Mau Sewa Apartemen? Bahaya Banget Kalau Ngelewatin 6 Hal Vital Ini

by DuitPintar 1.897 views0

mau sewa apartemen

Kamu butuh tempat tinggal deket kantor, dan sekarang kamu mau sewa apartemen. Waktunya mencari!

 

Browsing berjam-jam nyari apartemen yang cocok dengan isi dompet. Check!

 

Baca tips sana-sini tentang perjanjian sewa apartemen. Check!

 

Pulsa telpon habis buat nelpon calon A, B, C, hingga Z. Check!

 

Nah, sekarang udah dapat 3 kandidat apartemen paling kuat. Istilahnya, udah tinggal satu langkah terakhir untuk menentukan.

 

Tahap terakhir ini meliputi 6 hal vital berikut ini. Kelihatannya sepele, namun bisa bikin bete karena bagaimanapun sewa apartemen butuh duit, bro. Dan duit ga bisa dicari di bawah kasur doang. Kecuali kalau situ paman Gober, yeeh..

 

1. Cek sinyal handphone

xxxxx
Sudah sampe di ujung pulau dan belum dapet sinyal juga

 

 

Nah, mungkin kamu bakal nganggep kalo apartemen yang kamu mau tempatin udah super nyaman. Tapi handphone-mu belum tentu sependapat.

 

Jadi cek dulu gimana sinyal yang kamu dapat di tiap bagian kamar. Depan pintu, di area meja makan, di tempat tidur, dan yang paling penting adalah di dalam toilet. Karena semua pasti mengamini kalau toilet itu hampa tanpa handphone, ya kaaaan?

 

Di manapun yang kamu mau, dari belakang pintu sampe galian sumur, silahkan pastikan sinyalmu aman. Kita gak akan nge-judge kok. Palingan cewek ente yang bakal bawel kalo whatsapp-an jadi susah. Dia mana mau tahu kalau kamu musti nungging-nungging dulu di bawah jendela buat nyari sinyal.


2.  Periksa tanda-tanda tamu tak diundang

hbkk
tapi gue disini duluan bro

 

 

Kamu pengen tinggal di apartemenmu dengan tenang dan nyaman. Tapi pastikan yang tinggal di apartemenmu ini memang kamu doang dan gak ada penunggu lain yang gak diinginkan.

 

Periksa semua bagian tersembunyi, terutama di tempat-tempat yg gelap dan lembab. Di sanalah tempat nongkrong paling ngehits di kalangan hama rumahan kayak kecoa dan tikus. Sekedar nyebut contoh, ya kayak di bawah tempat cuci piring dan belakang kloset.

 

3. Periksa fungsi semua perlengkapan dan peralatan

metode yang tidak disarankan
Metode yang tidak disarankan

 

 

Kamu pasti mau-nya duit sewa apartemenmu beneran worth it kan? Kalo gitu pastiin semua yang ada disitu masih berfungsi dengan baik.

 

Periksa semua stop kontak listrik, caranya? Simpel lah, cukup colokin barang-barang yang butuh listrik kayak charger HP.

 

Jangan lupa cek juga switch lampu. Serta, pastikan exhaust fan di dapur dan kamar mandi bisa ngasih sirkulasi udara dengan lancar.

 

Yang terakhir, periksa gimana semua keran dan shower mengeluarkan air. karena dasarnya air yang terlalu kenceng biasanya bisa diatur, tapi air yang terlalu pelan udah gak bisa diapa-apain, jek.

 

4. Ajak tetangga ngobrol

bro, bro, mau tanya tanya dong
Bro, Bro, mau tanya tanya dong

 

 

Gak ada orang yang lebih tau soal situasi dan kondisi apartemen selain penduduknya. Ketok pintu, ucapkan salam, ajak kenalan, terus ajak ngobrol soal kondisi apartemen yang mau kamu tempatin.

 

Kemungkinan besar jawaban yang kamu dapet bakal uncensored abis, alias kebongkar semua jelek dan baiknya. Gak kayak kalo nanya sama pemilik yang perlu kamu untuk nempatin dan ngasih dia duit secepatnya.

 

“Sebenernya disini enak sih, tapi listriknya suka mati, satpamnya rese, dan kadang lampunya kedip kedip sendiri diikutin sama suara ketawa diluar.”

 

Aish, kalau bisik-bisik tetangga kayak gitu, horor juga ya! Tapi intinya, bisa turut nentuin milih apartemen itu atau enggak.

 

 

5.  Konfirmasi semua kerusakan di awal

gak begitu parah lah yaa
Gak begitu parah lah yaa

 

 

Untuk kamu yang akan nyewa apartemen, biasanya bakal diminta uang deposit sebagai uang jaminan dari kerusakan properti. Masalahnya, sudah jadi rahasia umum kalau ada saja orang yang berusaha ngerampok dari uang deposit.

 

Mustinya kan uang deposit dikembaliin pas masa kontrak selesai. Nah, para perampok ini bisa ngakalin dengan mengada-ada kerusakan, yang padahal sudah ada sejak sebelum kamu nyewa.

 

Double check semua kerusakan dan kondisi sebelum tanda tangan kontrak. Perhatikan penjelasan pemilik apartemen dengan seksama. Pastikan ada saksi mata pas ngecek, jadi kamu gak bisa dituduh ngerusak sesuatu yang emang udah rusak dari sananya.

 

 

6. Baca kontrak dengan seksama

Ini baru halaman pertama
Ini baru halaman pertama

 

 

Langkah terakhir sebelum kamu bayar sewa dan dikasih kunci adalah tanda tangan perjanjian dengan pemilik apartemen. Tapi sebelum kamu langsung tanda tangan, jangan lupa baca dengan sangat, sangat seksama mengenai:

 

– Iuran bulanan termasuk apa saja

– Masa sewa

– Fasilitas (internet, telpon, dll.)

– Daftar kerusakan/kondisi unit apartemen saat penandatanganan kontrak

– Duplikat kunci

– Biaya maintenance termasuk apa saja

– kartu akses

– jatah parkir

– dan sebagainya.

 

Jangan sampai udah terlanjur tanda tangan kontrak dan bayar, tapi di kemudian hari menyesal karena gak sesuai harapan. Alhasil, bad mood sepanjang masa jadi tenant apartemen itu.

 

Dan semua itu gara-gara kemalasan untuk membaca (tipikal orang kita yeh). Kesian deh luuu..

 

 

Jadi, jangan gegabah ya dalam memilih apartemen. Pastikan kalau semua bagian dari calon tempat tinggal kamu aman dan nyaman untuk ditempatin. Teliti sampai ke bagian-bagian yang gak langsung kelihatan mata – wajib banget!


Happy apartment hunting dan ingat, jangan selebor sama duit ya!

 

[Baca: Menyewa Apartemen Bukan Sekedar Urusan Harga]

 

 

 

Image credit:

  • http://proof.nationalgeographic.com/files/2013/12/ngm-2013-djibouti-stanmeyer1.jpg
  • http://fab-fb.com/cover-193-cockroach-cooking-.html
  • http://static1.squarespace.com/static/54c2d622e4b0ef5f4ba56e97/t/5534eee1e4b003aefe449049/1429532386972/
  • http://thegardenat485elm.org/wp-content/uploads/2014/09/People-chatting-before-the-workshop.jpg
  • http://dng.northjersey.com/media_server/tr/webprojects/2015paterson/images/final-pics/florioworker.jpg
  • http://www.advokatprivat.no/file/thumb/file/3/383630&width=900&height=660&zwidth=900&zheight=660&x=450&y=330.jpg

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com