Lupus Penyakit Apa Sih? Yuk Cari Tahu Gejala dan Biaya Pengobatannya

by Hardian 496 views0

lupus penyakit apa

Selena Gomez kena penyakit lupus dan mesti menjalani transplantasi ginjal. Gak hanya karier, nyawa penyanyi mantan pacar Justin Bieber ini pun terancam oleh penyakit tersebut.

Sebenarnya  lupus penyakit apa sih dan bagaimana bahayanya? Lupus di sini gak ada hubungannya dengan tokoh cerita anak mudah zaman 80-90an itu ya.

Kalau Lupus yang satu itu sih bikin ketawa. Sedangkan lupus yang menghinggapi Selena Gomez ini bisa bikin celaka.

Menurut situs kedokteran Amerika WebMD, lupus adalah penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh keliru mengidentifikasi “unsur jahat” di dalam tubuh. Sistem justru menyerang tubuh sendiri.

Akibatnya, sistem imun tubuh terganggu. Dampak yang paling parah adalah komplikasi yang menyebabkan kematian.

lupus penyakit apa
Akibat lupus, Selena Gomez pernah menunda turnya lho (Selena Gomez/CNN)

Penyebab lupus belum diketahui secara pasti. Tapi kuat diduga kalau faktor genetis, lingkungan, hormon, dan obat yang dikonsumsi menjadi pemicunya.

Bila ada keluarga yang punya riwayat lupus, bisa saja kita terserang juga. Namun dugaan ini memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

[Baca: Belajar dari Kisah Julia Perez, Yuk Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear. Berapa sih Biaya yang Dibutuhkan?]

Gejala Lupus

Ketika lupus menyerang, gejala gak muncul begitu saja. Ada yang prosesnya berlangsung hingga bertahun-tahun sampai gejala lupus kelihatan.

Setidaknya ada dua jenis penyakit lupus yang gejalanya berlainan satu sama lain. Jenis pertama adalah discoid lupus erythematosus (DLE), yang terutama menyerang kulit.

Gejala lupus DLE, antara lain:

– Terdapat ruam merah seperti luka bakar pada kulit
– Rambut sering rontok
– Kebotakan permanen

Jenis lupus yang kedua lebih berbahaya, yakni systemic lupus erythematosus (SLE). Selain kulit, organ dalam diserang oleh lupus SLE.

Gejala lupus SLE, antara lain:

– Cepat capek
– Terdapat ruam kulit seperti bekas terbakar
– Rambut sering rontok dan ada kebotakan permanen

Selena Gomez menderita lupus SLE. Karena itulah ginjalnya gagal berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga memerlukan ginjal baru demi menyelamatkan nyawa.

[Baca: 7 Pengeluaran Besar yang Tak Terduga Saat Kamu Punya Anak]

Cara Pencegahan dan Biayanya

Belum ada hasil riset pasti yang membeberkan cara mencegah lupus. Lupus hanya bisa ditangani begitu ketahuan muncul.

Dulu, begitu orang terkena lupus, dokter pasti langsung angkat tangan. Sebab, belum ada pengetahuan lebih mendalam tentang penyakit ini.

lupus penyakit apa
Sekali lagi, lupus itu penyakit ya bukan yang ini (Lupus/Brilio)

Namun sekarang sudah ada cara perawatan khusus terhadap penderita lupus. Memang, penyakit itu gak bisa sembuh total. Tapi harapan hidup penderita bakal lebih besar bila dirawat dengan benar.

Ada beberapa cara mencegah lupus bertambah parah, di antaranya:

– Mengurangi paparan sinar matahari, misalnya mengenakan baju dan celana panjang serta penutup kepala saat keluar pada siang hari.
– Mengkonsumsi obat pereda nyeri dan penekan sistem kekebalan tubuh
– Mengkonsumsi obat pereda inflamasi

Khusus perawatan dengan obat, memerlukan pengawasan dari dokter. Kita gak bisa merawat sendiri penyakit lupus.

Seperti Selena Gomez, kita pun bisa terkena penyakit berbahaya ini. Sebagai antisipasi, kita bisa memeriksakan diri untuk mengetahui ada-tidaknya lupus di dalam tubuh, meski gak ada gejala yang terlihat.

Pengecekan penyakit lupus mesti dilakukan lewat tes darah di laboratorium. Di antaranya lewat tes ANA profile dan sel LE.

Ongkosnya bervariasi di setiap klinik laboratorium. Tapi yang pasti harus menyiapkan dana Rp 1-2 juta untuk pemeriksaan komplet plus konsultasi dokter.

lupus penyakit apa
Berobat ke dokter sudah pasti ada biayanya (berobat/inhalemd)

Bila sekarang gak merasa memiliki gejala lupus seperti dijelaskan di atas, gak ada salahnya tes jika ada dana. Ongkos ketika telanjur kena lupus bisa lebih mahal lho. Biaya transplantasi ginjal saja bisa sampai Rp 500 juta.

Langkah antisipasi untuk menekan biaya ini adalah ikut asuransi. Sudah banyak perusahaan asuransi yang meng-cover penyakit lupus.

Menjadi peserta BPJS Kesehatan juga wajib. Toh, manfaat asuransi swasta dan BPJS Kesehatan bisa digabungkan.

Bukannya berharap terkena lupus, tapi lebih baik sedia payung sebelum hujan. Apalagi buat kaum Hawa. Menurut penelitian, wanita lebih rentan terkena lupus karena faktor hormon lho.

 

[Baca: Kesehatan itu Investasi. Ini Akibatnya Kalau Ogah Medical Check Up]

 

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com