Nih Usaha Sampingan Tanpa Modal Buat Karyawan Sibuk

by akbar 18.544 views0

usaha sampingan tanpa modal

Kerja makin sibuk tapi pendapatan nggak nambah-nambah, obatnya ya usaha sampingan tanpa modal. Usaha sampingan memang pas buat kamu yang punya resolusi sukses tahun 2017.

Kamu bisa lakuin ini di sela pekerjaan kamu. Atau ya pas weekend. Nggak apa-apalah selama usahanya fun ya nggak akan beban dong.

Di bawah ini adalah ide usaha sampingan tanpa modal yang bisa kamu geluti mulai dari sekarang. Apa aja sih…

1. Penulis

Punya keahlian nulis itu banyak manfaatnya, apalagi kalau memang sudah “hobi.” Penghasilan penulis itu bervariasi, semua tergantung dari kamu juga.

usaha sampingan tanpa modal
Nulis itu bukan asal ketak-ketik lho. Content writer itu membuat tulisan yang erat kaitannya dengan jurnalistik atau blog. Sedangkan copywriting lebih erat ke advertising (Tulisan writer/Cathyday)

Lowongan penulis freelance juga banyak sekali. Apalagi saat ini banyak perusahaan startup yang butuh penulis untuk content.

Menulis juga bisa dilakukan di sela kesibukan kamu, atau waktu makan siang. Asal jangan nulis pas meeting aja, nanti di-SP sama bos.

2. Konsultan medsos

Bisnis zaman sekarang pasti mengandalkan medsos. Nggak heran banyak lowongan kerja Digital Strategist, Digital Marketing, Social Media Specialist dan lain-lain.

Berbekal relasi dan pengetahuan, kamu bisa menawarkan jasa konsultasi medsos ke perusahaan atau organisasi yang membutuhkan. Kalau kamu berhasil dengan satu client, bisa jadi kamu direkrut jadi manager di perusahaan client kamu.

3. Graphic designer

Kamu lulusan Desain Grafis, tapi kerja jadi Asst Brand Manager. Udah pasti kerjaan kamu nggak lagi gambar-gambar dong. Hanya supervisi hasil desain yang dibuat tim atau bawahan kamu.

Apa kamu nggak khawatir skill gambar kamu berkurang karena udah nggak pernah main photoshop lagi? Kenapa nggak jadiin skill gambar kamu sebagai usaha sampingan.

Coba deh cari-cari job freelance di internet. Beberapa agency atau startup juga kadang sering pakai jasa desainer freelance kok.

4. Web designer

Punya keahlian di bidang tehnik dan artistik untuk pembuatan situs internet? Ini usaha sampingan tanpa modal yang pas buat kamu.

Pebisnis zaman sekarang umumnya butuh website untuk promosi. Nah kalau kamu oke di bidang ini, sudah pasti jasa kamu dibutuhkan.

5. Jual foto

Yang hobi atau punya skill fotografi, pilihan usaha sampingannya bisa jual foto hasil karya sendiri. Pas nggak sibuk, iseng-iseng deh hunting foto sembari cuci mata.

usaha sampingan tanpa modal
Daripada foto-fotonya numpuk bikin penuh hardisk doang, mending dijualin sebagian (kamera/Entrepreneurs)

Terus coba deh jual di Istockphoto.com, Shutterstock.com, Fotolia.com, StockFresh.com, Pixoto, Bigstock dan masih banyak lagi. Tentunya foto yang mereka terima yang berkualitas ya.

6. Penerjemah

Sama halnya kayak nulis, penerjemah juga nggak butuh modal duit. Modalnya ya cuma keahlian bahasa.

Google Translate bisa kamu jadikan tools buat bantu kamu nerjemahin kata per-kata. Tapi ya bahasa terjemahan Google itu nggak enak, kamu harus edit lagi ya.

7. Guru les privat

Jago main musik, fasih bahasa asing, atau kamu seorang jenius matematika? Mending weekend kamu manfaatin buat ngajar privat.

Kamu bisa atur biaya yang dibebankan ke client sesuai dengan jarak tempuh kamu ke rumah client atau yang lain. Jadi guru les itu bukan hanya ngehasilin uang. Ini juga memaksa kamu buat terus belajar lho.

8. Instruktur olahraga

Punya fisik kuat, sehat, dan bodi atletis. Coba aja jadi instruktur olahraga. Misalnya instruktur Zumba, Body Combat, Aerobic atau Muaythai juga boleh.

usaha sampingan tanpa modal
Kalau jadi instruktur olahraga, kamu mesti pinter atur jadwal istirahat juga. Kalau nggak istirahat, badan kamu jadi nggak sehat, mau ngajar juga kurang semangat. (Body combat/Freepik)

Cari client dari perusahaan. Komporin mereka buka kelas senam setelah jam ngantor. Atau pas weekend ngajar deh di gym. Badan sehat, dompet tebel.

Usaha sampingan tanpa modal itu banyak sekali. Tapi nggak banyak yang mau nyoba. Biasanya karena alasan udah nggak ada waktu, atau ya capek.

Satu tips yang bisa kamu terapkan adalah, kasih harga promo dulu ke calon client. Setelah mereka jadi client tetap, kasih harga tetap. Jangan pernah nurunin harga kamu kalau nggak mau pasaran turun.

Yuk dicoba. Semoga sukses ya!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Empat Ide Bisnis Sampingan Menghasilkan Lewat Gadget]

[Baca: 5 Usaha Sampingan Anak Muda Paling Populer di Indonesia dan Berapa Modal yang Dibutuhkan]

[Baca: Cara Mengelola Uang untuk Investasi buat yang Punya Gaji atau Sekedar Penghasilan Sampingan]

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com