Liburan Murah Meriah ke Yogyakarta dengan Bujet Rp 800 Ribuan

by akbar 1.090 views0

Liburan Murah Meriah

Jangan biarkan stres yang berkepanjangan membuatmu jadi kurang produktif. Berliburlah sejenak untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran. Kalau otak encer, kerjaan pun pasti makin lancar kan?

Tapi jangan biarkan juga isi dompetmu terkuras karena jor-joran ketika liburan. Ini namanya gak cerdas. Kalau sudah bokek, ujungnya jadi malas mau ngapa-ngapain sampai akhirnya justru gak produktif. Buat apa liburan kalau ujung-ujungnya jadi pusing mikirin duit?

Satu lagi yang sering menghambat pekerja kantoran untuk liburan adalah masalah waktu. Mungkin ada yang enggan atau gak bisa ngambil cuti lama-lama. Alhasil rencana liburan pun seringkali gagal.

Soal bujet dan waktu sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Mau liburan murah dan bisa dilakukan pas weekend? Ke Yogyakarta (Jogja) aja! Dengan bujet Rp 800 ribuan, kamu sudah bisa melepas stres, sekaligus menikmati indahnya kota ini.

Mau tahu gimana caranya? Simak dulu tips berikut ini ya.

1. Naiklah kereta dan pesan tiket jauh-jauh hari

Liburan Murah Meriah
naik pesawat sudah pasti biayanya lebih mahal, naik kereta saja (naik kereta/togar silaban)

Gak perlu kamu habiskan banyak uang untuk beli tiket pesawat. Naik kereta saja, jelas tiketnya lebih murah. Pilih waktu keberangkatan yang bukan hari libur nasional atau hari kejepit, dan pesan tiketnya sejak jauh-jauh hari.

Beli saja tiket secara online agar lebih praktis. Pilih kelas ekonomi dan pilih keberangkatan malam. Kenapa? Supaya kamu bisa manfaatkan waktu perjalanan selama 8 jam di kereta untuk tidur.

Ongkos tiket kereta api kelas ekonomi dari Jakarta ke Jogja harganya sekitar Rp 170.000. Anggap saja, kamu pulang dengan kereta yang sama dan harga tiket yang sama, sehingga ongkos PP adalah 170.000 + 170.000 = Rp 340.000.

Nah untuk tiket pulang, pilih saja keberangkatan untuk Minggu sore, sekitar pukul 15.00 supaya gak terlalu malam sampai ke Jakarta. Ingat lho, besok Senin harus kembali bekerja.

2. Cari penginapan murah secara online

Setelah pesan tiket kereta, saatnya mencari penginapan di Jogja dengan harga yang murah meriah. Cari saja homestay untuk semalam yang harganya maksimal Rp 100.000.

Mau yang harga 75 ribuan? Banyak pastinya, cari saja di Traveloka.com, Booking.com, dan situs-situs booking hotel lainnya. Dengan harga segitu, kamu udah bisa dapat hotel nyaman dengan lokasi di tengah kota lho.

Booking penginapan untuk semalam saja. Karena kalau kamu berangkat Jumat malam dari Jakarta, kamu tiba di Jogja hari Sabtu, pukul 6 pagi. Sayang kan kamarnya gak terpakai kalau sudah booking dari Jumat? Mendingan booking dari Sabtu siang dan check out Minggu siang.

Terus dari jam 6 pagi ke mana dulu dong sampai bisa check-in? Banyak! Kamu bisa sarapan dulu, eksplorasi daerah sekitar hotel, atau kalau mau ke objek wisata dulu juga bisa. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya selama liburan singkat ini!

3. Sewa motor selama di Jogja

Sesampainya di Jogja, gak perlu bingung untuk urusan transportasi. Sewa saja sepeda motor untuk 1 hari selama kamu berada di Jogja. Ongkosnya juga gak mahal, kurang lebih Rp 60.000 sehari untuk motor bebek.

Pastinya ketika menyewa kamu wajib memiliki Sim C ya. Biasanya kamu bakal diminta menjaminkan 3 kartu identitas asli seperti KTP, Sim, NPWP, BPJS atau Paspor.

Di hari Minggu, jangan lupa untuk mengembalikan motornya tepat waktu ke tempat penyewaan.

4. Makan kuliner khas Jogja tapi yang murmer

Untuk urusan perut, jangan khawatir. Jogja terkenal dengan ragam pilihan kulinernya yang murah meriah alias murmer. Maklum, kota ini dijuluki Kota Pelajar. Jadi gak heran kalau harga makanannya ramah di kantong.

