Prioritaskan Uang THR-mu untuk 5 Kebutuhan Ini!

by Hardian 1.824 views0

Prioritaskan Uang THR-mu

Pada masa Ramadan ini, pasti bukan cuma Lebaran yang dinanti. Tapi juga THR alias tunjangan hari raya. Betul kan?

Buat pegawai sipil, ada gaji ke-13. Bahkan gaji ke-14! Senang dong dapat duit bertubi-tubi.

Tapi seperti kata Paman Ben dalam film Spiderman, “Makin besar kekuatan, makin besar pula tanggung jawab yang dipikul.” Kutipan bijak ini pas banget menjelang datangnya THR tiap tahun.

Ketika uang yang dipegang bertambah, otomatis bertambah pula tanggung jawab kita buat mengelolanya dengan baik. Kalau gak, bisa-bisa uang THR hanya numpang lewat.

prioritaskan uang thr-mu
Jangan sampai uang THR numpang lewat doang (uang/Papasemar)

Karena itulah semestinya kita menyiapkan rencana memanfaatkan THR sejak jauh hari. Uang THR pasti sangat berguna buat memenuhi kebutuhan selama Ramadan lantaran harga-harga cenderung naik.

Kebutuhan itu mesti diprioritaskan. Selain itu, ada beberapa prioritas lain yang disarankan dipenuhi dari uang THR. Berikut ini di antaranya:

1. Tabungan

Terutama buat yang sebelum-sebelumnya susah nabung, inilah kesempatan emas. Uang THR bisa ditabung langsung begitu masuk.

Tapi tentu gak semuanya. Paling gak 50 persenlah masuk rekening. Sisanya dipakai buat memenuhi kebutuhan lain yang juga penting.

2. Nambah dana darurat

Sudah punya pos dana darurat? Uang THR bisa ditambahkan ke sana biar makin menumpuk. Dana darurat penting terutama ketika terjadi situasi yang gawat sehingga perlu keputusan finansial segera.

Misalnya ketika ada anggota keluarga kecelakaan dan perlu dioperasi segera. Punya asuransi, tapi harus lewat birokrasi dulu untuk mengurusnya. Padahal rumah sakit perlu meminta dana jaminan segera untuk bisa melakukan operasi.

prioritaskan uang thr-mu
Dijadikan dana darurat juga boleh (darurat/US News)

Nah, dana darurat bisa dipakai buat menalangi. Bila saat ini belum punya, uang THR bisa dijadikan pembuka jalan untuk kebutuhan tersebut.

3. Tanam duit

Bukan hanya cabai yang bisa ditanam. Duit juga bisa. Uang THR bisa kita alokasikan untuk tanam duit alias investasi.

Bila masih newbie alias baru dalam soal investasi, coba cari celah yang enak dulu. Pilih investasi yang relatif mudah meski imbal hasil terbatas, misalnya deposito. Atau bisa juga pilih reksa dana.

Toh, kalau investasi reksa dana ada perusahaan manajer investasi yang siap memberikan bantuan. Jika sudah sadar investasi, pakai deh uang THR buat top up jangka pendek.

Misalnya nambah lembar saham di sektor retail atau barang konsumsi. Umumnya, menjelang Lebaran, sektor ini mengalami kenaikan yang lumayan ketimbang biasanya.

4. Mudiiik

Lebaran gak cuma identik dengan uang THR, tapi juga tradisi mudik. Ini terutama berlaku buat para perantau di kota-kota besar.

Mulai H-7, orang-orang sudah mulai mudik ke kampung halaman. Nah, boleh deh duit THR dipakai sebagian buat kebutuhan mudik, termasuk transportasi dan biaya hidup selama di kampung.

Kebutuhan ini tetap harus diatur dengan bujet ya. Bukan seluruh duit THR langsung dihabiskan buat kebutuhan mudik.

5. Amplop Lebaran

Saran terakhir, segera ambil beberapa lembar duit THR lalu tukar dengan pecahan lebih kecil di bank. Atau mau penukaran uang Lebaran di pinggir jalan bisa saja kalau gak mau antre panjang di bank, asal waspada terhadap uang palsu dan siap bayar jasa si penyedia pecahan.

prioritaskan uang thr-mu
Pecah saja uangnya masukin amplop dan bagikan ke keponakan atau saudara yang masih kecil. jangan lupa juga, setelah dikasih ingatkan mereka untuk rajin nabung (amplop THR/Liputan 6)

Amplop Lebaran buat handai-taulan bisa diisi dengan uang THR. Sesuaikan nominal dengan usia si penerima. Misalnya buat keponakan yang umurnya baru empat tahun, ya gak perlu dikasih Rp 100 ribu. Nanti yang seneng malah emaknya.

Uang THR mesti disyukuri, dan tentu saja dimanfaatkan. Meski godaan untuk beli ini-itu tinggi setelah menerima uang senilai gaji sebulan itu, kita mesti tahan banting.

Lagian inti puasa bukan hanya mengendalikan nafsu makan. Nafsu lain juga mesti dikontrol, termasuk dorongan berperilaku konsumtif. Yuk, manfaatkan uang THR sesuai dengan prioritas masing-masing.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Curhat Duit Tips Mengelola Dana THR Buat Pas Mudik di Kampung Biar Gak Amsyong]

[Baca: Baru Mau Mulai Investasi Reksa Dana? Ini 5 Hal yang Wajib Diperhatikan]

[Baca: Gak Cuma di Tabungan, Dana Darurat Juga Bisa Disimpan di…]

[Baca: 10 Cara Menabung Rp 50-100 Ribu per Hari]

 

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com