Moms, 5 Alat Dapur Modern Ini Bisa Jadi Investasi Terbaik Lho

by Hardian 1.199 views0

untuk jam 6 blog

Pilih mana: harga sedikit tinggi tapi awet atau harga miring tapi kualitas bikin pening? Ibu-ibu di rumah pastinya pilih yang pertama dong. Itu kalau moms sadar akan pentingnya investasi.

Tapi sayangnya di luar sana masih banyak yang terjebak pemikiran “harus beli yang paling murah”. Padahal murah-tidaknya suatu barang tidak hanya ditentukan oleh harganya.

Apa gunanya barang murah tapi baru dipakai sebulan-dua bulan udah rusak? Jadi beli lagi, keluar duit lagi, jatuhnya malah boros.

Buat para moms, masalah ini kerap muncul ketika hendak beli alat dapur. Usut punya usut, ternyata alat dapur, terutama alat dapur modern, bisa jadi investasi terbaik lho.

Namun bukan alat dapur yang dijual pedagang di pinggir jalan tentunya. Kalau mereka jual alat berkualitas, nanti rugi besar kalau disita satpol PP.

Buat para moms (bapak-bapak juga boleh kalau mau kasih hadiah buat istri tercinta), inilah lima alat dapur modern beserta merek yang direkomendasikan buat investasi dapur terbaik para moms:

1. Pressure Cooker – Isa

alat dapur modern
Kokoh dan cantik dengan warna gagang merah. Harga boleh tinggi, tapi kualitas juga tinggi (panci presto/ bukalapak)

Di Indonesia, panci ini lebih dikenal sebagai presto. Pressure cooker bisa menjadi alat investasi karena tahan lama dan fungsinya yang luar biasa. Pokoknya bikin moms jadi makin semangat masak deh!

[Baca: Masak Sendiri atau Beli? Yang Mana Yang Bisa Ngamanin Keuangan Keluarga?]

Selain mematangkan masakan dengan cepat, panci bertekanan tinggi ini bisa menjaga nutrisi bahan makanan. Presto yang bagus mesti terbuat dari stainless steel dan baja tahan karat. Selain itu, terdapat regulator dan katup pengatur tekanan.

Merek yang direkomendasikan adalah Isa. Brand asal Italia ini sudah dikenal di mancanegara dan domestik. Di Indonesia, pressure cooker Isa ada sejak 1987. Lebih dari 30 tahun!

Ada tiga jenis pressure cooker Isa, yaitu ukuran 5 liter, 7 liter, dan 9 liter. Harga presto Isa 5 liter sekitar Rp 1,9 juta, sedangkan yang 7 liter dihargai Rp 2,2 juta, dan yang 9 liter dijual seharga Rp 2,5 juta.

Bila dibandingkan dengan merek lain, mungkin jauh lebih mahal. Bahkan selisihnya bisa sampai Rp 1-2 juta. Namun panci ini sangat value for money, alias punya kualitas yang setimpal dengan harganya.

Apalagi, gak ada karet seal di bagian penutupnya. Kalau yang pakai karet, mesti sering-sering diganti biar tetap bekerja dengan baik. Panci Isa punya teknologi yang gak memerlukan karet, tapi tekanan tetap terjaga.

2. Slow Cooker – Takahi

alat dapur modern
Ini nih, hadiah pernikahan atau kelahiran favorit emak-emak (Takahi/ chikobabyshop)

Takahi! Pasti merek ini yang langsung terlintas ketika ngomongin slow cooker. Ya, slow cooker merek Takahi memang banyak direkomendasikan karena kualitasnya, meski harganya sedikit di atas rata-rata

Alat dapur modern ini bisa menjadi investasi terutama buat pasangan yang baru nikah. Alat masak yang menggunakan listrik ini bisa menjaga nutrisi dalam makanan, jadi pengganti air susu ibu (MPASI) untuk bayi kelak. Bila berencana punya dua-tiga anak, slow cooker Takahi bisa digunakan tanpa mesti ganti setiap kali habis melahirkan.

Takahi ukuran 1,2 liter cukup untuk masak tiap hari. Harganya sekitar Rp 500-600 ribuan. Dayanya pun cuma 95 watt. Kalau mau pakai api kompor, pot keramiknya bisa dicopot lho. Tapi harus diatur apinya agar gak kebesaran.

