Luangkan Weekend Ini untuk Mendidik Anak Soal Kepedulian Sosial Yuk!

by DuitPintar 4.355 views0

mendidik anak kepedulian sosial

Hmm, pasti banyak yang gak tahu kan kalau akhir Juni adalah Hari Keluarga Nasional? Peringatan yang jatuh pada 29 Juni ini memang gak terlalu populer. Ya maklum, soalnya kan gak ada libur pada hari itu hehe.

 

Hari Keluarga Nasional, biasa disebut Harganas, bertujuan untuk meratakan kesejahteraan keluarga Indonesia. Kalau kesejahteraan sudah rata, otomatis bangsa Indonesia bakal menjadi bangsa yang cerdas dan berkualitas.

 

Tapi peringatan saja gak bakal cukup. Iya dong, apa artinya peringatan tanpa aksi nyata?

 

Yang ada impian soal kesejahteraan yang merata cuma bakal jadi angan-angan belaka. Nah, kenapa gak kita mulai sekarang juga dengan mengulurkan tangan kepada mereka yang membutuhkan?

 

Daripada weekend ini cuma belanja, cuci mata atau nganggur di rumah, mendingan datangi saja beberapa yayasan/organisasi yang ada di bawah ini sambil mengulurkan bantuan. Beramal itu gak bakal bikin kita miskin atau kekurangan kok.

 

Selain membantu sesama, kita bisa mendidik anak soal kepedulian sosial. Yuk, kita bahas satu per satu yayasan sosial berikut ini.

 

[Baca: 10 Kegiatan Produktif Saat Weekend Tanpa Bikin Jakarta Macet Lagi]

 

1. Rumah Yatim Indonesia

Yayasan yang berbasis di Tasikmalaya, Jawa Barat ini sudah berjalan sejak 1997. Pada 2008 yayasan ini mendirikan lembaga pendidikan dan pembinaan sebagai pilot project-nya.

 

Fokus yayasan ini adalah memberikan pendidikan dan pembinaan yang layak dan berkualitas kepada para anak yatim piatu. Program yang dicanangkan pun banyak, seperti Food for Yatim, Infaq Pendidikan, Sedekah Sampah, dan sebagainya.

 

Kamu bisa menyumbangkan peralatan pendidikan seperti alat tulis, buku, seragam atau sedekah lainnya. Cek website-nya di www.rumahyatimindonesia.com atau langsung berkunjung ke alamat  Jl. Bandung No. 134-141 Perumnas Kotabaru, Cibeureum – Tasikmalaya

 

2. Yayasan Cinta Anak Bangsa

Yayasan non-profit ini merupakan cabang dari New York. Eits, jangan buru-buru memberikan cap neo-liberal atau antek asing ya!

 

mendidik anak kepedulian sosial

Ingat, ada hak-hak orang yang membutuhkan dalam gaji kita

 

 

Walaupun cuma cabang, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) memiliki visi dan misi yang full mendukung kesejahteraan Indonesia. Didirikan pada 1999, YCAB memiliki tiga program utama yang sangat patut diapresiasi: program gaya hidup sehat, program pendidikan untuk anak usia sekolah yang drop-out, dan program kewirausahaan.

 

Sebelum mulai membantu gak ada salahnya mengunjungi website mereka dulu di www.ycabfoundation.org/ kalau sudah mantap, langsung saja ke kantor mereka di Jl. Surya Mandala I no. 8D Kedoya, Jakarta Barat

 

3. GNOTA

Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) sudah berdiri sejak 1996. Tujuannya adalah memberi kesempatan anak-anak gak mampu untuk mengenyam pendidikan.

 

Selain memberikan donasi, kita juga bisa menjadi orang tua asuh untuk membantu anak-anak mendapat pendidikan dasar 9 tahun. Hingga sekarang, GNOTA sudah mendistribusikan 2,3 juta paket pendidikan kepada anak-anak yang membutuhkan.

 

Kunjungi website http://www.gn-ota.or.id/ atau datangi langsung ke Jl DR. Ide Anak Agung Gde Agung

Lot 8,9 / A9 Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan

 

4. Yayasan Amal Mulia Indonesia

Yayasan ini mungkin tergolong salah satu lembaga sosial tertua di Indonesia. Didirikan pada 1981, visi dan misinya sangat patut diacungi jempol. Organisasi sosial ini murni yang memiliki beberapa program sosial bagi anak-anak yatim piatu dan telantar, anak cacat, dan lanjut usia.

