Perlu Tidak Wedding Organizer? Simak Untung Ruginya

by DuitPintar 4.502 views0

perlu tidak wedding organizer

Wedding organizer sering dipilih calon pengantin yang merasa gak mungkin merancang resepsi pernikahan sendiri. Itu wajar aja. Bisa jadi calon suami-istri itu sama-sama sibuk cari duit, jadi gak ada waktu buat bikin rencana ini-itu.

 

Memang, kalau lewat wedding organizer, acara bisa lebih praktis. Kita gak perlu repot nyiapin susunan acara dari A sampai Z. Tinggal bayar, tahu beres.

 

Tapi, sebelum memutuskan perlu tidak pakai wedding organizer alias WO, hitung dulu untung ruginya. Sebab, bukan gak mungkin pakai WO malah bikin kita kayak udah jatuh tertimpa tangga. Bujet jebol, sementara resepsi rancangan mereka acak-adut!

 

Gak mau kan, udah ngeluarin duit banyak tapi peristiwa sakral itu gak berkesan? Yang lebih parah, udah gak berkesan, rugi bandar lagi.

 

Awas “Penipuan”

Buat pasangan yang mau menikah, bujet adalah segalanya. Wedding organizer biasanya punya dua pilihan yang akan ditawarkan dalam hal bujet:

 

1. Calon pengantin mengajukan bujet, lalu WO bikin paket yang pas ama bujet itu

2. Calon pengantin memilih paket yang sudah disediakan WO

 

[Baca: Contekan Lengkap buat yang Nyari Wedding Murah di Jakarta dengan Bujet Rp 75 Juta]

 

 

perlu tidak wedding organizer

Buat yang lagi nyari jasa Wedding Organizer musti ekstra hati-hati ya, jangan tertipu dengan tampilan luar yang meyakinkan, cek dulu kebenarannya. 

 

 

Dua pilihan itu sama-sama menguntungkan buat calon pengantin. Tinggal mana yang sesuai dengan keinginan.

Tapi, ada yang perlu diingat. Jangan sampai biaya yang kita keluarkan gak sepadan dengan isi paket tersebut.

 

[Baca: Hemat Biaya Pernikahan Bukan Berarti Irit-irit Pengeluaran]

 

 

Salah satu cara buat mastiin harga paket itu worth it alias pas dengan yang kita dapat adalah membandingkan dengan penawaran WO lainnya. Namun bukan berarti bobot paket dari tiap-tiap WO itu sama.

 

Contohnya, bisa saja WO Asmara Abadi menetapkan harga paket yang lebih mahal daripada yang ditawarkan WO Lovely Couple. Padahal isi paket itu persis plek, misalnya termasuk dekorasi bunga warna-warni.

 

Selidik punya selidik, ternyata kualitas paket WO Asmara Abadi lebih tinggi. Bunga yang mereka pakai fresh dan banyak, sementara bunga WO Lovely Couple menjelang layu dan seiprit.

 

Pada saat inilah kita perlu mewaspadai “penipuan” yang dilakukan WO. “Penipuan” ini sebenarnya adalah strategi marketing.

 

Yang namanya pebisnis pastinya pengin cari untung sebesar-besarya, lumrah. Kita sebagai konsumen hanya perlu lebih berhati-hati saat mendapat penawaran.

 

 

Sortir WO

Pada saat inilah kita kudu menyortir WO untuk mendapatkan penawaran terbaik. Ada dua tips yang bisa dipraktekkan:

 

perlu tidak wedding organizer

Selektif soal jasa Wedding Organizer gak salah kok, daripada menyesal dan uang yang dikeluarkan sia-sia, iya kan!

1. Minta rekomendasi

Tanyalah kepada keluarga, kerabat, atau teman yang pernah memakai WO tertentu dan hasil kerjanya bagus. Kalau bisa, dapatkan lebih dari satu rekomendasi agar pilihan lebih banyak.

 

Perlu diingat, WO yang bagus untuk orang lain belum tentu pas buat kita. Jadi, rekomendasi ini gak bisa langsung diamini. Kita tetep mesti intip sendiri sekeren apa sih WO yang direkomendasikan ini?

 

2. Jadi “detektif”

Kalau udah ada rekomendasi, saatnya jadi “detektif”. Kita cek sendiri kualitas WO itu. Pertama-tama, pakai Internet buat menyelidiki seluk-beluk WO.

 

Mungkin ada yang pernah punya pengalaman buruk pakai WO tersebut terus nulis di blog sehingga bisa dibaca semua orang. Siapa tahu?

 

Setelah udah ada satu pilihan, saatnya terjun langsung ke lapangan. Temui koordinator WO itu dan nyatakan keinginan kita. Kalau mereka sanggup memenuhi keinginan itu, teken kontrak sudah.

 

Yakin Pakai WO?

Seperti disebutkan di atas, kalau salah pilih WO, bisa-bisa kita malah rugi. Jadi, pikir ulang. Apa bener kita sesibuk itu sampai-sampai gak sempet bikin rencana sendiri? Kita sendiri yang bisa nentuin perlu tidak wedding organizer dipakai.

 

Kalau memang bisa meluangkan waktu, gak apa-apa sedikit repot. Toh, ini pesta buat kita. Yang tahu apa yang diinginkan ya pastinya cuma kita, tak peduli seterkenal apa pun WO itu.

 

Apalagi kalau bujet yang kita punya gak sesuai dengan paket yang ditawarkan WO alias mepet. Selain bisa membuat pesta sesuai dengan keinginan, kita dapat menghemat pengeluaran.

 

 

perlu tidak wedding organizer

 

Sesibuk apapun usahain deh milih sendiri jasa WO yang mau kita pakai, kumpulin informasi sebanyak mungkin kalo gak mau rugi di kemudian hari. 

 

 

Sisa duit bisa dipakai buat hal lain, deh. Misalnya honeymoon ke Bali. Atau ditabung buat masa depan keluarga.

 

[Baca: Melihat Pentingnya Asuransi bagi Masa Depan Keuangan Anda]
Namun jika memang bener gak ada waktu, tak apa pakai jasa WO. Yang penting, WO yang kita pilih sesuai dengan bujet dan betul-betul yang terbaik. Bukan kelihatannya doang baik.

 

 

 

Image Credit :

  • http://2.bp.blogspot.com/-2LAVApRXddE/U8vbqT1TYJI/AAAAAAAAA2o/7UfBt8Al9t8/s1600/wedding+organizer+rina+gunawan
  • http://epizzod.com/wp-content/uploads/2014/10/general-ideas-best-wedding-planner-salary-houston-outstanding-wedding-sites-awesome-pictures-of-wedding-planning-design-ideas-wedding-ideas-wedding-website-wedding-locations-wedding.jpg
  • http://3.bp.blogspot.com/-t61OpNvjPqY/U8vcRJuIs-I/AAAAAAAAA2w/H-15gzpPyfk/s1600/wedding+organizer+rina+gunawan,harga+wedding+organizer+jakarta,wedding+organizer+jakarta+murah,ja.jpg

Masih banyak lagi dari duitpintar.com