3. French Press – Bodum

alat dapur modern
French press bikin pengalaman ngopi lebih menarik, terutama buat yang sebelumnya cuma pernah nyeduh kopi tubruk (Bodum/ s-ecom.ottenstatic)

Suka ngopi? Atau suaminya yang gak bisa hidup tanpa kopi? Cari french press yang bagus buat rutinitas ngopi tiap hari. Jelas bakal lebih hemat dibanding ngopi di luar terus.

[Baca: Doyan Ngopi Bareng Teman? Ini Daftar Tempat Ngopi yang Ngasih Promo Kartu Kredit]

French press adalah alat penyeduh kopi tanpa ampas dengan sistem press atau ditekan. Bisa beli kopi dengan gilingan kasar, lalu seduh di dalam gelas french press. Jangan pakai kopi komersial yang bubuknya halus ya. Nanti ampasnya naik, rasanya pun kurang ciamik.

Ada banyak pilihan french press, namun gak semuanya bagus. French press umumnya berbahan kaca, sehingga rentan pecah jika jatuh. Pemakaian yang sering juga bisa bikin kaca retak. Itu kalau french press yang dipakai jelek.

Cari french press merek Bodum yang memang terkenal berkualitas tinggi. Yang seri Kenya ukuran 1 liter, misalnya. Harganya sekitar Rp 600-700 ribu. Tapi kualitasnya jangan dibandingkan dengan french press sekadarnya bikinan brand kopi retail itu.

Bodum berdiri sejak 1944, bahkan saat Indonesia belum merdeka. Filternya terdiri atas tiga lapisan dan gampang dibersihkan. Selain itu, kacanya terbuat dari material borosilicate, yang sangat tahan panas dan benturan.

4. Food Processor – Philips

alat dapur modern
Bilang ke misua di rumah, biar gak nunggu lama nyiapin bahan masakan di dapur, beli food processor (Philips/ philips.co.id)

Alat dapur modern yang multifungsi ini juga masuk daftar alat dapur yang bisa menjadi sarana investasi terbaik. Bicara alat elektronik dapur, Philips tetap jadi salah satu pilihan terbaik.

Di ranah food processor, ada Philips HR 7627 yang bisa dipilih. Daya listriknya cuma 650 watt dengan kapasitas 2,1 liter. Harganya sekitar Rp 800-900 ribuan.

Material food processor Philips aman untuk proses makanan karena sudah food grade. Alat masak ini punya 15 fungsi sekaligus, seperti mengaduk adonan kue, mengiris tebal-tipis, mencacah, mengocok, mencincang, dan bahkan bikin jus.

Bisa dibayangkan betapa banyaknya waktu yang bisa dihemat jika masak pakai food processor. Brand pesaing Philips adalah Panasonic MK-F800. Harganya kurang-lebih sama dengan Philips. Dibandingkan saja keduanya untuk memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan bujet.

5. Pisau tajam – Victorinox

alat dapur modern
Pisau Victorinox terkenal tajam. Gak perlu ngoyo kalau mau ngiris daging (Victorinox/ pinterest)

Pisau adalah alat dapur yang wajib dipunyai, meski sudah punya food processor. Selain buat masak, satu set pisau bisa bikin dapur tampak lebih cantik. Terlebih bila menggunakan pisau berkualitas seperti keluaran Victorinox.

Brand ini sudah terkenal memiliki produk pisau dan semacamnya yang tajam serta awet. Untuk pisau dapur, ada set cutlery block 9 pieces yang harganya sekitar Rp 2 juta. Lumayan, gak perlu beli satu per satu pisau. Blok kayunya yang cantik pun bisa memperindah interior dapur.

[Baca: 4 Tips Renovasi Dapur Murah Ini Bakal Bikin Kamu Makin Betah Masak]

Harga-harga untuk alat dapur modern di atas merupakan kisaran. Bisa jadi di luar sana lebih murah atau lebih mahal. Pastinya, setiap merek adalah merek berkualitas karena sudah banyak dibuktikan, termasuk oleh saya sendiri di rumah.

Namun, keputusan akhirnya kembali ke setiap pembaca. Mungkin kamu menemukan produk yang lebih baik, hajar saja.

Intinya adalah kelima alat dapur di atas sebaiknya gak dianggap remeh, karena bisa menjadi alat investasi di masa depan. Harga sedikit tinggi tak apa, asal kuat dan tahan lama. Itu baru namanya ibu cerdas.

Tags:

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com