Mau Jadi Pengusaha Sukses? Belajar Saja dari Bos Zara Amancio Ortega

by akbar 942 views0

jadi pengusaha sukses

Ketika berbicara soal pengusaha sukses, pasti bakal muncul nama-nama seperti Bill Gates, Warren Buffet, dan Jeff Bezos di benakmu. Tapi masih ada satu orang lagi lho selain mereka bertiga yang bisa kamu jadikan teladan sukses. Dia adalah bos Inditex (Zara), Amancio Ortega.

Pada 2017, pria berusia 81 tahun ini punya kekayaan sebesar US$ 80 miliar atau setara Rp 106 triliun! Kekayaannya gak jauh berbeda dengan Bill Gates yang duduk di peringkat pertama sebagai orang terkaya di dunia.

Gak cuma Zara, brand fashion tenar lain, kayak Pull and Bear, Bershka, Massimo Dutti, dan Stradivarius ternyata juga masih berada di bawah naungan Inditex lho. Jadi wajar aja kalau bosnya masuk dalam daftar orang terkaya dunia, kan?

Meski sekarang kelihatannya sukses banget, pria berkebangsaan Spanyol ini ternyata punya masa lalu yang kurang beruntung. Dia bukanlah keturunan orang kaya raya pada saat itu. Tapi berkat kerja kerasnya, dia bisa jadi bos besar yang juga merupakan orang terkaya di Eropa.

Hidup miskin saat kecil

Ortega lahir pada 1936, tepatnya saat Spanyol masih dalam periode perang saudara. Ayahnya adalah seorang buruh yang saat itu ditugaskan membangun rel kereta di La Coruna.

jadi pengusaha sukses
Meski gak lahir sebagai anak orang kaya, dia bisa jadi kaya di masa depan (Amancio Ortega/Standunited)

Secara status ekonomi, Ortega hidup di bawah garis kemiskinan. Di usia 13 tahun, dia pun meninggalkan sekolah dan memulai mencari nafkah sendiri.

Pada 1975, dia dan mantan istrinya Rosalia Mera mendirikan Zara. Pada awalnya, Zara hanya menjual pakaian dalam dan baju mandi. Namun pada 1999, bisnis itu berkembang menjadi jaringan ritel sekaligus raksasa bisnis. Buktinya, sekarang Zara punya lebih dari 7.000 toko di lebih dari 100 negara.

Kisah Ortega membuktikan bahwa jadi pengusaha sukses bukanlah sesuatu yang mustahil. Siapapun bisa, asal ada kemauan dan kerja keras. Kamu pun bisa belajar dari Ortega agar sukses di masa depan. Berikut adalah lima rahasia sukses ala Amancio Ortega yang bisa kamu terapkan dalam berbisnis:

1. Serba cepat

Strategi utama yang diterapkan Ortega adalah memperbarui barang-barang di outlet selama dua pekan sekali. Pokoknya, kecepatan adalah segalanya untuk urusan bisnis.

Kecepatan juga jadi ciri khas yang membedakan Inditex dengan kompetitornya. Dalam wawancaranya dengan Business Insider, Ortega mengatakan bahwa kompetitornya butuh waktu berbulan-bulan untuk memproduksi dress kekinian dan memampangnya di outlet. Sedangkan Zara hanya butuh beberapa pekan saja.

2. Fokuslah pada apa yang diinginkan pelanggan

Sebelum memproduksi model pakaian terbaru, Ortega melakukan riset seputar pakaian apa yang diinginkan dan selalu dibicarakan oleh masyarakat. Dia melakukannya dengan memperhatikan kicauan blogger dan masyarakat seputar fashion.

jadi pengusaha sukses
Ketika kamu tahu apa selera pelangganmu, maka kamu sudah tahu apa yang harus kamu ciptakan (koleksi Zara/M2 Woman)

Dalam laporan keuangan Inditex pada 2009, Ortega menyebutkan bahwa pelangganlah yang nantinya menentukan model bisnis yang dijalani. Oleh karena itu, mereka harus dijadikan perhatian utama kita sebagai pebisnis.

3. Produksi lokal

Cina memang sering dijadikan vendor produksi produk fashion karena upah buruh yang murah. Tapi hal ini gak dilakukan oleh Ortega.

Proses penjahitan produk-produknya melibatkan para penjahit lokal di Spanyol. Dengan begitu, Ortega menciptakan proses supply chain (produksi dan distribusi) produk dengan lebih singkat, dan Inditex pun bisa berkonsentrasi untuk menciptakan pakaian-pakaian tren terbaru dengan cepat.

4. Jangan mudah lelah ketika bekerja

Meski usianya sudah gak lagi muda, Ortega gak pernah malas untuk ke kantor dan mendengar input dari karyawannya. Salah seorang desainernya mengatakan Ortega senang bekerja di sekitar karyawannya.

Sebagai miliarder, dia juga gak pernah lupa daratan. Dia tetap tampil sebagai orang yang rendah hati.

5. Berkembang atau mati

Inti dari kalimat ini adalah mengembangkan diri atau inovasi merupakan harga mati. Ortega sendiri pernah menegaskan bahwa kepuasan adalah hal yang paling wajib dihindari.

jadi pengusaha sukses
Berkembang atau mati? Itu kata Ortega (Amancio Ortega/Zimbio)

Berkembang dari sisi karier atau menciptakan inovasi baru di bisnismu adalah sebuah keharusan. Karena tanpa hal tersebut, kamu gak akan bisa beradaptasi sama perkembangan zaman.

Nah, kamu pun bisa belajar bisnis dari Ortega dengan menerapkan nilai-nilai di atas. Semua orang itu bisa sukses lho, tinggal niatnya aja. Jadi jangan patah semangat dan terus berjuang buat apa yang jadi passion-mu.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Belajar dari 5 Orang Ini Yuk, Mereka Malah Sukses Setelah Ditolak]

[Baca: Jangan Mimpi Bisa Sukses Kalau Masih Sering Mengucapkan 6 Kalimat Ini!]

[Baca: Kata Siapa Rapper adalah Teladan yang Buruk? Coba LIhat Dulu Nih Pelajaran Keuangan yang Bisa Dicontoh dari Jay Z]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com