Pengin Punya Taman Di Rumah Tanpa Menguras Kantong? Ini Caranya

by Tifanny 650 views0

Punya Taman Di Rumah (1)

Siapa sih yang gak mau punya rumah dengan suasana nyaman, sejuk dan asri? Pasti bakal betah deh di rumah. Pengin dong setelah penat beraktivitas pulang ke rumah yang bikin hati dan pikiran kita adem kayak minuman penyegar.

Buat wujudin semua khayalan itu salah satu caranya adalah dengan bikin taman kecil di halaman depan atau belakang rumah. Tergantung dari seberapa besar space yang dimiliki.

Oke, kalau sudah berencana bikin taman sederhana di rumah, sama artinya dengan siapin bujet dong. Gak mungkin minta tolong sama roro jonggrang atau gosok lampu ajaib langsung jadi kan.

Apa saja sih yang harus dipertimbangkan saat mau punya taman di rumah tanpa menguras kantong?

1. Lahan

Sebelum mulai bikin, lihat dulu sekeliling rumah kita deh. Kira-kira lahan atau space yang memungkinkan untuk dibuat taman itu seberapa luas.

Ukur dengan akurat uas lahan yang tersedia biar jelas nanti berapa bujet yang harus disiapin dan elemen apa saja yang bisa diletakkan. Kalau ternyata gak ada space yang cukup lebih baik juga jangan memaksakan.

Punya Taman Di Rumah 1
Lahan sempit juga bisa dimaksimalkan loh. (taman/blogspot)

2. Bujet

Langkah selanjutnya yang harus dipikirin sudah pasti soal bujetnya. Jelas dong gak bisa maksain kantong. Anggaran buat taman kecil jangan dipaksa jadi taman bunga 1 hektar.  

Cek kondisi keuangan dan kalkulasi dulu. Kira-kira bikin taman dan biaya perawatannya nanti bakal nambah beban pengeluaran kamu setiap bulan gak.

Loh, harus mikirin soal biaya perawatan juga ya? Ya iya dong! Kalau taman kecil yang diidamkan sudah terealisasi, kamu harus merogoh kocek lanjutan buat perawatannya secara berkala. Emangnya mau taman yang sudah menguras kantong jadi rusak sia-sia gak terawat.

3. Material

Oke, lahan sudah, bujet juga sudah nih, trus apa lagi dong? Ya mulai pikirin material atau elemen apa saja yang mau kamu mau bikin di taman itu. Semisal rumput, tanaman hias dan pohon-pohon buah seperti pohon jambu air, belimbing atau mangga.

Tentu saja material atau elemen ini berkaitan erat sama bujet yang kamu punya. Coba browsing dulu deh ide-ide taman yang bisa jadi inspirasi atau kamu contek. Gak hanya jenisnya, harganya pun bisa kamu cek.

Kalau sudah menentukan material atau elemennya, kamu juga jadi bisa mendapat kalkulasi nominal yang bakal dihabiskan. Nah pertimbangkan lagi, kalau ternyata masih kemahalan buat kantong kamu ya cari material lain dengan harga yang lebih ramah.

Punya Taman Di Rumah 2

4. Biaya Ekstra

Yang namanya taman, apalagi kalau kamu memilih untuk memenuhinya dengan tanaman hidup harus dirawat dong. Jangan cuma bisa semangat di awal bikin doang.

Perawatan seperti pupuk, disiram dan disiangi tuh harus rutin. Kalau gak punya banyak waktu, terpaksa harus menggunakan jasa tukang yang memang ahli dalam merawat tanaman.

Nah, tentunya harus keluar bujet lagi dong buat bayar jasanya. Plus buat semua pupuk pelengkap biar tanaman tumbuh subur.

Gimana kalau ternyata taman kamu cukup luas dan banyak ohon rindang? Semisal aja penebang pohon profesional, bisa mencapai Rp 600 ribu loh untuk tebang satu buah pohon besar.

Terkadang ada hal-hal yang gak bisa kita lakukan sendiri, apalagi kalau ternyata mau ada renovasi rumah atau pohon yang sudah tua dan bakal ambruk, bahaya kan kalau didiemin aja.

Hal-hal di luar rencana atau dugaan kayak gitu harus dipikirin juga loh. Cabutin rumput-rumput yang tumbuh liar juga. Lagi-lagi balik ke soal waktu dan tenaga. Sudah lelah sama kegiatan kerja bikin kita biasanya gak mau repot ngelakuin hal-hal yang sifatnya melelahkan kayak gitu. Paling gak bujet buat bayar jasa tukang kebun Rp 150 ribu sehari.

Mungkin kalau cuma untuk menyiangi tanaman hias kita masih bisa ya, atau minta tolong sama orang rumah untuk ngelakuin hal tersebut.

So, saat kamu berpikir untuk punya taman atau kebun asri di rumah jangan hanya mikir enaknya saja ya. Gak mau dong taman atau kebun yang awalnya untuk mempercantik hunian malah berujung jadi lahan yang malah merusak pemandangan gara-gara terabaikan gak terawat.

 

Yang terkait artikel ini:

Mau Renovasi Rumah Tapi Gak Punya Duit Cash? Pakai 5 Cara Renovasi Rumah Ini

Segudang Info Tentang Renovasi dan Pembangunan Rumah Ada di Sini

Kredit Multiguna atau Kredit Renovasi Rumah: Yang Mana Bisa Jadi Solusi Dana Renovasi Rumah?

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com