Mau Investasi Emas Makin Gampang Nih, Tabungan Emas Mulai dari Rp 5 Ribu Saja Loh!

by DuitPintar 6.600 views0

Mau-Investasi-Emas-Makin-Gampang-Nih-Tabungan-Emas-Mulai-dari-Rp-5-Ribu-Saja-Loh

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com

 

Gak bisa disangkal lagi kalau emas masih menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Memiliki emas sebagai investasi kini bukan lagi mimpi bagi masyarakat menengah ke bawah.

Mungkin banyak yang belum tahu kalau tabungan gak selalu harus uang, tapi emas juga bisa loh. Tabungan emas di sini maksudnya adalah, kita menabung sejumlah uang untuk membeli emas ke pihak Pegadaian.

Walau kini makin mudah berinvestasi emas dengan kredit, namun gak demikian bagi masyarakat menengah ke bawah. Itulah kenapa Pegadaian mencoba mewujudkan keinginan nasabah kelas menengah ke bawah yang ingin berinvestasi melalui produk ini.

[Baca: Mana yang Lebih Tepat Buat Kamu Beli Kredit Emas atau Tabungan Emas]

 

Syarat Memiliki Tabungan Emas Pegadaian

Mau investasi emas sebagai investasi kini bukan lagi mimpi bagi masyarakat menengah ke bawah. Dana yang disetorkan ke Pegadaian untuk produk ini dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial setiap orang.

Emas akan menjadi kuasa Pegadaian dan belum berhak dibawa pulang hingga mencapai minimal 5 gram. Nah, sebelum mengajukan tabungan emas ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

1. Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun

2. Melengkapi formulir pengajuan

3. Menyiapkan fotokopi KTP

 

mau investasi emas
Nabung emas dong, jangan nabung recehan terus hehehe

Keuntungan Tabungan Emas Pegadaian

Setelah tahu syaratnya, lalu apa sih keuntungan dari tabungan emas ini?

 

1.Gak perlu dana besar

Produk ini gak butuh dana besar, dengan kemampuan finansial yang pas-pasan pun kamu bisa mulai berinvestasi emas.

 

2. Faktor keamanan terjamin

Setuju dong kalau emas lebih aman disimpan di Pegadaian dibanding disimpan di bawah bantal ya. Dalam hal ini, pihak pembiayaan yaitu Pegadaian yang akan menjaga keamanan emas yang sedang kamu tabung.

 

3. Berguna sebagai jaminan

Selain punya fungsi investasi, emas yang kamu tabung juga dapat berguna sebagai jaminan ke pihak Pegadaian. Namun ingat, ada jangka waktu tertentu yang disyaratkan sebelum emas dapat dijaminkan ya.

 

4. Sertifikasi dari PT Antam dan Pegadaian

Pastikan kamu hanya memilih emas yang dilengkapi sertifikat PT Aneka Tambang (Antam) atau Pegadaian. Kedua lembaga pembiayaan ini adalah yang resmi dari pemerintah. Gak mau jadi buntung atau rugi karena emas yang kualitasnya gak jelas kan?

 

mau investasi emas
Cek ya, emas asli ada sertifikatnya, inga-inga, ting!

[Baca: Masih Ngiler Sama Investasi Emas Batangan Pikirin Lagi Soal Pajak Penjualan Emas Batangan]

 

Cara Kerja Tabungan Emas Pegadaian

Lalu gimana dong kalau kita pengin memiliki tabungan emas ini? Biar gak bingung, begini nih cara kerja Tabungan Emas Pegadaian yang cukup mudah:

 

1. Buka rekening

Pastinya kamu harus buka rekening di Pegadaian dulu pastinya. Jangan khawatir, biaya yang dikenakan hanya administrasi Rp 30 ribu dan biaya titip emas Rp 30 ribu per tahun.

 

2. Setoran Minimal

Pegadaian hanya mewajibkan setoran minimal setara dengan harga 0.01 gram emas sesuai kurs jual emas harian Pegadaian. Kamu bisa cek perubahan kurs ini lewat situs Pegadaian.

Semisal, pada 7 Januari 2016 kurs jual emas 0.01 gram adalah Rp 5.060. Nah, itu artinya kita bisa mulai menabung hanya dengan Rp 5.060 (sesuai kurs harian).

 

3. Jangka Waktu Tabungan

Kamu bisa mengatur dan menentukan sendiri kapan kamu ingin melakukan rutinitas setor tabungan. Apakah itu setiap hari atau per minggu dan bulanan gak jadi masalah kok!

 

4. Bisa dijual/dijaminkan

Tabungan emas layaknya tabungan konvensional juga bisa diambil. Tapi, sesuai peraturan Pegadaain, kamu harus menunggu saat nominal saldo setara dengan 1 gram emas. Jika memang terpaksa, saldo tabungan emas dapat dijual kembali ke Pegadaian.

 

mau investasi emas
Enak kan, adem dan dilayani sama mbak-mbak yang ramah dan murah senyum

Lalu gimana kalau setelah dijual kembali ternyata ingin melanjutkan kembali tabungan emasnya? Cukup sediakan saja dana sebesar dana yang waktu itu kamu terima beserta bunga ke Pegadaian.

 

5. Fisik emas bisa dicetak

Emas yang disediakan oleh Pegadaian mulai dari 5, 10, 25, 50 dan 100 gram. Pegadaian juga akan mengenakan biaya cetak emas jika kamu ingin mencetak emas.

[Baca: Menabung Bisa Pakai Emas Mulai dari 5000 Perak Yuk Cari Tahu Apa Itu Tabungan Emas]

 

Investasi emas memang menggiurkan dan menyilaukan. Tapi jangan lupa bahwa ini adalah investasi jangka panjang yang membutuhkan kesabaran.

Tabungan emas Pegadaian ini cocok loh buat kamu yang pengin berinvestasi tapi punya budget yang pas-pasan. Selamat menabung emas!

 

 

Image Credit:

  • http://i0.wp.com/www.natanieldp.com/wp-content/uploads/2015/08/AnKInazEPbkDIR6t25V51GwbaRYkOGAdDdXwZwIWb2zW.jpg
  • http://im2.olx.biz.id/images_olxid/151405230_1_644x461_emas-batangan-sertifikat-antam-5gram-24-karat-9999-bogor-kota.jpg
  • http://photo.kontan.co.id/photo/2015/08/19/303726674p.jpg

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com