Makan di Warteg atau Bekal Makanan dari Rumah, Lebih Murah Mana Ya?

by Tifanny 282 views0

Bekal Makanan

Udah capek dengan rutinitas kerjaan di kantor, pasti bikin kita malas buat masak sendiri. Gak salah sih kalau milih beli makan di warteg daripada bawa bekal dari rumah.

Tapi, walau butuh usaha lebih, masak sendiri itu bisa menghemat pengeluaran kamu secara signifikan lho. Selain itu, masak sendiri juga udah pasti lebih higienis dan bisa disesuaikan dengan selera.

Makanya, jangan langsung malas dulu. Kita cuma perlu meluangkan waktu sebentar untuk menyiapkan makanan yang sehat. Gak perlu masak menu yang susah-susah, yang penting bergizi dan murah.

[Baca: Stop Borosin Uang Untuk Jajan Makanan yang Gampang Dimasak Sendiri Ini Deh]

Coba yuk kita bikin simulasi itung-itungan antara masak sendiri di rumah dan jajan di warteg. Siapa tahu kamu jadi mulai rajin masak sendiri buat bekal kalau udah tahu berapa yang bisa dihemat.

Masak sendiri di rumah

bekal makanan
Ya ampun masbro gak usah lebay juga kalee, mau masak apa mau balapan motor hehehe (Memasak Pakai Helm / dagelan)

Ini salah satu contoh menu sederhana buat satu orang dalam satu hari. Menu ini bisa dimakan buat sarapan, makan siang, dan makan malam:

– Beras 1 liter: Rp 7.500 (cukup untuk makan dua hari jika nasi disimpan dalam magic jar)

– Ayam 1 ekor: Rp 38.000 (8 potong)

– Tempe 1 papan kecil: Rp 3.000

– Sayuran untuk cap cai (wortel, kacang kapri, sawi hijau, buncis, kol, daun bawang seledri): Rp 5.000

– Buah pisang ambon 1 sisir: Rp 12.000

Total pengeluaran: Rp 65.500

Jajan di warteg

Makan di warteg emang enak dan bersahabat buat kantong. Selain harganya yang murah, variasi menu juga beragam banget. Berikut ini salah satu contoh menu warteg di Jakarta beserta harganya:

– Ayam goreng 1 potong: Rp 8.000

– Ikan bumbu pedas: Rp 8.000

– Rendang 1 potong: Rp 9.000

– Nasi : Rp 3.000

– Tempe: Rp 1.000

– Perkedel kentang: Rp 2.000

– Sayur tumis: Rp 3.000

– Sayur 1 porsi: Rp 5.000

– Telur dadar: Rp 5.000

– Telur goreng mata sapi: Rp 3.000

– Pisang 1 buah: Rp 2.000

Sekarang coba yuk dihitung deh berapa kira-kira pengeluaran kamu kalau memilih buat jajan.

bekal makanan
Sipa yang gak betah makan di warteg kalau mbak yang melayani kayak gini hehehe (Mbak Warteg / sisidunia)

Menu sarapan

Bubur ayam: Rp 10.000

Menu makan siang

Nasi: Rp 3.000

Ikan bumbu: Rp 8.000

Perkedel kentang: Rp 2.000

Sayur sop 1 porsi: Rp 5.000

Pisang: Rp 2.000

Total: Rp 20.000

Menu makan malam

Nasi: Rp 3.000

Ayam goreng: Rp 8.000

Tempe: Rp 1.000

Sayur tumis: Rp. 3.000

Pisang: Rp 2.000

Total: Rp 16.000

Total pengeluaran buat makan dalam satu hari kalau jajan

Pagi: Rp 10.000

Siang: Rp 20.000

Malam: Rp 16.000

Total: Rp 46.000

[Baca: Ini 5 Alasan Orang Lebih Pilih Delivery Makanan Dibanding Makan Di Tempat]

Estimasi total belanja sehari jika kamu masak sendiri di rumah memang lebih mahal dibandingkan kalau jajan. Tapi tunggu dulu. Dengan pengeluaran Rp 65.500, beberapa bahan makanan yang kamu belanjain tadi, bisa dimakan untuk lebih dari sehari.

Misalnya aja ayam. Dengan uang Rp 38.000, kamu udah dapet ayam delapan potong. Kalau dimasak sedikit-sedikit, dan sisanya disimpan di dalam freezer, ini bisa bertahan sampai satu minggu.

bekal makanan
Ciyeee yang borong pete hehehe (Belanja di Pasar Tradisional / liputan6)

Begitupun pisang satu sisir yang bisa dimakan buat tiga hari kalau disimpan di kulkas. Tempe juga sama. Jadi, kalau mau dirata-rata, belanja bahan masakan seharga Rp 65.500 itu bisa dipakai untuk makan kurang lebih tiga hari lho. Ngirit!

Sesekali jajan di luar ya boleh-boleh aja buat variasi supaya gak jenuh sama masakan rumah. Tapi kalau mau berhemat, sudah tahu jawabannya kan?

[Baca: Lakukan 7 Hal Ini Kalau Gak Mau Keuangan Sekarat Di Akhir Bulan]

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com