Nih Peluang Usaha yang Menjanjikan, Untungnya Rp 188 Juta Setahun!

by akbar 985 views0

Peluang Usaha yang Menjanjikan

Sate tanpa bumbu kacang ini mulai nge-hits sejak awal 2017, apalagi yang ada di Senayan. Belum buka saja sudah banyak yang antri. Kalau nge-hits, berarti bisnis sate taichan ini bisa dibilang peluang usaha yang menjanjikan di masa depan dong?

Proses pembuatan sate taichan sendiri tergolong gak ribet, modalnya pun gak terlalu besar. Meski begitu, tantangannya tetap ada.

Salah satunya adalah penentuan lokasi usaha. Selain harus memilih tempat yang ramai, lokasinya juga harus outdoor karena proses pembuatan satenya harus dibakar dengan arang.

Bisa saja sih dibakar tanpa arang, tapi rasanya dijamin beda. Bahkan rasa satenya bisa hilang begitu saja.

Kalau kamu berminat untuk melakoni bisnis ini, penting banget buat tahu langkah-langkah yang diperlukan untuk memulainya. Kalau persiapannya udah optimal, baru deh kamu bisa buktiin apa benar bisnis sate taichan ini adalah peluang usaha yang menjanjikan.

Yuk langsung simak ulasannya!

1. Modal awal bisnis sate taichan

peluang usaha yang menjanjikan
Satenya gak pake sambel kacang, tapi kok bisa ueeeenak gini ya (Sate Taichan/Viva)

Sebagai pedagang sate, sudah pasti kamu membutuhkan banyak peralatan. Termasuk di dalamnya adalah tenda, mengingat bisnis kuliner yang satu ini termasuk golongan bisnis kaki lima. Berikut modal awal usahamu.

Peralatan

1. Panggangan arang besar: Rp 370.000

2. Kursi bakso ukuran 303: Rp 26.000 x 20 =  Rp 520.000

3. Meja lipat: Rp 200.000 x 5 = Rp 1.000.000

4. Etalase warteg: Rp 600.000

5. Piring melamin & sendok-garpu: Rp 510.000

6. Tenda terpal + rangka: Rp 650.000

Total peralatan : Rp 3.650.000

Tempat usaha

Akan lebih baik kalau tempat makan sate taichan ini ada di lahan milikmu, jadi gak perlu bayar sewa. Tapi seandainya kamu berniat mencari lahan baru yang lebih strategis, maka kamu bisa sewa lahan. Kecuali kalau kamu mau bikin ala food truck ya. Gak perlu lahan deh kalau gitu.

peluang usaha yang menjanjikan
Foodtruck sate taichan? Hemmm… boleh juga kayaknya (Foodtruck/Redbricktown)

[Baca: Nggak Punya Lahan? Coba Bisnis Food Truck dengan Modal di Bawah Rp 100 juta Yuk!]

Anggap saja kamu telah memilih lahan di pinggiran Jakarta dengan biaya sewa Rp 250.000. Ini cuma sewa lahan pinggir jalan ya. Kalau sewa kedai atau toko fisik sih ya pasti lebih mahal, bisa sampai Rp 3 juta sebulan.

Perkiraan biaya belanja bahan baku untuk sebulan

Dada ayam fillet: Rp 50.000 x 5kg x 30 hari = Rp 7.500.000

Jeruk nipis: Rp 24.000 x 2kg = Rp 48.000

Lontong: 1.000 x 40 buah x 30 hari =  Rp 1.200.000

Cabe rawit 1 kg (harga per Oktober 2017) = Rp 25.000

Cabe merah 1 kg (harga per Oktober 2017) = Rp 30.000

Bawang putih 1 kg  = Rp 22.000

Garam = Rp 45.000

Arang 1 kg  = Rp 12.000

Total bahan baku: Rp  8.882.000

Total modal awal: Rp 3.650.000 + Rp 250.000 + Rp 8.882.000 = Rp 12.782.000

2. Biaya operasional

peluang usaha yang menjanjikan
Rahasia sate taichan itu ada di bumbunya. Beda warung beda juga bumbunya (Sate taichan/Detik)

Semua usaha tentu ada biaya operasional dong. Biaya ini akan kamu keluarkan rutin setiap bulan. Kalau di bulan pertama kamu lihat bisnis sate taichanmu lumayan laris, maka selanjutnya kamu harus mikirin biaya operasional ini untuk bulan-bulan berikutnya.

[Baca: Gak Pengin Usahamu Kebobolan, Coba Mulai Mengurangi Biaya Operasional Bisnis Deh]

Apa aja yang ada dalam biaya operasional? Udah pasti ada listrik, sewa tempat, dan belanja bahan baku. Kalau kamu merasa butuh bantuan dalam melayani pelanggan, kamu juga bisa sisihkan bujet untuk bayar karyawan. Kira-kira, berikut ini rincian biaya operasionalmu tiap bulan:

Upah dua karyawan : Rp 25.000 x 1 orang = Rp 25.000 x 30 hari = Rp 900.000

Biaya belanja bahan baku: Rp  8.882.000

Sewa tempat: Rp 250.000

Listrik: Rp 60.000

Total biaya operasional: Rp 10.092.000

3. Analisa keuntungan

peluang usaha yang menjanjikan
Sundel Bolong aja doyan sate, berarti bisnisnya menjanjikan ini bos (Suzanna/Youtube)

Dengan perkiraan bahan baku di atas, maka dalam sehari kamu bisa membuat kurang lebih 40 porsi sate. Satu porsinya terdiri dari 10 tusuk, satu tusuknya ada empat potong daging ayam.

Misalnya, kamu menjual satu porsi sate taichan dengan harga Rp 20.000. Sementara untuk lontongnya kamu jual Rp 1.500 per buah. Anggaplah setiap hari kamu bisa jual 40 porsi sate taichan, lengkap dengan lontongnya.

Maka berikut ini perkiraan keuntungan yang bisa kamu dapat di bulan pertama

Penjualan sate taichan: Rp 20.000  x 40 porsi x 30 hari = Rp 24.000.000

Penjualan lontong: Rp 1.500 x 40 x 30 hari = Rp 1.800.000

Omzet per bulan: Rp 24.000.000 + Rp 1.800.000 = Rp 25.800.000

Laba bersih per bulan: Rp 25.800.000 – Rp 12.782.000 (modal awal) = Rp 13.018.000

So, kalau di bulan pertama kamu udah bisa jual 40 porsi sate per hari, maka modal awal kamu udah balik lho. Bahkan, kamu juga udah dapat profit Rp 13 jutaan.

Untuk bulan selanjutnya, proyeksi keuntungan kamu kira-kira begini:

Omzet – biaya operasional = Rp 25.800.000 – Rp 10.092.000 = Rp 15.708.000

Kalau setahun? Sampai Rp 188,5 juta! Wiih, pantes banget dibilang peluang usaha yang menjanjikan ya.

Ingat, perhitungan di atas hanyalah hitungan kasar yang didapat jika kamu bisa menjual 40 porsi sate dalam sehari ya. Makanya, rajin-rajin promosi bisnismu baik online maupun offline, supaya keuntungan pun maksimal.

Jadi, udah siap mencoba peluang usaha yang menjanjikan ini?

 

 

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com