Mau Liburan Unik dan Murah? Yuk ke Pulau Satonda yang Ada di Film “Jailangkung” !

by akbar 533 views0

Liburan Unik dan Murah

Sudah nonton film “Jailangkung” yang rilis Juni 2017? Kalau sudah nonton pasti tahu dong pulau yang diceritakan gak berpenghuni dan ada rumah terbengkalai di dalamnya?

Meski dikisahkan sebagai pulau misterius yang kental dengan unsur horor, pulau dalam film tersebut sebenarnya adalah pulau yang sangat indah lho. Cocok deh dimasukkan ke dalam daftar tempat yang patut kamu kunjungi.

Pulau ini bernama Pulau Satonda, dan merupakan gugusan dari Kepulauan Nusa Tenggara Barat. Pulau Satonda terbentuk lewat letusan gunung berapi di dasar laut jutaan tahun yang lalu.

liburan unik dan murah
Tuh, bener kan. Indah banget pulaunya (Pulau Satonda/Indonesia Flight)

Menurut legenda, konon pulau ini jadi tempat pengasingan Puteri Dae Minga. Dae Minga adalah puteri kerajaan yang sangat cantik dari Kerajaan Sanggar. Karena banyaknya raja yang berlomba-lomba mempersunting Dae Minga, peperangan pun bermunculan.

Keluarga kerajaan akhirnya sepakat mengasingkan Puteri Dae Minga ke Pulau Satonda. Warga pun dilarang tinggal di pulau tersebut. Dan Dae Minga dikabarkan meninggal di pulau ini.

Nah, makin penasaran kan sama apa yang ada di Pulau Satonda. Kira-kira apa sih yang bisa kamu lihat dan lakukan di sana? Ayo simak ulasannya.

1. Danau air asin

Danau di pulau tersebut bukan berisikan air tawar, melainkan air asin yang kadar keasinannya dua kali lebih besar ketimbang air laut. Jadi, tanpa berenang pun kamu bisa mengapung di danau tersebut. Airnya juga hangat lho, temperaturnya di atas 30 derajat Celcius.

Yang cukup mengherankan, danau tersebut terkepung oleh pulau yang sama sekali gak terhubung dengan lautan. Jarak danau ke lautan juga mencapai 3 km.

liburan unik dan murah
Walau gak terhubung sama laut, Danau Satonda itu airnya asin lho (Danau Satonda/Whatever Backpacker)

Konon kabarnya, danau tersebut merupakan bekas kawah gunung api zaman purbakala. Namun karena fenomena alam seperti tsunami dan letusan gunung, Danau Satonda berubah jadi danau air asin.

Yang jelas, segala biota yang ditemukan di dalam Danau Satonda mirip sekali dengan lautan zaman purba karena banyak material strimalit. Material tersebut hanya ada sekitar 3,4 miliar tahun yang lalu dan hampir gak bisa ditemukan di masa kini.

2. Pohon Kalibuda (Harapan)

Namanya cukup unik dan bentuknya juga kelihatan unik karena banyak batu yang digantungkan di pohon ini. Nah mungkin pohon inilah yang bisa dikatakan sebagai satu-satunya unsur mistis di Pulau Satonda.

liburan unik dan murah
Buat yang jomblo, boleh minta jodo di sini lah (Pohon Kalibuda/Traveling Yuk)

Wisatawan kerap mengunjungi pohon bebatuan itu dan berdoa, karena menurut kepercayaan masyarakat setempat, doa di tempat ini pasti dikabulkan.

Makanya gak heran kalau kamu menemukan benda-benda asing yang digantung di pohon itu. Mungkin mereka mau kasih sesajen.

3. Kekayaan alam yang luar biasa indah

Karang Labophyton sp, Nepthea sp, hingga Lemnia sp, dan hewan laut seperti penyu dan ikan hias lainnya bisa kamu lihat saat bermain snorkeling di sini. Karena keindahan alam itulah, Pulau Satonda ditetapkan sebagai sebagai Taman Wisata Alam Laut (TWAL) oleh Kementerian Perhutanan dan Perkebunan pada 1999 silam.

Belum lagi pantai berpasir putihnya sangat luas, mencapai 2.600 hektare. Hutan lebat pun menambah keindahan pemandangan di pulau ini. Dan gak usah bingung kalau mau nongkrong, di sana sudah ada kafe atau restoran kecil kok.

Gimana caranya ke Pulau Satonda?

Mau jalan-jalan ke Pulau Satonda? Gampang kok, buat yang naik pesawat dari Jakarta, turunnya di Bandara Internasional Lombok. Tiket pulang perginya kurang lebih Rp 1,2 juta. Kalau pesannya jauh-jauh hari atau ketika ada promo, mungkin kamu bisa dapat lebih murah.

Jangan lupa, kalau mau pesan tiket pesawat pesannya lewat Traveloka saja. Ada diskon sampai Rp 200 ribu lho kalau pakai kartu kredit. Tapi berlaku untuk periode booking setiap tanggal 25 ya.  

Setelah itu, kamu perlu menempuh perjalanan darat ke arah laut dan menyeberangi selat antara Pulau Lombok dan Sumbawa menuju Kabupaten Dompu. Setelah dari Dompu, kamu baru bisa menuju Pulau Satonda. Perjalanannya kurang lebih lima jam.

Alternatif lain adalah melalui Sumbawa Besar menuju Desa Nagamiro. Setelah di Nagamiro, kamu akan melanjutkan perjalanan ke Satonda kurang lebih satu jam menggunakan perahu. Tarif angkutan perahunya beragam, kurang lebih Rp 35 ribuan.

Atau kalau mau lebih praktis lagi ya beli paket wisata Pulau Moyo, Kenawa, dan Satonda. Tapi bujetnya pasti lebih mahal.

So, tertarik gak merencanakan liburan bareng teman ke Pulau “Jailangkung” ini? Tenang aja, pulaunya gak horor kok kayak di film. Kamu malah bisa dapat pengalaman seru di sini. Yuk berangkat!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: 7 Tips Buat yang Mau Liburan Hemat tapi Tetap Berkesan]

[Baca: Liburan Murah Meriah ke Yogyakarta dengan Bujet Rp 800 Ribuan]

[Baca: 5 Siasat Jitu Liburan Dadakan dengan Budget Minim]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com