Mengurus IMB Online, Bakal Nggak Ada Lagi Istilah Ribet

by DuitPintar 3.218 views0

mengurus imb online

Namanya hidup di dalam negara, pasti ada yang namanya aturan. Nggak terkecuali kalau mau membangun rumah.

 

Syarat mau membangun atau mau merenovasi rumah salah satunya adalah harus mengantongi IMB atau Izin Mendirikan Bangunan. Kalau kamu pernah melihat bangunan mangkrak yang ditempelin plakat “Bangunan Ini Disegel”, bisa jadi salah satu sebabnya adalah si pengembang/pembangun nggak punya IMB.

 

Kalau menurut Undang-undang No.34 tahun 2001 tentang Pajak dan Restribusi Daerah, IMB adalah perizinan yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku.

 

Makanya IMB ini wajib kalau kamu nggak mau tersandung masalah di kemudian hari. IMB ini juga berguna banget buat menghindari sengketa di kemudian hari dan pastinya juga memiliki keuntungan.

 

[Baca: Urus IMB Renovasi Rumah Wajib Hukumnya Kalau Gak Mau Repot Nantinya]

 

Apa aja tuh keuntungannya?

 

  1. Bangunan memiliki nilai jual yang tinggi
  2. Jaminan Kredit Bank
  3. Peningkatan Status Tanah
  4. Informasi Peruntukan dan Rencana Jalan

 

Mengurus IMB Online: Solusi Jitu Buat yang Nggak Mau Ngilu

Menurut sebuah penelitian dari Pusat Transformasi Kebijakan Publik, Indonesia terkenal ribet  dalam hal perizinan pendirian bangunan dan usaha dan masih kalah dari Vietnam. Contohnya, pengurusan IMB di Vietnam cuma butuh waktu satu bulan, sementara di Indonesia bisa sampai tiga bulan.

 

mengurus imb online

 Nggak mau kan rumah disegel gara-gara nggak berizin. Apa kata dunia kalau nggak punya IMB?

 

 

Nggak mau kalah dari Vietnam, saat ini pemerintah sedang menyiapkan sistem pembuatan IMB online untuk memangkas birokrasi dan praktek percaloan. Nantinya, pemohon tinggal mengisi data yang diperlukan lewat formulir online tanpa perlu mendatangi kantor kecamatan atau Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (DPPB).

 

Sistem IMB online ini nantinya bakal terintegrasi dengan instansi lain. Proses pengurusan IMB online akan terhubung dengan Dinas dan Suku Dinas PPB hingga tingkat kecamatan.

 

Pemohon nantinya tinggal memilih menu IMB rumah tinggal atau non-rumah tinggal. Setelah itu, pemohon tinggal memasukkan lampiran data berupa gambar bangunan yang dimaksud.

 

[Baca: Perhatikan Kelengkapan Surat Saat Membeli Rumah Biar Tak Menyesal]

 

Pengisian data harus lengkap sesuai syarat. Kalau nggak permohonan bisa jadi ditolak. Selanjutnya tinggal membayar retribusi ke bank yang sudah ditunjuk.

 

Untuk Jakarta, mengurus IMB online nantinya kamu bisa klik ke web http://dppb.jakarta.go.id/. Saat ini website tersebut sedang dalam tahap pengembangan.

 

Syarat-syarat yang harus disiapkan:

 

  1. Softcopy KTP
  2. Softcopy NPWP
  3. Softcopy Surat Bukti Kepemilikan Tanah
  4. Softcopy Surat Pernyataan bermaterai bahwa tanah nggak dalam keadaan sengketa
  5. Softcopy SIPPT (untuk luas lahan >5000m2)
  6. Softcopy Ketetapan Rencana Kota (KRK)
  7. Gambar Rancangan Arsitektur Bangunan
  8. Softcopy Perencanaan Struktur Bangunan Gedung

 

Keuntungan lainnya, pemohon bisa menghitung sendiri biaya retribusi resmi tanpa praktek pungli karena akan disediakan kalkulator biaya retribusi. Kamu juga bisa memantau perkembangan permohonan yang diajukan setiap saat.

 

 

mengurus imb online

Menyiapkan data-data termasuk desain dan denah rumah itu penting kalau pengin aplikasi IMB-nya lolos

 

 

Untuk panduan lengkap, kamu bisa mengecek ke website DPPB Jakarta. Nah, Kalau sudah dipermudah, nggak ada alasan lagi dong buat males mengurus IMB. Jangan sampai deh kita menyerahkan pengurusan IMB kepada calo.

[Baca: Mau Jual Beli Rumah, Wajib Kenalan dengan PBB, NJOP dan BPHTB Kalau Ga Mau Beli Kucing dalam Karung]

 

 

 

Image credit:

  • http://www.pusatcinta.com/wp-content/uploads/2013/09/Tips-Berpacaran-dengan-Arsitek2.jpg
  • http://cdn.tmpo.co/data/2014/01/12/id_253993/253993_620.jpg

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com