Ini Lho 4 Pelajaran Sukses yang Bisa Kamu Dapat dari Pendiri Detik Budiono Darsono

by akbar 539 views0

Pelajaran Sukses yang Bisa Kamu Dapat

Pernah baca Detik.com kan? Itu lho, media online terlaris di Indonesia yang usianya sudah menginjak 20 tahun. Salah satu pendiri portal berita yang sudah diakuisisi oleh Chairul Tanjung itu adalah seorang mantan wartawan bernama Budiono Darsono.

Selama satu hari, portal berita Detik dikunjungi kurang lebih 3 juta visitor. Tapi jangan salah, pencapaian itu adalah hasil kerja keras yang gak mudah lho. Detik.com juga sempat jatuh bangun di awal mereka berdiri.

Detik.com didirikan pada 1998, tepatnya saat Indonesia mengalami krisis ekonomi yang cukup serius. Dan saat itu juga menjadi masa kelam bagi para wartawan. Beberapa kantor media terpaksa ditutup oleh Pemerintah RI secara paksa, termasuk Tabloid Detik tempat Budiono bekerja.

Dia terpaksa hidup tanpa penghasilan. Namun hal tersebut gak menghalangi bapak dua anak tersebut mendirikan sebuah portal berita dengan modal Rp 40 juta bersama tiga rekannya.

Selain jadi founder, Budiono juga tetap bertugas layaknya wartawan, yaitu nyari berita. Tragedi Semanggi 1998 adalah berita pertama yang dimuat oleh Detik.com.

Apa setelah itu Detik.com langsung melejit? Gak juga. Mereka justru mengalami masa sulit di tahun 2000, di mana Detik.com harus memecat 27 karyawannya.

pelajaran sukses yang bisa kamu dapat
Coba kenali sosok sukses yang satu ini dan ambil deh nilai-nilai positifnya. (Budiono Darsono / blogdetik)

Media ini juga sempat dibombardir masyarakat karena beritanya dinilai gak akurat. Selain itu, para pembaca juga kecewa karena iklan di home page Detik.com terlihat berantakan.

Meski demikian, waktu terus berjalan hingga akhirnya Budiono diangkat menjadi direktur utama Detik.com. Di masa itulah Chairul Tanjung memutuskan untuk membeli saham media ternama ini dengan nilai Rp 540 miliar. Selain CT, Detik.com juga punya banyak investor yang ikut menanam sahamnya lho.

Kamu pun bisa belajar dari Budiono Darsono agar sukses berbisnis. Berikut sejumlah pelajaran yang bisa kamu petik:

1. Berani memaksimalkan passion

Meski saat itu pemerintah RI gencar memberangus media, Budiono yang kehilangan pekerjaan gak pernah kehilangan kreativitas untuk berinovasi. Dia justru tetap bekerja sesuai dengan passion-nya dan membangun media online yang waktu itu belum familiar bagi masyarakat Indonesia.

Dengan modal handy talky dan tape recorder, Budiono juga turun langsung ke lapangan untuk berburu berita. Dia pun berhasil membuat berita-berita berkualitas dari liputannya.

Sejatinya media online pertama di Indonesia adalah Majalah Mingguan Tempo. Tapi lambat laun, Detik.com justru tampil sebagai yang paling laris.

pelajaran sukses yang bisa kamu dapat
Hayooo siapa di antara kamu yang belum pernah buka situs detik? Semua pasti udah dong! (Detik.com / wordpress)

2. Punya komitmen kuat

Mendirikan bisnis yang sukses seperti Detik.com butuh komitmen kuat. Dan hal itu gak mungkin bisa tercapai kalau kamu adalah seseorang yang cepat bosan untuk urusan kerja.

Di awal Detik.com berdiri, Budiono turun ke lapangan untuk liputan hingga akhirnya dia menjadi pemimpin redaksi. Setelah jadi pemred, dia pun menjadi CEO hingga akhirnya pensiun.

Detik.com pun pernah jatuh pada tahun 2000 hingga 2002. Tapi itu gak membuat seorang Budiono mundur. Dia justru membangun terobosan dan membuat media online-nya makin kuat di masa depan.

3. Kerja keras

Gak ada bisnis sukses yang dibangun tanpa kerja keras. Budiono Darsono pun melakukan hal ini. Saat mengawali bisnis medianya, Budiono dihadapkan sama banyak tantangan. Oleh karena itu dia harus membuat banyak perencanaan.

Sebagai kepala keluarga, Budiono juga berkorban waktu bertemu dengan keluarga. Bisa dibilang dia jarang bisa bercengkrama dengan keluarganya saat Detik.com baru saja didirikan.

4. Kuat mental dan selalu memperbaiki kekurangan

Kalau gak kuat mental, gimana bisa menghadapi komentar-komentar negatif dari masyarakat? Yang ada malah jadi nge-down terus kan.

pelajaran sukses yang bisa kamu dapat
Jangan gampang ngerasa baper dan down ya kalau dikritik, semangat dong! (Pria Kecewa / hipwee)

Tapi di bawah pimpinan Budiono, Detik.com tetap bisa mengatasi segala bentuk tantangan tersebut. Dan bahkan terus memperbarui fitur-fiturnya hingga menjadi media pilihan banyak perusahaan untuk beriklan.

So, sudah makin terinspirasikah kamu setelah mengetahui kisah perjuangan Budiono? Pokoknya selalu ingat empat hal di atas ini ya bila kamu mau sukses dalam karier atau usahamu.

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Inspirasi Muda dan Meraih Puncak Karir Wanita Usia 24 Tahun Sudah Jadi CEO]

[Baca: Kata Siapa Rapper Adalah Teladan Buruk Contoh Pelajaran Keuangan dari Jay Z]

[Baca: Kisah-Kisah Inspiratif yang Membuktikan Kalau Gak Ada Mampu Menghalangi Kamu Melakukan Hal Besar]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com