Masih Susah Nabung? Coba 5 Cara Jitu Menabung Ini Dulu Deh

by Tifanny 2.902 views0

cara jitu menabung

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com.

Menabung, kebiasaan baik yang sedari kecil ditanamkan dan diajarkan oleh orangtua kita nampaknya gak semudah itu. Masih banyak saja tuh orang-orang yang sudah bekerja tapi tabungannya nihil alias kosong melompong.

Gaji pas-pasan biasanya jadi kambing hitam sulit menabung. Emang sih, kadang ada benarnya mengingat besaran gaji menentukan berapa duit untuk porsi tabungan. Tapi argumen ini lemah mengingat berapa pun besar gaji tapi gagal mengaturnya bakal menguap begitu saja.

Tapi, konsisten menabung memang bukan perkara mudah bagi yang bergaji pas-pasan. Semisal, dengan gaji Rp 2 juta. Di zaman yang serba mahal ini, nyatanya sulit mengalokasikan sebagian gaji untuk ditabung. Kalau pun bisa, pastinya menuntut pengorbanan.

[Baca: 5  Cara Ini Bisa Diterapkan Buat Kamu yang Bergaji Rp 2 Juta Agar bisa Menabung]

Jangan khawatir, pengorbanan kamu bakal sepadan kok dengan hasilnya. Ingat bunyi pepatah, bersakit-sakit dahulu dan bersenang-senang kemudian. Relevan dengan pengorbanan menabung saat ini tapi hasilnya bisa dinikmati di kemudian hari.

Agar pengorbanan itu gak terasa terlalu berat, ada baiknya gunakan jurus kreatif. Mau tahu apa saja 5 cara jitu menabung? Simak ini dulu deh.

1. Uang receh

Uang receh baru berasa nilainya ketika disatukan dalam jumlah besar. Banyak contoh kekuatan uang receh yang selama ini diremehkan orang. Ada loh orang yang bisa membeli motor juga mobil hanya bermodalkan uang receh. Itu fakta!

cara jitu menabung
Biar kecil cabe rawit nih, lama-lama juga bisa jadi bukit!

Jadi ketika ada uang receh, lebih baik disimpan di suatu wadah. Nilainya mungkin kecil saat ini, tapi ketika sudah terkumpul setinggi bukit, baru terasa kekuatannya.

2. Sisihkan uang per hari

Buatlah kebiasaan baru yang baik dengan menyisihkan sebagian uang dengan nominal tertentu setiap hari. Gak usah besar-besar kok nominalnya. Mau cuma nabung setara harga sebiji kerupuk alias Rp 2000 gak masalah. Ketika kebiasaan itu dilakukan, dalam sebulan sudah dapat Rp 60 ribu. Setahun? Gak terasa sudah terkumpul Rp 720 ribu.

3. Menabung Emas

Kadang punya duit bikin orang tergoda membelanjakannya. Nah, jurusnya pakai cara lain dengan menabung emas. Sekarang ini menabung emas gak perlu modal besar. Silakan datang ke Pegadaian atau bank yang punya produk tabungan emas.

Cukup buka rekening dan selanjutnya setor uang secara rutin. Lebih asyik lagi kalau pakai target. Katakanlah menargetkan punya tabungan 50 gram emas selama setahun.

[Baca: Menabung Bisa Pakai Emas Mulai dari 5000 Perak Yuk Cari Tahu Apa Itu Tabungan Emas]

4. Tabungan Rencana

Masih susah mengikhlaskan uang untuk ditabung? Di sini mesti pakai unsur paksaan. Caranya dengan membuka tabungan rencana. Tabungan ini akan ‘memaksa’ nasabahnya menabung dalam nominal tertentu setiap bulan.

Benefit yang paling terasa adalah praktis karena langsung autodebet dari rekening. Jangka waktunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, bisa setahun, lima tahun, sampai 10 tahun. Kemudian bunganya lebih besar dan biasanya dilengkapi dengan asuransi kesehatan.

cara jitu menabung
Paksa diri sendiri biar punya tabungan, minta tolong mbak cantik ya!

5. Arisan

Gak perlu antipati sama yang namanya arisan. Arisan bisa jadi ajang kumpul-kumpul yang menyehatkan keuangan. Lantaran judulnya sosialisasi, jadi gak berasa saat mengeluarkan uang.

Tentukan iuran per bulannya, misalkan Rp 200 ribu. Kalau peserta arisan ada 10 orang, dana yang terkumpul sebulan sudah Rp 2 juta tuh.

[Baca: 10 Cara Menabung Harian Rp 50 – 100 Ribu per Hari]

Selain jurus jitu menabung di atas, komitmen sebenarnya yang memegang peranan penting dalam urusan menabung. Kemudian gak ada salahnya menambahkan khayalan kelak mau diapakan tabungan itu.

Mau buat beli mobil, traveling, atau apa saja, suka-suka kamu. Jadi berapapun gaji yang didapat sekarang, sisihkan sekian deh untuk tabungan. Selamat menabung ya!

 

 

 

Image Credit:

  • https://cdns.klimg.com/newshub.id/news/2016/05/10/59438/5-cara-cerdas-manfaatkan-uang-receh-agar-makin-kaya-160510e.jpg
  • http://cdn-2.tstatic.net/bangka/foto/bank/images/bank-muamalat-layani-nasabah_20160121_204822.jpg

 

 

 

Image Credit:

 

Tags: ,

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com