Pikir Dua Kali Kalau Mau Beliin Anak Gadget! Ini 6 Pengaruh Buruk Gadget Buat Kesehatan Anak

by Tifanny 338 views0

pengaruh buruk gadget

Zaman sekarang, udah jadi pemandangan wajar kalau kita lihat anak-anak usia dini, atau bahkan balita yang piawai bermain gadget.

Yup, anak zaman sekarang disebut generasi Z. Sejak usia dini mereka sudah familiar dengan gadget dan Internet atau biasa disebut digital native.

Eits, walau fenomena ini sudah jadi sesuatu yang lazim, bukan berarti kita harus langsung menerimanya tanpa rasa skeptis. Sebab, meskipun gadget memiliki banyak manfaat, faktanya perangkat elektronik ini juga menyimpan dampak buruk buat kesehatan si kecil lho.

Apa aja dampak buruk itu? Yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Bahaya radiasi terhadap penglihatan dan otak

Mata adalah jendela dunia, jadi tentu saja harus dijaga sebaik mungkin. Tapi tahu sendiri kan kalau sudah menatap layar gadget, jangankan anak-anak, orang dewasa seperti kita pun sering jadi lupa waktu.

pengaruh buruk gadget
Gadget mending dipakai papa atau mamanya aja deh (anak pegang gadget/observer)

Padahal di sini ada risiko bahaya paparan radiasi lho dari sinar LCD yang terlalu terang. Ditambah lagi, menatap layar gadget dengan jarak yang terlalu dekat beresiko menurunkan kemampuan indera penglihatan. Sering lihat anak-anak kecil yang sudah pakai kacamata minus kan?

Selain itu, radiasi gelombang elektromagnetik yang keluar dari gadget, berpotensi mengakibatkan gangguan terhadap perkembangan otak dan sistem imun anak lho.

2. Postur tubuh buruk

Coba perhatikan deh saat anak-anak kita sedang asyik bermain dengan gadget-nya. Posisi kepala mereka akan condong ke depan, dan ini meningkatkan beban pada tulang belakang serta tulang punggung.

Hasilnya, kepala dan leher harus bekerja lebih keras menopang. Dampaknya adalah rasa sakit di punggung, pundak, dan leher.

Awalnya mungkin anak-anak hanya akan mengeluh karena rasa gak nyaman di bagian leher dan bahu. Tapi saat sudah terlalu sering main gadget, bukan gak mungkin kepala sering pusing dan tubuh mudah lelah.

Postur tubuh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan sangat rentan, jadi besar kemungkinannya mereka jadi bungkuk ketika terlalu sering main gadget.  

3. Merusak pendengaran

Selain indera penglihatan, indera pendengaran anak-anak juga bisa terpengaruh saat volume gadget yang mereka mainkan terlampau keras dan didengarkan dalam waktu yang lama.

pengaruh buruk gadget
Jangan pernah kasih gadget hanya karena biar dia gak rewel. Itu salah besar (anak kecil/Family Health naturally)

Kita sebagai orangtua wajib memastikan bahwa saat anak bermain dengan gadget, volumenya tidak berlebihan. Apalagi jika anak menggunakan earphone atau headphone.

4. Daya tahan tubuh menurun

Waktu bermain gadget yang berlebihan bisa mengganggu waktu istirahat anak-anak. Misalnya, anak jadi gak mau tidur siang atau menunda waktu tidur di malam hari karena masih asyik main games. Jika dibiarkan terus-menerus, ini bisa bikin kualitas istirahat anak menurun.

Akibatnya anak jadi terlihat loyo, gak bertenaga, dan kurang bersemangat saat beraktivitas.

Selain bikin anak jadi seperti gak punya energi, kualitas istirahat yang menurun akan mengganggu daya tahan tubuh anak. Mereka jadi lebih rentan terserang beragam penyakit.

5. Mengganggu proses perkembangan

Membebaskan anak-anak bermain gadget akan membuat mereka jadi kecanduan dan gak bisa lepas dari barang ini. Dampak negatifnya adalah perkembangan fisik dan motorik anak bakal terganggu.

Kok bisa? Karena gak lepas dari gadget, buah hati kita mungkin bisa lupa atau malas makan. Selain itu, aktivitas main gadget bisa membuat mereka malas bergerak, sehingga bisa menghambat proses pertumbuhan.

pengaruh buruk gadget
Kalau sudah malas, ada risiko dia bisa jadi kegemukan lho (malas/1life)

Dampak lain dari anak-anak yang jadi malas bergerak adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Lemak tubuh bisa menumpuk dan akibatnya bisa mempercepat kenaikan berat badan secara berlebihan.

6. Memicu penyakit mental

Gak hanya memicu gangguan kesehatan fisik, namun kecanduan gadget yang gak segera disadari dan diatasi bisa memicu penyakit mental juga lho! Mulai dari depresi, gangguan bipolar, dan autisme.

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap orangtua untuk merawat, menjaga, dan mendidik sang buah hati sebaik-baiknya. Hal ini terutama ketika anak masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan. Mereka belum paham benar apa yang baik dan buruk bagi dirinya sendiri.

Membelikan anak gadget bukan hal yang salah, selama tujuannya adalah untuk menghibur dan membuka wawasan si kecil.

Tapi ingat untuk memberikan aturan main yang ketat bagi anak selama menggunakannya. Karena pada akhirnya, yang menentukan bermanfaat atau tidaknya suatu barang tetap saja adalah kebijakan manusia yang menggunakannya. Jadi, tetap kontrol dan monitor aktivitas anakmu bermain gadget ya!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Trik Bermain Bersama Anak Tanpa Menguras Kantong]

[Baca: 7 Pengeluaran Besar yang Tak Terduga Saat Kamu Punya Anak]

[Baca: 4 Kebiasaan Anak yang Harus Diterapkan Sejak Dini Supaya Sukses Keuangan dan Karier]

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com