Menyusun Liburan Sendiri atau Pakai Travel Agent, Mana yang Lebih Menguntungkan

by Tifanny 231 views0

menyusun liburan sendiri

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

logo finansialku

Wah, gak terasa sudah masuk bulan Desember ya. Itu artinya juga sebentar lagi akan tutup tahun dan bakal liburan! Hari Natal dan tahun baru yang relatif berdekatan biasanya bikin kita gak sabar ingin liburan.

Setelah menghabiskan hari – hari yang padat dengan rutinitas dan segala tuntutan hidup, pasti pengin rileks sejenak, kan?

Berlibur tuh banyak manfaatnya. Seperti, membuat otak kita beristirahat sejenak dari rutinitas harian yang sudah menumpuk lama. Pergi liburan ke destinasi yang baru, kita juga menambah pengetahuan baru yang mungkin gak pernah terpikir sebelumnya. Manfaat lainnya, mungkin bisa menambah ide baru yang lebih segar untuk bisnis loh.

Nah, saat menyusun rencana liburan, kadang ada pertanyaan yang muncul di kepala. Mana sih  yang lebih optimal, liburan sendiri atau menggunakan jasa travel agent? Berikut keuntungan dan kerugiannya jika kita liburan sendiri dan menggunakan jasa travel agent.

1. Sendiri harga lebih murah, travel agent belum tentu lebih mahal

Liburan sendiri selalu terasa lebih murah dibandingkan liburan dengan menggunakan travel agent. Emangnya benar gitu? Gak juga kok!

Kebanyakan orang yang memutuskan liburan sendiri, biasanya malah merogoh kocek lebih dalam dibandingkan orang yang liburan dengan menggunakan jasa travel agent. Lalu mengapa banyak beredar fakta bahwa liburan sendiri lebih murah?

menyusun liburan sendiri
Liburan sendiri sih pastinya bebas, lepas dan sesuka hati ya (Pergi Liburan / Pedava)

Liburan sendiri bisa lebih murah asalkan kita menggunakan akomodasi yang sangat murah seperti hostel atau rumah penduduk. Daripada menggunakan mobil pribadi, kita juga bisa ngirit biaya dengan menggunakan angkutan umum.

Jika menggunakan fasilitas yang lebih nyaman dan bagus liburan dengan menggunakan travel agent akan jauh lebih murah. Kebanyakan jasa travel agent memiliki perjanjian atau kontrak ke beberapa hotel, tempat wisata bahkan alat transportasi.

Salah satu alasan liburan sendiri terasa lebih murah dibandingkan travel agent adalah karena perbedaan cara pembayaran. Traveling dengan menggunakan travel agent biasanya wajib membayarkan uang muka sebesar 50%. Dan wajib dilunasi 2 minggu sebelum keberangkatan.

Sedangkan jika memilih liburan sendiri, kita bisa membayar sedikit demi sedikit. Sebelum berangkat mungkin kita bisa membayar hotel dan sewa mobil nya saja, sisanya dilunasi saat di lokasi.

2. Liburan sendiri tanggal bisa fleksibel, namun tidak dengan travel agent

Liburan sendiri akan lebih efektif jika rencana liburan disusun secara mendadak. Contoh, jika kita ingin pergi ke luar negeri minggu depan, atau mungkin dua hari ke depan.

menyusun liburan sendiri
Pakai jasa travel agent yang ganteng gini senang juga ya hehehe loh, gagal fokus (Travel Agent / Sidelnikov)

Namun jika Anda sudah menyusun rencana liburan dari jauh – jauh hari, maka jasa Travel Agent bisa dikondisikan sesuai kebutuhan. Terlebih lagi jika kita ingin traveling bersama keluarga besar. Jasa travel agent akan memberi banyak kemudahan.

3. Sendiri bisa bebas menentukan destinasi, travel agent pakai jadwal

Mau bersantai di hotel atau membaca buku di pinggir pantai? Pilih saja liburan sendiri ke tempat yang tenang dan sepi. Menikmati fasilitas hotel atau sekedar bersepeda mengelilingi pulau kecil juga bisa menyegarkan bagi sebagian orang. Tapi, ada juga sebagian orang yang merasa bosan jika hanya tinggal di hotel.

Mereka merupakan tipikal orang yang ingin tahu gaya hidup masyarakat di destinasi  yang  sedang mereka kunjungi. Jika kamu merupakan orang yang penuh rasa ingin tahu, maka penggunaan jasa travel agent akan memuaskan rasa ingin tahu itu

Hal ini dikarenakan pemandu wisata yang akan memandu perjalanan akan memberikan banyak informasi. Biasanya informasi yang mereka berikan gak ada di buku manapun dan gak banyak orang yang tahu.

4. Siap – siap repot menentukan destinasi kalau liburan sendiri, sementara dengan travel agent cukup duduk manis

Liburan sendiri juga mempunyai keuntungan yang gak dimiliki travel agent. Ada beberapa destinasi yang gak selalu dikunjungi jika kita menggunakan travel agent. Dengan liburan sendiri, kita bisa menghabiskan waktu lebih lama di kafe ataupun di tempat yang diinginkan.

Kerugian dari liburan sendiri adalah kadang kita menghabiskan waktu hanya di beberapa tempat saja lalu lupa mengunjungi tempat – tempat yang unik. Dengan menggunakan jasa travel agent, kita bisa mengunjungi dan mengabadikan foto di tempat tersebut.

menyusun liburan sendiri
Wow, keren banget punya foto di tempat kayak gini ya, asalkan berani sih hehehe (Kalibiru / Anekawisata)

5. Sendiri bisa memilih fasilitas yang sesuai keinginan, mungkinkah travel agent bisa?

Ada beberapa fasilitas yang gak semua travel agent mampu berikan kepada konsumen mereka. Biasanya travel agent akan mikir dua kali jika konsumen meminta penginapan yang sangat murah seperti hostel atau rumah penduduk.

Hal ini berdampak pada kepuasan konsumen yang mungkin gak bisa maksimal. Tentu saja hal ini berdampak buruk bagi travel agent. Jika  ingin menggunakan fasilitas yang sangat murah, lebih baik gak menggunakan jasa travel agent.

Kesimpulannya, jika kita sibuk dengan pekerjaan dan rutinitas harian, akan lebih bijaksana menggunakan jasa travel agent. Pilihlah travel agent yang enak diajak berdiskusi supaya keinginan liburan kita bisa tersalurkan.

Sampaikan dengan jelas liburan seperti apa yang kita inginkan. Semisal, jika kita ingin bersantai di hotel, di pantai dan gak banyak aktivitas. Atau mungkin ingin ikut trip gabungan ke destinasi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Jika kita memiliki waktu yang cukup banyak dalam menyusun rencana liburan, maka kita bisa memilih liburan sendiri atau tanpa bantuan jasa travel agent. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan kita ya. Selamat berlibur!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Pengin Traveling ke Luar Negeri Gratis Optimalkan Dong Kartu Kredit Kamu]

[Baca: Cek 5 Poin Ini Sebelum Terburu Nafsu Mengorbankan Karier Demi Traveling Sepuas Hati]

[Baca: Jangan Cuma Jadi Rencana Doang Lakukan 5 Persiapan Sebelum Traveling Ini]

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Tulis Balasan

Masih banyak lagi dari duitpintar.com