Menabung Bisa Pakai Emas Mulai dari 5000 perak? Yuk, Cari Tahu Apa Itu Tabungan Emas

by DuitPintar 15.428 views4

apa itu tabungan emas

Emas memang jadi salah satu alat investasi bebas ribet. Selain mudah dijual, nilai emas yang disimpan minimal dua tahun bakal memberi keuntungan.

 

Dan ternyata nggak cuma uang yang bisa ditabung, emas pun ternyata bisa disimpan dalam bentuk tabungan. Tapi meski namanya sama-sama tabungan, bukan berarti kita menyetor dalam bentuk emas. Justru kebalikannya, kita menabung untuk membeli emas.

 

Apa itu tabungan emas? Program besutan Pegadaian ini memang menyasar kelas menengah ke bawah yang ingin mencoba berinvestasi. Alasannya, nggak semua orang bisa membeli emas secara tunai.

 

[Baca: Kesalahan Investasi Emas yang Bisa Bikin Mimpimu Gatot]

 

 

Syarat dan Keuntungan Tabungan Emas

Dengan adanya tabungan emas ini, seseorang dapat menyetorkan sejumlah dana kepada Pegadaian untuk memiliki emas sesuai kebutuhan. Tapi, selama dalam proses menabung, emas ini tetap dalam penguasaan pihak Pegadaian hingga mencapai berat tertentu.

 

apa itu tabungan emas

Nggak cuma menabung uang doang yang pakai buku

 

 

Di Pegadaian, fisik emas baru bisa diambil ketika berat sudah mencapai minimal 5 gram. Kalau kamu tertarik, simak dulu syarat pengajuan tabungan emas yang berupa:

 

  • Fotokopi KTP
  • Mengisi formulir pengajuan
  • Usia 21 tahun hingga 55 tahun

 

Syaratnya nggak ribet kan? Lantas apa sih keuntungan tabungan emas ini?

 

1. Beli emas walau dana terbatas

Walaupun uang pas-pasan, kamu tetap bisa menyisihkan sebagian dana cadanganmu untuk berinvestasi emas.

 

2. Emas jadi jaminan

Emas yang kita tabung/cicil bisa dijaminkan ke pihak Pegadaian setelah jangka waktu tertentu.

 

3. Aman tersimpan

Menyimpan emas di dalam rumah tentu sangat berisiko. Walaupun kamu nggak memegang emas tersebut selama jangka waktu tabungan, paling nggak emas tersebut aman dengan jaminan dari pihak pembiayaan.

 

4. Bersertifikat PT Antam atau Pegadaian

Kamu bisa memilih emas dengan cap PT Antam atau Pegadaian sesuai selera.

 

Satu hal yang pasti, saat ini banyak leasing yang menawarkan kredit pemilikan emas. jangan asal memilih lembaga pembiayaan untuk memupuk investasimu.

 

Bisa-bisa malah kayak pepatah ‘untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak’. Sangat dianjurkan agar kamu memilih bank/lembaga pembiayaan yang dijamin oleh pemerintah.

 

[Baca: Pilih Investasi Emas Batangan atau Koin Emas? Simak Dulu Plus-Minusnya Ini..]

 

 

Cara Kerja Tabungan Emas Pegadaian

Cara kerja Tabungan Emas Pegadaian ini mudah dan bisa diikuti siapa saja. Bahkan ibu rumah tangga pun bisa.

 

apa itu tabungan emas

Tinggal datang ke Pegadaian dan buka rekening, kamu sudah bisa mulai menabung emas

 

1. Wajib buka rekening

Sebelum memulai, kamu wajib buka rekening di Pegadaian dulu. Ada biaya administrasi sebesar Rp 30.000 plus biaya titip emas Rp 30.000 per tahun.

 

2. Setoran Minimal

Setoran minimal adalah setara harga 0.01 gram sesuai kurs harian emas Pegadaian. Pegadaian sudah memiliki kurs jual-beli emas yang diperbarui setiap hari melalui situs mereka.

 

Misalnya saja pada 23 November kurs jual emas seberat 0.01 gram adalah Rp 5.040. Artinya, kita sudah bisa mulai menabung cukup dengan Rp 5.040 (sesuai kurs yang berlaku).

 

3. Jangka Waktu Tabungan

Dengan tabungan emas kamu bisa menabung kapan saja tanpa terikat jangka waktu (tenor). Kamu bebas untuk menabung secara harian, mingguan atau bulanan.

 

4. Bisa dijual/dijaminkan

Sesuai peraturan Pegadaian, kamu hanya bisa mengambil tabunganmu ketika saldo sudah mencapai nominal setara 1 gram emas.  Kalau kamu butuh dana karena kepepet, saldo tabungan emas tersebut dapat dijual kembali ke Pegadaian.

 

Contohnya saja kamu hendak menjual tabungan emasmu yang sudah mencapai 1 gram. Kurs beli saat kamu hendak menjual emas adalah Rp 4.750 per 0.01 gram, maka kamu bisa mendapat Rp 475.000.

 

Jika suatu saat kamu ingin melanjutkan tabungan emasmu, kamu cukup membayar sejumlah dana yang kamu terima plus bunga ke Pegadaian. Program tabungan emasmu bisa lanjut lagi deh.

 

5. Fisik emas bisa dicetak

Jika kamu ingin memiliki fisik emas, Pegadaian menyediakan emas seberat 5, 10, 25, 50 dan 100 gram. Kamu akan dikenai biaya cetak emas yang sudah ditetapkan oleh Pegadaian.

 

[Baca: Beli Emas Tunai atau Kredit, Mari Lihat Untung-Ruginya]

 

 

Investasi emas merupakan investasi jangka panjang yang bakal memberi keuntungan dalam 2 – 5 tahun. Jika kamu memang berniat untuk berinvestasi, nggak usah khawatir dengan naik turunnya harga emas harian.


Kalau kamu masih kesulitan menyesuaikan gaji untuk berinvestasi emas, tabungan emas Pegadaian ini bisa jadi pilihan bagus. Nggak perlu khawatir menyisihkan gaji karena kamu bisa bebas menabung sesuai kemampuan.

 

 

 

Image credit:

  • http://i0.wp.com/www.natanieldp.com/wp-content/uploads/2015/08/AnKInazEPbkDIR6t25V51GwbaRYkOGAdDdXwZwIWb2zW.jpg
  • http://img1.beritasatu.com/data/media/images/medium/1402398687.jpg

Masih banyak lagi dari duitpintar.com