Menyekolahkan Anak di Sekolah Alam, Ketahui Dulu Untung-Ruginya

by Hardian 265 views0

Menyekolahkan Anak di Sekolah Alam

Menyekolahkan anak adalah hal yang paling membanggakan sekaligus bikin deg-degan. Orangtua harus pandai-pandai memilihkan sekolah untuk buah hati.

Hal pertama yang mesti diperhatikan adalah biaya tentu saja. Namun ada hal yang gak kalah penting, yaitu metode pengajaran sekolah tersebut.

Saat ini muncul tren menyekolahkan anak di sekolah alam. Apa itu sekolah alam dan perbedaan metode pendidikan yang diterapkan?

Secara umum, sekolah alam bisa didefinisikan sebagai aktivitas belajar-mengajar yang banyak dilakukan di luar ruangan. Sekolah ini menjadi alternatif sekolah formal yang cukup diperhitungkan.

Dalam sekolah ini, alam dijadikan sarana sekaligus objek pembelajaran. Anak-anak banyak melakukan aktivitas yang berhubungan dengan fisik.

Untuk mendapat penjelasan lebih lanjut, cek kelebihan dan kekurangan menyekolahkan anak di sekolah alam berikut ini:

Kelebihan

menyekolahkan anak di sekolah alam
Ayo adik-adik dirawat ya semua mahluk ciptaan Tuhan biar tumbuh subur! (Anak-anak Di Alam / oknusantara)

– Anak bisa mengeksplorasi dan lebih menghargai alam

– Anak bisa belajar langsung mempraktikkan pengetahuan yang didapatkan di lapangan, tidak hanya teori

– Anak jadi lebih terbuka, kritis, dan percaya diri karena lebih banyak mendapat kesempatan untuk aktif

– Anak bisa belajar sambil bermain

Kekurangan

– Tidak mendapat kurikulum ajaran yang umum

– Susah mempelajari bidang teknologi karena waktu sekolah lebih banyak di luar ruangan

– Anak yang susah berkonsentrasi akan susah juga menyerap pelajaran karena lebih banyak distraksi daripada belajar di kelas

Sekolah alam patut dipertimbangkan karena metode pendidikannya yang unik sekaligus menarik. Apalagi buat orangtua yang merasa kurikulum buatan pemerintah saat ini kurang oke.

Di sekolah alam, siswa biasanya hanya berjumlah 20-an per kelas. Hampir 100 persen kegiatan belajar dilakukan di luar ruangan, seperti di saung atau aula tak berdinding.

Di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, ada beberapa sekolah alam yang cukup populer dan bagus. Bila moms and dads tertarik, ada beberapa contohnya di bawah ini:

1. Sekolah Citra Alam

menyekolahkan anak di sekolah alam
Ayo siapa yang mau dididik sama guru-guru yang asyik dan seru ini? (Sekolah Citra Alam / citraalam)

Sekolah ini punya jenjang hingga SMA. Ada pula kuota untuk siswa berkebutuhan khusus. Alamatnya di Jl. Damai II No. 54 Ciganjur, Jakarta Selatan.

2. Sekolah Alam Cikeas

Sekolah alam ini menerima murid SMP. Lokasinya yang berada di area dataran tinggi lebih pas dengan metode ajarnya. Alamatnya: Jl. Letda Natsir Nagrak, Gunung Putri, Bogor.

3. Sekolah Alam Al-Jannah

Salah satu fokus pelajaran sekolah ini adalah agama Islam. Jadi, cocok bila hendak menyekolahkan anak untuk belajar pelajaran umum sekaligus Islam. Alamatnya: Jl. Jambore 4, Pondok Rangon Jakarta Timur.

4. Sekolah Alam Bogor

Sekolah yang satu ini membuka kelas buat siswa TK-SD, juga mereka yang berkebutuhan khusus. Alamatnya: Jl. P. Ash-Shogiri 150, Kel. Tanah Baru Kec. Bogor Utara , Bogor.

5. Sekolah Alam Bekasi

Sekolah alam ini juga menitikberatkan pelajaran pada ilmu agama. Jadi, kurikulum nasional diperkaya dengan kurikulum internal yang antara lain berfokus pada agama. Alamatnya: Jl. Raya Hankam No.99, Jati Ranggon, Jati Sampurna, Bekasi.

menyekolahkan anak di sekolah alam
Seru lho belajar sambil bermain! (Sekolah Alam Bekasi / youtbue)

Selain 5 sekolah di atas, masih ada beberapa sekolah alam lain yang bisa masuk hitungan. Namun bukan hanya kualitas sekolah yang mesti diperhatikan, tapi juga dana.

Sudah bukan rahasia lagi, biaya sekolah alam umumnya lebih mahal ketimbang sekolah reguler. Apalagi jika dibandingkan dengan sekolah negeri yang gratis itu.

Bila hendak menyekolahkan anak di sekolah alam, setidaknya tabung dua kali lipat dana dari dana sekolah reguler. Ada banyak cara menyiapkan dana pendidikan, dari tabungan pendidikan sampai investasi.

Namun harus diingat, gak semua anak cocok disekolahkan di sekolah alam. Bila gak sanggup mengikuti pelajaran, mungkin ia lebih nyaman bersekolah reguler.

Apa pun itu, kita sebagai orangtua harus bijak menentukan pilihan. Bukan zamannya lagi memaksa anak masuk ke sekolah A, B, C, atau Z.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Pendidikan Memang Gak Harus di Sekolah. Kenapa Pendidikan Formal itu Penting]

[Baca: Curhat Duit: Bingung Membayar Uang Sekolah Anak]

[Baca: Siap-Siap Kembali ke Sekolah Nih. Coba Cek Dulu Sejumlah Promo “Back to School” Ini]

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com