Perencanaan Keuangan Masa Depan Itu Penting Kalau Gak Mau Tujuan Hidup Hanya Angan-angan Semu

by DuitPintar 1.329 views1

perencanaan keuangan masa depan

Artikel Ini adalah Hasil Kerjasama DuitPintar.com dan Mitra Perencana Keuangan

Kami,Finansialku.com

 

logo finansialku

 

Hidup harus punya tujuan, oke, ini semua orang sudah tahu dong termasuk kamu. Tapi kalau hanya memiliki tujuan yang gak dibarengi dengan rencana keuangan ya bakalan sia-sia aja bro! Dengan kata lain, perencanaan keuangan masa depan merupakan kendaraan untuk mencapai tujuan keuangan kamu.

 

Coba tanya ke diri kamu sendiri deh, apa sih sebenarnya tujuan keuangan yang ingin banget kamu wujudkan dalam waktu dekat ini? Semisal, kamu sudah lama ingin membeli sebuah apartemen yang gak terlalu mewah tapi nyaman untuk ditinggali. Mungkin selama ini kamu mulai jenuh tinggal dengan orang tua atau ngekost.

 

[Baca: 5 Cara Memaksimalkan Keuangan Buat yang Niat Mewujudkan Rencana Masa Depannya]

 

 

Pasti masih banyak lagi keinginan lain yang ada di benak kamu. Jangan jadi orang dewasa yang cuek dan kelewat acuh dengan tujuan keuangan masa depan ya. Gimana caranya? Gak bisa dengan hanya diam saja. Mulai bikin perencanaan keuangan masa depan untuk mencapai tujuan keuangan kamu tadi.

 

Perencanaan Keuangan

 

Mungkin ada di antara kamu yang belum terlalu memahami apa itu perencanaan keuangan. Pertanyaan lain yang muncul tentang perencanaan keuangan itu seperti:

 

– Apakah saya membutuhkannya?

– Apa saja sih isi dari perencanaan keuangan itu?

– Bagaimana cara membuat rencana keuangan itu sendiri?

 

Simak baik-baik ya, rencana keuangan yang dimaksud di sini dibagi menjadi dua:

 

1. Perencanaan keuangan individu / pribadi

2. Perencanaan keuangan keluarga

 

perencanaan keuangan masa depan

Membuat rencana keuangan emang harus rajin dan teliti ya, jangan hanya diangan-angan tapi dicatat masbro!

 

Setiap orang pasti berkeinginan meningkatkan kondisi keuangan saat ini menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Inilah yang disebut dengan menetapkan tujuan keuangan. Masukkan semua langkah dan hal-hal yang sekiranya kamu butuhkan untuk mewujudkan tujuan keuangan kamu.

 

[Baca: Memang Seru Bikin Resolusi Keuangan Tahun Baru tapi Apa Yakin Bisa Terealisas]

 

 

Semisal, tujuan jangka pendek untuk memiliki apartemen tadi, berarti rencana yang harus kamu siapkan bisa berupa tabungan atau investasi.

 

Contoh lain, untuk para orang tua yang bertujuan memberi pendidikan terbaik bagi anak-anaknya sedari dini. Seperti kita ketahui bahwa biaya pendidikan selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya dan terpengaruh inflasi.

 

Semisal, biaya untuk kuliah saat ini, tahun 2016, sebesar Rp 150.000.000. Sementara anak saat ini masih berusia 10 tahun. Ini berarti orang tua masih memiliki waktu 8 tahun lagi sebelum masuk ke perguruan tinggi kan?

 

Dalam rencana keuangan tersebut elemen yang harus dipersiapkan adalah:

– Mencari informasi berbagai perguruan tinggi lengkap dengan biaya

– Berapa biaya kuliah yang kira-kira harus disiapkan

– Memilih produk tabungan atau investasi yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan.

– Berapa jumlah uang yang harus disisihkan untuk ditabung atau diinvestasikan setiap bulannya.

 

[Baca: Ini Daftar Bank yang Menyediakan Produk Simpel Sarana Pendidikan Keuangan Sejak Dini]

 

 

perencanaan keuangan masa depan

Punya impian sekolahin anak hingga perguruan tinggi itu bagus, tapi harus dibarengi dengan rencana keuangan yang ciamik juga ya.

 

 

Nah, semua pertanyaan tersebut akan bisa terjawab di dalam rencana keuangan.

 

Ingat ya, memiliki sebuah rencana keuangan juga bukanlah jaminan bahwa tujuan kamu pasti terwujud. Siapa yang tahu hari esok sih? Gak ada kan selain Tuhan.

 

Setidaknya, dengan membuat rencana keuangan, tujuan keuangan yang kamu pandang jauh di depan bisa semakin dekat dan gak hanya angan belaka.

 

 

So, kalau kamu masih bertanya, kapan waktu yang tepat untuk memiliki rencana keuangan? Jawabannya ya sekarang juga!

 

 

 

Image Credit:

  • http://cdn.bisnisukm.com/2013/07/keuangan-usaha1.jpg
  • http://www.gayahidupku.com/wp-content/uploads/2015/06/asuransi-pendidikan-web.jpg

Masih banyak lagi dari duitpintar.com