Mengajukan Kredit Tanpa Agunan Kok Jadi Hobi, Pikir Panjang Deh

by Fafa Khalifah 699 views0

Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Memang susah nolak godaan berutang. Belum lagi ditambah kenyataan kalau sekarang niat berutang bukan perkara sulit.

Lihat aja belakangan bank pada gencar promosi KTA. Itu tuh kredit tanpa agunan. Saking gencarnya, promosi KTA kadang jadi topik lumayan ramai di grup WhatsApp sampai BBM.

Iya sih, tawaran KTA menggiurkan banget. Dalam hitungan sekian jam atau menit, uang bisa langsung cair. Intinya, aplikasi wajib diberesi dalam tempo sesingkat-singkatnya.

Entah tepatnya bingung atau bangga kalau dapat tawaran KTA. Bingung kenapa tiba-tiba jadi sasaran tembak mbak-mbak marketing buat ajukan KTA.

Di saat bersamaan, bangga pula karena bisa dapat utangan sampai puluhan bahkan ratusan juta tanpa proses berbelit-belit. Begitu duit parkir di rekening, berasa selevel dengan kaum sosialita!

Yes, semua orang  butuh duit. Cuma apa tetap berlaku “yes” pas ada yang nawarin KTA? Boleh bilang “yes” sepanjang sudah kuasai pengetahuan seputar KTA. Bilang “yes” tanpa ilmu KTA sama saja bunuh diri. Makanya, dalemin dulu apa itu KTA.

mengajukan kredit tanpa agunan
ingat cari tau sebelum memilih itu penting! (cari tahu / freemusicpublicdomain)

Sesuai kepanjangannya, KTA adalah kredit tanpa agunan atau jaminan. Duit langsung ditransfer tanpa perlu sediakan jaminan berupa benda apapun.

Ini godaan sekaligus keunggulan utamanya. Maklumlah, kalau pinjam duit ke bank pakai jaminan itu lumayan ribet. Misalnya saja tanah atau rumah yang mesti dicek dulu keabsahannya.

Meski di situ nilai plusnya, tetap jangan jadikan KTA sebagai solusi satu-satunya saat butuh duit. Hindari dulu deh berutang pakai KTA. Apalagi sampai jadikan hobi. Kenapa? Cek dulu alasannya berikut ini.

Bunga jadi alat bank menekan risiko peminjam

Kasih utangan tanpa jaminan pasti berisiko. Iya kan? Makanya, jaminan pas ajukan utang itu penting. Jadi kalau kenapa-kenapa, jaminan itu tinggal disita dan dijual. Utang pun kelar.

mengajukan kredit tanpa agunan 2
nah disini nih yang paling harus kamu waspadai, makanya penting untuk membandingkan produk KTA yang paling rendah bunganya (bunga bank / thefinancialbrand)

Terus kalau KTA? Pastinya bank juga gak mau berspekulasi sama risiko dari si peminjam. Nah, caranya dengan mensiasati lewat bunga.

Sebelum menawarkan KTA, orang-orang pinter di bank sudah menyusun formula super canggih untuk mengkalkulasi risiko dan berbagai kemungkinan lainnya.

Dari situ kemudian ditentukan risiko yang bisa diterima. Tingkat risiko itu diwujudkan dalam bentuk bunga. Pendek kata, besaran bunga itu merupakan cerminan dari risiko peminjam.

Sudah paham kan mengapa bunga KTA paling tinggi dari produk pinjaman lainnya? Silakan dicek sekarang, ada gak produk utangan bank lain yang bunganya kalahin KTA. Pasti gak ada!

Perhitungan bunga flat

”Enteng kan cicilannya. Gak repot ngitung. Bunganya cuma 1,4 persen per bulan. Besaran cicilan bisa diatur tergantung tenor, lho.”

Itu mantra yang sering dilontarkan mbak-mbak atau mas-mas marketing. Sekilas enteng banget kan. Kalau 1,2 persen per bulan jadi setahun cuma 14,4 persen.

Hanya jangan lupa kalau itu bunga flat. Yang berarti bunga langsung dikalikan dengan tenor dan nominal utang. Jadi besaran total utangan jatuhnya dihitung dari rumus : Jumlah loan + (Jumlah loan x bunga flat x tenor).

Contoh, pinjam Rp 10 juta setahun. Maka total utang jadi Rp 10 juta + (Rp 10 juta x 1,2% x 12). Total utang jadi Rp 14.400.000. Bengkak Rp 4 juta lebih kan.

Makin lama tenor, sudah pasti makin bangkrut. Karena selisih duit yang dikembalikan ke bank dengan yang dipinjam sudah pasti makin gede.

Lebih cepat lebih baik

Ketika alami kasus harus ajukan KTA, gimana? Silakan saja, tapi gunakan prinsip lebih cepat lebih baik. Artinya, hindari ambil tenor KTA dalam jangka waktu lama.

mengajukan kredit tanpa agunan
Tenor KTA ibarat pernikahan yang lebih cepat lebih baik. tapi jangan masih anak-anak gini udah nikah juga ya (pernikahan dini / powertochange)

Bedakan sama investasi ya, di mana makin lama makin baik. Kalau utangan KTA justru sebaliknya.

Makin panjang durasi tenornya, maka beban bunga makin besar. Ingat ya, perhitungan bunganya flat atau tetap. Perhitungan bunganya bukan berdasarkan sisa pokok utang, tapi dari pokok utang awal.

Alasan lainnya karena pelunasan KTA dipercepat bikin rugi. Pasti dikenai pinalti. Padahal secara teori, seharusnya niat lunasin dipercepat sesuatu yang baik kan.

Nah, sudah terbayang kan repotnya punya utangan KTA. Hitung sendiri duit yang terbuang gegara bunga yang selangit.

Tapi bukan berarti KTA itu sesuatu yang mudarat lho! Boleh saja pakai opsi KTA sepanjang sudah siap sama cicilan bulanan, paham aturan mainnya, dan yang terpenting: jangan dijadiin hobi.

Nah, supaya lebih cerdas juga milih KTA, teliti dulu produk mana yang paling menguntungkan di situs komparasi. Lihat bunga yang ditetapkan, nilai plafon, dan tenor yang ditawarkan. Jadi, be smart ya!

CTA Standard Chartered

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Buat yang Lagi Butuh Dana, Ini Dia 5 Produk KTA dengan Bunga Terendah]

[Baca: Ketahui Delapan Alasan Mengapa Aplikasi KTA Selalu Ditolak Bank]

[Baca: Pahami Plus Minus KTA Sebelum Ajukan Pinjaman KTA]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com