saldo rekening kita.

 

[Baca: Tagihan Bulanan Kartu Kredit: Angka-Angka Itu Maksudnya Apa Sih?]

 

Selain itu, transaksi online dengan kartu kredit virtual lebih aman. Soalnya ada fitur virtual number atau OTP yang langsung hangus begitu selesai dipakai. Jadi, kalau ada yang nyolong nomor itu, sia-sia karena gak bisa ngebobol dana kita.

 

kartu kredit virtual

Udah tau kan praktisnya kartu kredit virtual. Tapi jangan ampe kalap liat tanda SALE gede-gedean ya

 

 

Bagaimanapun, sama seperti kartu kredit konvensional, kartu kredit virtual (VCC) gak lepas dari intaian penjahat. Karena itu, kita gak boleh terlena dengan manfaatnya dan tetap wajib hati-hati menggunakannya.

 

[Baca: Jangan Sampai Kecolongan Menggunakan Kartu Kreditmu! Ini 5 Tips Menjaga Keamanan Kartu Kredit]

 

 

 

Image credit:

  • https://id-tia-techinasiacom.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2015/09/CIMB-OctoPay.jpg
  • http://srv-live.lazada.co.id/cms/blog/panduan_pakai_bni_debit_lazada2.jpg
  • https://storyza.files.wordpress.com/2013/02/tabmandiriku-1.jpg
  • http://s1.bmdstatic.com/images/promo/BCA-KlikPay-Header.jpg
  • http://www.emjeshop.com/wp-content/uploads/2014/11/murah-berbelanja-online1.jpg

Masih banyak lagi dari duitpintar.com