Pinjam Uang Online Makin Marak, Ini 4 Cara Biar Gak Gampang Terlilit Utang Bank

by Hardian 481 views0

Pinjam Uang Online

Berkat kemajuan zaman, pinjam uang online makin gampang. Walhasil, makin banyak orang yang tertarik cari pinjaman via dunia maya ini.

Hal ini sepatutnya disyukuri. Sebab, orang yang lagi butuh duit pinjaman bisa dengan mudah mendapat bantuan.

Namun, di sisi lain, risiko utang menumpuk makin besar. Kemudahan itu bisa disalahgunakan dengan mencari utang lagi dan lagi tanpa memikirkan cara melunasinya.

Ngajuin utang itu bukan cuma perkara gampang atau susah, tapi juga soal kemampuan bayarnya. Makanya, gak bisa sembarangan cari utangan.  Biar gak terlilit utang, pertimbangkan empat hal ini sebelum pinjam uang online:

1. Maksimal 30 persen

Ada rumus baku yang sering jadi pedoman rencana keuangan dan direkomendasikan konsultan finansial, yaitu maksimal cicilan utang per bulan adalah 30 persen dari penghasilan. Itulah batas aman yang direkomendasikan.

pinjam uang online
Boleh saja, asal jumlah yang kamu pinjam gak melebihi 30 persen dari total penghasilan perbulanmu (pinjam dana/loan tap)

Misalnya penghasilan Rp 10 juta, berarti paling banyak cicilan utang per bulan adalah Rp 3 juta. Pihak bank atau penyedia jasa pinjaman resmi lainnya pun umumnya memegang rumus ini.

Jadi, ketika mengajukan pinjaman dengan rasio utang berlebih, bisa dipastikan akan ditolak. Tapi kalau pinjamnya ke pihak non-resmi atau bahkan rentenir, mereka gak ambil pusing soal rasio. Yang penting mereka dapet nasabah dan pemasukan dari pinjaman yang diberikan.

2. Bunga

Saat hendak pinjam uang online, jangan lupa bandingkan bunga yang ditawarkan. Kemudahan pinjam uang online dibarengi dengan kemudahan mencari informasi sejelas-jelasnya tentang pinjaman tersebut.

Jangan sampai malas membandingkan setiap penawaran yang menarik. Biasanya bunga antar-penyedia pinjaman amat bersaing. Namun jika mencari dana ke rentenir, siap-siap dapat bunga mencekik.

pinjam uang online
Perhatikan juga tingkat suku bunganya. Jangan tergoda sama yang bisa cair dengan cepat tapi bunganya tinggi (receh/wishfin)

Memang, umumnya proses pinjam uang di mereka lebih mudah. Namun mereka gak beroperasi sesuai dengan ketentuan lantaran gak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, sehingga bisa asal saja menetapkan bunga.

3. Tenor

Tenor alias jangka waktu pelunasan pinjaman juga mesti dipikirkan dengan matang. Makin lama tenor, makin lama beban bayar cicilan yang mesti ditanggung. Namun jumlah cicilan lebih kecil.

Sebaliknya, tenor pendek berarti beban pinjaman lebih cepat terangkat. Tapi cicilan bakal lebih besar. Karena itu, sesuaikan tenor dengan kemampuan bayar.

Sebaiknya sih cari tenor pendek agar risiko gagal bayar lebih rendah. Namun itu artinya ada dana yang mencukupi untuk bayar cicilan tiap bulan. Gak ada gunanya jika tenor pendek tapi ngos-ngosan memenuhi kebutuhan hidup, bahkan sampai nambah utang.

4. Sesuaikan dengan kebutuhan

Kalo butuhnya cuma 5 juta, ya gak usah pinjam 10 juta. Gak peduli betapa mudahnya pinjaman itu cair, tetap sesuaikan dengan kebutuhan.

Bedakan juga kebutuhan dengan keinginan. Kalau butuh duit buat liburan misalnya, ya sebaiknya nabung aja dulu. Mengongkosi liburan dengan cara ngutang bukanlah keputusan bijak.

pinjam uang online
Ketika mau pinjam uang, prioritaskan untuk memanfaatkannya buat hal yang kamu butuhkan (butuh atau ingin/the writers guru)

Ngutang di sini bukan termasuk bayar tiket pesawat dengan kartu kredit ya. Memang, saat bayar tiket itu kita gak langsung memberikan dana. Namun kartu kredit bukanlah alat utang, melainkan alat transaksi.

Berutang adalah hal wajar dalam kehidupan keuangan. Apalagi jika utang untuk keperluan produktif, misalnya nambah modal usaha.

Hampir semua perusahaan sukses pernah hidup dari utang kok. Tapi keputusan berutang harus diambil secara bijak.

Semestinya sudah ada di pikiran bagaimana cara melunasi utang tersebut. Dengan menghitung pemasukan, misalnya.

Intinya, jangan pernah pinjam uang jika gak tahu cara membayar angsuran hingga lunas. Jangan sampai tergoda mudahnya pinjam uang online yang memang menggiurkan.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Ini Dia Cara Gampang dan Cepat Dapetin Pinjaman]

[Baca: Kartu Kredit atau Kartu Debit: “Kartu Utang Kok Dibanggain, Pakai Duit Sendiri Dong]

[Baca: Awas! Jebakan Pinjaman Rentenir Online, Jangan Cuma Asal Cepat Cair Saja]

[Baca: Tanpa Jaminan Bisa Dapat Pinjaman Ratusan Juta Rupiah, Gimana Caranya?]

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com