Mengapa Kartu Kredit Penting Sebelum Mengajukan KTA? Ternyata Ini Jawabannya

by DuitPintar 8.125 views3

mengapa kartu kredit penting

Pas lagi berburu pinjaman KTA di bank, pastinya sering banget melihat deretan persyaratan di brosur atau situs. Salah satunya keharusan buat mengantongi kartu kredit aktif selama minimal 1 tahun.

Gak cuma soal seberapa lama aktifnya, kadang besaran limit kartu kredit juga berpengaruh. Ada bank yang minta syarat limit kartu kredit minimal Rp 7 juta, ada juga yang sampai Rp 10 juta.

Kalau salah satu syarat saja gak dipenuhi, ya siap-siap pengajuan ditolak mentah-mentah. Hal ini kadang bikin kita bertanya, mengapa kartu kredit penting saat mengajukan KTA? Ternyata jawabannya seperti berikut ini:

Makin gede limit, makin besar pula pinjaman

Ternyata limit kartu kredit bisa menjadi acuan terhadap besarnya nilai pinjaman yang bisa kita ajukan. Pasalnya, bank bakal mengukur kemampuan finansial kita dari limit kartu kredit dan tentu saja besarnya gaji.

Mungkin kamu dengan pede-nya bakal bilang “Ah, kartu kredit gue kan gede limitnya, pasti tembus lah pengajuan KTA gue!”

Jangan pede dulu. Limit kartu kredit memang jadi patokan. Tapi gak cuma itu saja. Ada sederet pertimbangan lain yang musti diperhatikan.

mengapa kartu kredit penting
Jangan cuma tergiur limit gede. Ingat kartu kredit itu bukan dana tambahan loh! (Gesek kartu kredit/ caracekterupdate)

Performa kartu kredit selama 1 tahun

Bank punya akses untuk melihat performa kartu kreditmu selama satu tahun. Dalam 1 tahun tersebut mungkin banyak yang hal yang terjadi, contohnya: kamu sering overlimit, sering bayar minimum, atau frekuensi gesek kelewat tinggi. Kalau kamu tertib dan disiplin, bank pasti bakal dengan senang hati memberikan pinjaman karena percaya dengan kemampuan bayarmu.

Rasio pemakaian

Poin ini jarang banget diketahui orang. Tahu gak sih kalau frekuensi pemakaian kartu kredit itu juga jadi pertimbangan bank?

Rasio utilisasi kartu kredit yang bagus gak boleh lebih dari 30% limit. Misalnya kamu punya kartu kredit dengan limit Rp 5 juta, maka pemakaian bulanan maksimal cuma disarankan Rp 1.5 juta saja.

Itupun kamu harus menghindari minimum payment. Pasalnya, makin tinggi tingkat pemakaian kartu kreditmu, beberapa bank bakal menolak aplikasi KTA-mu. Apalagi kalau kartu kredit sampai overlimit!

Tunggakan cicilan

Bank memiliki akses untuk mengecek histori kredit seseorang lewat Bank Indonesia. Nah, histori kepemilikan kartu kredit juga bakal dicek.

mengapa kartu kredit penting
Pusing kan kalau mikirin tagihan? Yuk atur lagi penggunaan kartu kreditnya (Pusing/ blogspot)

Performa keuanganmu bakal dicek berdasarkan skor kredit yang ada di BI. Kalau sering menunggak cicilan, bisa dipastikan skor kreditmu bakal jelek dan bank juga bakal menolak aplikasi KTA-mu.

Yang harus diperhatikan agar KTA-mu tembus adalah soal pemakaian kartu kredit ini. Ada baiknya kamu mulai memperbaiki performamu dulu.

Misalnya, jika biasanya kamu sebulan menggesek 70% dari limit kartu kedit buat belanja dan cuma bayar 50% dari tagihan, mulai deh kurangi dulu frekuensi pemakaian dan lunasi dulu semua cicilan.

Jadi jangan jumawa mentang-mentang gaji atau limit kartu kredit gede. Semua gak bakal berarti kalau kamu masih menganut prinsip “besar pasak daripada tiang”.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: 8 Alasan Kenapa Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Kamu Bisa Ditolak Bank]

[Baca: Tanpa Jaminan Bisa Dapat Pinjaman Ratusan Juta Rupiah, Gimana Caranya?]

[Baca: Kalau Emang Berat Nyicil, Coba Ajukan KTA Tenor Panjang di 14 Bank Ini]

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com