Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Beli Cincin Tunangan

by Tifanny 963 views0

beli cincin tunangan

investasi dengan modal Rp 1,5 juta

Pernah dengar pepatah “Diamond is a woman’s bestfriend”, kan? Eits, bukan berarti rela jor-joran keluar uang demi cincin tunangan ya. Jadi, idealnya sih yang sesuai dengan kemampuan finansial aja bro! Toh, cincin tunangan hanya simbol pengikat hubungan.

Biar gak galau, resah, dan gelisah, simak dulu nih cara menentukan biaya untuk sebuah cincin tunangan.

1. Tentukan bujet sesuai kemampuan finansial

Setiap orang atau pasangan pasti punya pemikiran yang berbeda soal bujet cincin tunangan. Sebaiknya jangan mengikuti kata orang bahwa cincin tunangan harus terbuat dari ini-itu yang harganya bisa 2-3 kali gaji kita sebulan.

beli cincin tunangan
Meski budgetnya sedikit tapi jangan beli cincin yang kaya gini juga ya (Cincin Seram / weirdotoys)

Tentuin aja berapa yang kamu sanggup keluarkan untuk keperluan ini. Ingat, kalau ini hanya benda mati loh, bukan investasi. Pikirkan dengan saksama dan bijaksana karena kita masih punya kebutuhan lain yang lebih penting.

Coba kalkulasi pendapatan sebulan, dan berapa yang bisa disisihkan setiap bulannya untuk membeli cincin tunangan. Kalau sanggupnya beli cincin tunangan yang Rp 3 juta, ya jangan memaksakan untuk membayar lebih dari itu.

2. Gak mahal bisa punya nilai berharga juga kok

Oke, cincin tunangan pastinya punya makna tersendiri: sebuah simbol yang menandai awal perjalanan kita dan pasangan menuju jenjang selanjutnya.  

Jadi, yang dicari adalah cincin yang berharga dalam segi makna, bukan seberapa mahal harganya. Semisal, kita memaksakan membeli cincin tunangan dengan batu berlian mahal, dan menghabiskan 3 bulan gaji, pasti pasangan kita malah jadi bete. Mau makan apa bro 3 bulan ke depan?

beli cincin tunangan
Tunangan itu yang penting bukan cuma cincin, tapi maknanya bro! (Bergandengan / askmen)

Cincin yang memiliki makna mungkin lebih penting. Seperti contohnya jika kita memberikan cincin warisan turun temurun dari keluarga, atau cincin sederhana namun dirancang secara khusus bagi pasangan kita.

3. Jangan meminjam uang demi membeli cincin tunangan

Kalau realitanya sangat sulit menyisihkan sebagian gaji untuk membeli cincin dengan tabungan, lalu bagaimana? Apakah harus bela-belain pinjam uang demi sebuah cincin tunangan yang spektakuler?

Jangan pernah mengambil opsi meminjam uang demi memiliki cincin tunangan yang cetar. Emangnya mau saat sudah menikah nanti, dibebani bayang-bayang utang? Sementara kebutuhan sebuah keluarga baru sudah menanti.  

Bagaimana cara berhemat dalam membeli cincin tunangan?

Jika memang ingin membeli cincin tunangan dengan unsur berlian namun tetap hemat, coba deh cari beberapa alternatif.

Alternatif pertama adalah dengan membandingkan beberapa merek yang kita inginkan dari beberapa tempat. Harga pada satu tempat dan tempat lain bisa berbeda hingga 40% loh!

beli cincin tunangaan
Cek toko sebelah ya untuk mendapatkan harga yang terbaik (Toko Perhiasan / blogspot)

Yang kedua adalah cek spesifikasi cincin yang ingin kita beli. Cincin berlian memiliki banyak faktor yang dapat mempengaruhi harganya, seperti:

– Warna dari berlian (semakin jernih atau gak berwarna berlian tersebut, maka harganya semakin mahal)

– Jenis potongan berlian (semakin unik dan akurat potongan berlian maka semakin mahal harganya)

– Seberapa besar karat berlian (semakin besar karat berlian maka semakin mahal)

– Kejernihan berlian (semakin jernih berlian maka semakin mahal)

Gimana nih, sudah gak bingung lagi menentukan bujet untuk cincin tunangan nanti kan? Perkirakan saja berapa banyak uang yang dapat dialokasikan, dan menurut kita pantas untuk diterima oleh pasangan. Diskusikan dengan pasangan ya, apalagi kalau cincin tunangan dibeli dengan uang berdua.

Jadikanlah momen pertunangan sebagai sebuah memori berharga, di mana kita dan pasangan memulai perjalanan pernikahan, bukan sebagai akhir hubungan. Hindari lilitan utang saat memulai membangun keluarga nanti.

Tentukan bujet cincin tunangan sesuai kebutuhan dan kemampuan kita, dan jangan biarkan orang lain mempengaruhi. Karena yang akan menanggung risiko keputusan adalah kita bersama dengan pasangan nantinya, bukan orang lain.

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com