Maksud Hati Mau Diet dan Hidup Sehat Loh Kok Malah Lebih Boros

by Tifanny 873 views0

Mau Diet dan Hidup Sehat (1)

“Rara, gak salah nih belanjaan lo?” Egi berkacak pinggang sambil menunjuk semua barang belanjaan Rara di dalam troli. Rara cuma senyam-senyum centil “Gue kan lagi program diet, jadi musti mengonsumsi produk-produk diet dong!”

Benar saja pas bayar semua belanjaan di kasir, Rara sempat kaget dan menelan ludah karena ternyata nominalnya melebihi budget belanja bulanannya.

Mungkin kamu salah satu orang yang gak sadar malah bikin pengeluaran tambah bengkak demi diet. Yaelah, gak usah segitunya deh. Iya kalau hasilnya maksimal dan badan jadi lebih sehat melangsing, kalau gak?

Iya sih langsing, dompet kamu tapinya, badan mah malah melebar, ooppss!

Sebelum sok mau diet dan hidup sehat, berikut 5 hal terlarang yang bisa sukses melangsingkan…dompet kamu dan bukannya badan.

Mau Diet dan Hidup Sehat 1

1. Membership Gym

Salah satu cara punya badan lebih sehat adalah dengan olah tubuh. Banyak pilihan sih sebenarnya, tapi gaya hidup orang-orang perkotaan tuh afdolnya ke pusat kebugaran atau bahasa gaulnya nge-gym.

Demi melangsing sok heboh ikutan jadi member gym, gak mikir panjang atau mempertimbangkan biaya membershipnya. Gak disesuaikan dengan kondisi keuangan yang penting gym yang dipilih bergengsi.

Yang jadi fokus utamanya bukan manfaat yang diperoleh, tapi lifestyle aja mbaksis. Biar kalau ditanya bisa pamer gitu.  Padahal kebutuhan setiap bulan masih banyak, ditambah dengan biaya membership di pusat kebugaran. Gaya nomor satu, hasil mah belakangan. Capcay deh!

2. Kelewat Konsumtif  

Latah dan terlalu percaya bahwa semua asupan itu harus benar-benar dijaga. Eh ujung-ujungnya malah jadi kelewat konsumtif. Sampai-sampai nambah pengeluaran setiap bulan dua kali lipat lebih banyak dari biasanya karena membeli produk makanan diet (rendah lemak).

Tahu sendiri kan kalau produk-produk kayak gitu harganya lebih tinggi dari produk makanan biasa. Contoh saja roti tawar biasa dibandingkan roti tawar yang bahannya terbuat dari gandum pasti lebih murah.

Demi tujuan melangsing tadi gak pikir panjang soal budget bulanan yang bengkak. Yang ada di benak cuma gimana tetap bisa menikmati makanan kapanpun tanpa takut gemuk. Solusi yang dipilih adalah dengan mengkonsumsi produk-produk diet yang harganya fantastis. Ini mah urusannya bukan badan kamu yang kurus, melainkan dompet mbaksis.

Mau Diet dan Hidup Sehat 2
Banyakin makan buah demi pencernaan juga termasuk diet kok. (diet/ncfitclub)

3. Gak Punya Prinsip

Saking kepengin langsing malah bingung dan kayak lebai malang. Teman A ngajak ikut yoga hayuk, ikut aerobik hayuk juga, beli produk yang ada bisnisnya juga dijabanin. Intinya tuh ikut-ikutan saja tapi gak paham benar apa manfaatnya.

Yang lebih terutama lagi soal budgetnya. Hal-hal kayak gitu kan gak gratis dan nominalnya lumayan tinggi. Tapi, ya bagaikan kerbau yang dicucuk hidungnya, dijabanin aja deh tuh semua. Padahal belum tentu juga cocok dengan kondisi tuubuh dan kondisi keuangan.

4. Pemahaman yang Salah

Merasa bahwa kalau diet itu benar-benar harus menjaga setiap asupan yang masuk. Berasa artis atau model gitu kali ya, padahal mah cuma karyawan biasa. Please deh. Gak lebay gitu juga dong sis.

Gak ngumpulin informasi yang tepat dan akurat tentang nilai gizi dan takaran. Intinya mengharuskan diri makan yang serba eksklusif karena diet. Lagi jaga makanan jadi alibi buat selalu makan di resto atau cafe yang ada menu sehatnya.

Ingat, harga makanan rendah lemak yang dimasak dengan bahan-bahan dan cara khusus pasti mahal. Apalagi kalau yang emang khusus sediain makanan dengan bahan-bahan organik dari pertanian sendiri. Aduh, situ Putri dari kerajaan mana sih?

5. Kelewat Optimis

Berasa optimis dengan progres diet udah beli ina itu, baju dan celana yang ukurannya lebih kecil dengan anggapan sebentar lagi juga muat. Padahal yang sering kejadian sih bajunya gak kepake dalam jangka waktu yang cukup lama.

Cuma menjadi penghuni di sudut lemari ditemani sarang laba-laba. Padahal uang yang dikeluarkan udah banyak banget. Belum lagi kalau belanja baju dan celananya pakai kartu kredit yang pada akhirnya numpuk tagihan alias utang. Badan langsing kagak, utang malah bejibun.

Tolong deh jangan demi punya ukuran tubuh yang ideal lalu jadi gak bisa berpikir dengan jernih. Ada banyak cara yang lebih ramah di kantong kok kalau emang mau diet. Gak harus serba lebay apalagi boros dong.

Mau Diet dan Hidup Sehat 3

Olahraga bisa dengan jogging keliling taman dekat rumah atau berenang. Pastinya bakal lebih ramah di kantong dan ada manfaat sehatnya. Trus kalau emang mau jaga makanan kan cukup dengan belanja sayur dan buah segar di pasar tradisional. Kualitasnya sama kok, harga juga pasti lebih cucok sis.

Yang namanya perempuan emang suka rempong ya soal penampilan fisik. Sah-sah saja kok kalau merasa harus lebih langsing atau diet. Tapi ingat, jangan konyol sampai membahayakan kesehatan tubuh dan keuangan pribadi dong.

Emang mau gara-gara diet ketat jadi jatuh sakit masuk rumah sakit? Rugi di badan dan pastinya rugi di rekening deh tuh.
Yang terkait artikel ini:

Kamu Harus Tahu 5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Disiapkan

Nyari Ide Olahraga Tanpa ke Gym, Gratis dan Gak Perlu Keluar Duit, Contek Ini!

Manfaat Cek Kesehatan Jantung: Jangan Salah Pilih Asuransi yang Pas

Tags:

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com