Mau Renovasi Rumah dengan Dana Rp 20 Juta, Bisa Ngapain Aja Ya?

by Hardian 1.183 views0

mau renovasi rumah

Ketika rumah sudah rusak di sana-sini, sebaiknya lekas direnovasi. Jangan tunggu sampai eternit jatuh menimpa dahi.

Memang, kadang keinginan untuk renovasi rumah gak selaras dengan isi dompet. Maunya ganti genteng dan cat ulang tembok, eh, pengeluaran sudah tersedot untuk macam-macam hal.

Untungnya sekarang sudah banyak fasilitas pinjaman dengan bunga miring. Gak perlu banyak-banyak. Renovasi rumah dengan dana Rp 20 juta pun bisa jalan kok.

Bahkan gak cuma renovasi lho. Mau mempercantik rumah biar nilai jualnya lebih tinggi pun bisa dengan duit Rp 20 juta.

[Baca: 4 Renovasi yang Gak Berpengaruh Banget Dalam Meningkatkan Harga Rumah]

Berikut ini 2 ide renovasi rumah dengan dana Rp 20 juta:

1. Percantik dapur

mau renovasi rumah
Dapur sederhana dengan pencahayaan yang bagus pasti bikin dapur tambah cantik (Dapur Cantik / merepaaste)

Dapur bisa dibikin tambah cantik dengan suntikan Rp 20 juta saja. Caranya:

– Ganti cat

Kadang mengganti cat sudah cukup untuk menyegarkan mata yang memandang dapur. Terlebih jika sudah bertahun-tahun gak diganti, sampai banyak noda di sana-sini.

Harga cat kualitas premium ukuran 5 kilogram rata-rata Rp 100 ribu. Tinggal dicocokkan saja dengan ukuran dapur kira-kira butuh berapa kilo.

– Ganti perlengkapan

Utamakan perkakas yang besar dan sudah ketinggalan zaman. Misalnya kulkas satu pintu diganti dengan dua pintu. Atau yang sudah dua pintu ganti jadi tiga pintu.

Harga kulkas keluaran terbaru yang sudah tiga pintu paling Rp 10 jutaan. Mungkin bisa ditambah dengan microwave dan kompor. Kalau semacam wajan dan panci sih cukup dibersihkan agar kinclong lagi.

– Ganti pencahayaan

Jika sebelumnya pakai lampu LED biasa yang nancep di atas, atau malah bohlam, bisa diubah jadi lampu yang lebih modern. Misalnya lampu tanam pada kabinet atau eternit.

Harga lampu dan ongkos pemasangan gak sampai Rp 200 ribu, tergantung jumlah lampu dan tingkat kesulitan. Pencahayaan yang baik bisa menimbulkan kesan mewah, terutama pada dapur yang kecil.

[Baca: 7 Sumber Dana Renovasi Rumah buat yang Ga Punya Tunai Keras]

2. Bikin kolam renang mini

mau renovasi rumah
Asyik nih kalau punya kolam renang, bisa renang sampai puas (Kolam Renang Mini / desaindenahrumah)

Gak perlu berenang ke kolam renang umum sekarang. Kalau ada tanah nganggur, bisa disulap jadi kolam renang mini dengan bujet gak sampai Rp 20 juta.

Komponen yang dibutuhkan antara lain:

– Keramik kolam dan konstruksi: ongkos komponen ini yang paling mahal. Konstruksi harus dipastikan kokoh biar gak malah nombok renovasi ketika kolam rusak. Jasa konstruksi dan keramik dipatok Rp 10 juta, tergantung seberapa luas lahan.

– Peralatan sirkulasi air kolam: perlengkapan ini penting untuk menjaga air tetap bersih. Harganya Rp 1 juta, termasuk wadah.

– Peralatan penyedot air: untuk menguras, dibutuhkan penyedot. Harga rata-rata Rp 1 juta.

– Kaporit: zat kimia ini diperlukan untuk membasmi lumut pada dinding dan lantai kolam. Harganya gak sampai Rp 50 ribu di toko kimia.

– Air: untuk mengisi air pada kolam, bisa pakai jasa suplier air yang memang melayani pengisian kolam. Untuk volume 8 meter kubik, bisa pakai tangki ukuran sedang dengan jasa Rp 1 juta.

Dana KTA

Selain dua ide di atas, mungkin ada ide renovasi lain yang ada di pikiran masing-masing. Atau masih belum ada ide, bisa sewa jasa arsitek untuk menyumbangkan ide sekalian merumuskan apa-apa yang diperlukan, termasuk bujet.

Yang pasti, batasi dana renovasi hanya Rp 20 juta saja. Kecuali memang ada dana tambahan atau meminjam lebih dari angka itu.

Toh, pinjam dana ke bank sekarang lebih simpel dan jelas. Gak perlu pakai jaminan alias agunan lagi.

Dana Bantuan Sahabat yang merupakan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) dari Bank DBS, misalnya, bisa pinjam sampai maksimal Rp 200 juta tanpa agunan. Adapun periode cicilan bisa milih, 12, 24, atau 36 bulan.

Untuk ynag berdomisili di Jabodetabek, bunga yang ditetapkan bervariasi, yakni:

1,49% untuk pinjaman Rp 5 juta –  Rp 49 juta

1,19% untuk Rp 50 juta –  Rp 124 juta

0,95% untuk Rp 125 juta – Rp 200 juta.

Khusus buat yang di Bandung dan Surabaya, bunganya 1,49% untuk pinjaman Rp 5 juta – Rp 200 juta. Iya, fasilitas ini memang baru bisa dinikmati di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

Dan, harus ditekankan, bunga itu berlaku jika kita mengajukan pinjaman via online. Jadi, bunga bisa saja berbeda saat kita datang langsung ke bank tersebut.

Lagian, hari gini apa-apa sudah bisa dilakukan via online kok. Bahkan pacaran via online pun bisa. Lebih praktis dan efisien.

Meski begitu, bunga kecil bukan berarti kita gak perlu merencanakan pinjaman, ya. Harus dihitung dulu kemampuan keuangan kita sebelum meminjam. Jangan sampai rumah sudah direnovasi tapi kita gak bisa menikmati gara-gara masalah cicilan.

mau renovasi rumah

[Baca: Kamu Boleh Ngajuin KTA Kalau…]

 

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com