Liburan Murah Meriah
Kuliner khas Jogja juga gak mahal-mahal kok (wisata kuliner jogja/Jogja Empat Roda)

Untuk memaksimalkan pengalaman berlibur di Jogja, kamu bisa cicipi makanan khas kota ini. Tapi tetap yang murah-murah aja ya. Kalau makannya di restoran mentereng sih, ya sama aja mahal. Makanya pilih yang tempatnya merakyat dan sederhana, di emperan Malioboro juga cukup.

Kamu bisa coba sate klatak, gudeg, ayam geprek, kopi jos, sampai nasi kucing. Harga sebungkus nasi kucing berkisar antara Rp 3.000-5.000. Walaupun porsinya kecil, setidaknya bisa nambah 2 atau 3 bungkus.

Kamu bisa menyantapnya untuk sarapan dan makan malam. Kalau masih lapar ya jajan lagi saja. Tapi jangan lupa buat anggaran untuk makan selama di Jogja. Bujetin dana Rp 150.000 untuk makan selama 2 hari di sana. Cukup banget kok, asal siap makan seadanya.

5. Sambangi objek wisata murah meriah ini

Nah bicara soal obyek wisata di Jogja, ada banyak tempat di mana kamu gak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmatinya. Berikut ini pilihannya:

1. Taman Wisata Kalibiru

Di daerah Kulon Progo, kamu bisa menyambangi Taman Wisata Kalibiru yang letaknya 10 km dari Wates. Tempat ini merupakan wisata alam, pas banget jika kamu ingin menikmati pemandangan yang asri. Harga tiketnya Rp 5.000 saja.

2. Taman Sari

Ini bukan Taman Sari yang di dekat Mangga Besar ya. Taman Sari yang di Jogja ini adalah istana air yang dulu dijadikan pemandian sultan dan selir-selirnya. Luasnya mencapai 10 hektare, dan cukup sering disambangi wisatawan.

Lokasinya di Jl. Taman, Jogjakarta, dekat alun-alun Kidul. Sangat strategis pastinya. Dan tiket masuknya Rp 3.000 saja.

3. Bukit Bintang

Bukit Bintang Jogja jelas beda sama Bukit Bintang di Malaysia ya. Tapi di Bukit Bintang Jogja, kamu bisa menikmati pemandangan yang cantik dan sebagian orang juga bilang kalau tempat ini romantis.

Kalau mau lebih romantis, kamu bisa mengunjungi tempat yang ada di Gunung Kidul ini pada malam hari. Dinamakan Bukit Bintang karena kamu bisa menyaksikan kelap-kelip lampu warga dari atas bukit. Ke sini pun gak pake modal apa-apa, gratis!

4. Candi Ratu Boko

Sebagian dari kamu mungkin sudah pernah ke Candi Prambanan, Borobudur, atau Mendut ketika ke Jogja. Nah, sekarang coba mampir ke Candi Ratu Boko yang melambangkan keromantisan.

Letaknya gak jauh dari tempat Wisata Tebing Breksi. Tiket masuknya Rp 25.000 untuk dewasa, dan tempat ini mulai beroperasi pukul 08.00 hingga 17.00.

5. Belanja di Malioboro

Liburan Murah Meriah
Jangan ragu untuk nawar di Malioboro (belanja murah/Hipwee)

Sebelum pulang, sisihkan waktu apabila ingin berbelanja sesuatu di Malioboro. Mungkin beli oleh-oleh juga bisa.

Malioboro memang sudah jadi magnet wisata di Jogjakarta. Di sini kamu bisa beli batik dengan harga miring. Jangan sungkan juga untuk menawar bila ingin beli souvenir atau baju.

Namun pastinya, tetapkan pula anggaran untuk berbelanja dan jangan jor-joran. Rp 100.000 pun cukup buat belanja pernak-pernik di sana.

Nah, kalau sudah punya rundown-nya, sekarang coba dihitung ya bujet liburan singkatmu di Yogyakarta jika mengikuti skenario di atas:

Tiket kereta api PP: 340.000

Penginapan:  100.000

Makan:  150.000

Sewa motor:    60.000

Bensin:      50.000

Tiket tempat wisata:       33.000

Belanja: 100.000

Total: Rp 833.000

Gimana guys, setelah dihitung-hitung ternyata bujetnya di bawah sejuta kan? Bahkan bisa lebih murah lagi kalau kamu mau ngirit jajan dan gak belanja. So, gak bingung lagi dong kalau mau liburan ke Jogja dengan murah? Selamat mencoba!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Bujet Pas-Pasan Bukan Berarti Gak Bisa Liburan. Coba 4 Destinasi Ini]

[Baca: Mau Pelesiran Lokal Rasa Internasional? Coba 6 Destinasi Ini]

[Baca: Booking Hotel Online Pasti Murah, Tapi Begini Nih Caranya Biar Lebih Hemat Lagi]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com