 

Gak cuma mendirikan panti asuhan saja, yayasan ini juga memiliki taman balita, panti jompo dan sekolah bagi anak berkebutuhan khusus. Situs yang bisa dituju http://www.amalmulia.com/ atau kunjungi Yayasan Amal Mulia Indonesia di Jl Masjid Al Mubarok, No. 16 RT 006/010 Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

 

[Baca: 10 Langkah Mendidik Anak Agar Mandiri dan Punya Semangat Usaha]

 

5. Peduli Anak Foundation

Berdiri pada 2005, yayasan ini memang tergolong muda. Namun semangat dan program-program yang dibawanya gak tanggung-tanggung. Pertama didirikan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Peduli Anak Foundation menyediakan beragam fasilitas bagi mereka yang membutuhkan mulai dari kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan keluarga.

 

mendidik anak kepedulian sosial

Jadi relawan kayak gini gak perlu fulltime kok, pas ada waktu senggang juga boleh

 

 

Lewat situs http://www.pedulianak.org/, kamu bisa dengan gampang bersedekah. Mau jadi relawan? Bisa banget, Peduli Anak Foundation terbuka bagi siapapun yang ingin jadi volunteer. Jangan takut, Peduli Anak Foundation sangat transparan dalam menyalurkan bantuan. Ada annual report yang bisa diakses umum.

 

6. Sahabat Anak

Yayasan nirlaba ini didirikan pada 1997 dengan visi dan misi memperjuangkan hak-hak anak yang terpinggirkan. Yayasan ini terdiri dari para relawan yang memang tergerak buat mengadvokasi perlindungan anak. Apa saja programnya? Banyak! Mulai dari bimbingan belajar gratis, beasiswa, sekolah non formal dan sebagainya. Kirim donasimu ke www.sahabatanak.org atau ke alamat Jl. Tambak II RT 06/05 No. 23

Kel. Pegangsaan Jakarta Pusat.

 

7. Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia

Berawal dari keprihatinan atas kehidupan anak-anak dengan penyakit kanker, Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) menyediakan akomodasi, fasilitas pendidikan, serta transportasi bagi anak-anak dengan kanker yang sedang menjalani pengobatan dan perawatan di rumah sakit. YKAKI juga sering berkampanye untuk meningkatkan kesadaran akan kanker bagi masyarakat umum.

 

Fasilitas pendidikan yang disediakan adalah program Sekolahku yang bertujuan untuk memenuhi hak anak atas pendidikan yang layak meskipun dengan kondisi terbatas. Yuk, kunjungi yayasan ini di  Jl. Percetakan Negara IX No. 10A Rawasari, Jakarta Pusat atau ke website mereka di www.ykaki.or.id

 

8. Yayasan Pembinaan Anak Cacat

Yayasan ini didirikan pada 1952 pasca perang kemerdekaan. Tersebar di lebih dari 15 kota di Indonesia, YPAC ini terbuka bagi bantuan apapun. Gak cuma dana tunai, kamu yang tergerak untuk menjadi relawan bakal diterima dengan senang hati di YPAC. Program yang dicanangkan meliputi rehabilitasi dan sekolah khusus. Cek ke situs mereka di www.ypac-nasional.org untuk mengecek lokasi terdekat di kotamu.

 

9. Yayasan Sosial Indonesia Kemanusiaan

YSIK fokus kepada isu kemanusiaan secara umum. Berdiri sejak 1995, yayasan ini juga mengadvokasi hak-hak masyarakat yang terpinggirkan. Gak cuma itu, YSIK juga sering berkampanye untuk kedaulatan pangan. Semua donasi bakal disalurkan kepada mereka yang membutuhkan secara transparan. Kunjungi situs www.indonesiauntukkemanusiaan.org dan Jl. Cikini Raya no.43 Jakarta Pusat

 

mendidik anak kepedulian sosial 4

Lebih baik salurkan bantuanmu ke yayasan sosial karena lebih jelas peruntukannya

 

10. Seribu Manfaat

Gak cuma fokus pada pemberdayaan generasi muda, Yayasan Seribu Manfaat juga peduli terhadap pemberdayaan lansia. Meski baru berusia 6 tahun, Seribu Manfaat fokus kepada pemberdayaan masyarakat, kesehatan, pendidikan dan sosial kemanusiaan. Program yang diadakan pun menarik, seperti donasi kacamata untuk membantu mereka yang membutuhkan, seragam dan alat tulis, dan sebagainya.

 

Yuk tumbuhkan rasa peduli sosial kepada anak dengan mengajak mereka berkegiatan amal. Gak bakalan rugi kok.

 

[Baca: Berbuat Baik Wajib, Tapi Hati-hati Kalau Selalu Dimanfaatkan Teman]

 

 

 

Image credit:

  • http://kejabur.com/wp-content/uploads/2016/03/Donasi.jpg
  • http://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/aksi-sosial-relawan-bsmi-di-perkampungan-walesi-jayawijaya-_140602091415-172.jpg
  • https://rahsiasedekah.files.wordpress.com/2010/09/beggars3.jpg

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com