Produk Ini Ada buat Menyempurnakan Asuransi Kesehatan Keluarga

by DuitPintar 629 views0

asuransi kesehatan keluarga

Semakin lama semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya asuransi kesehatan. Kamu termasuk di antaranya? Baguslah….

 

Tapi, harus diketahui, produk asuransi kesehatan tiap-tiap perusahaan berbeda. Bahkan ada produk turunan asuransi kesehatan yang bakal sangat berguna untuk menyempurnakan asuransi kesehatan keluarga.

 

Produk itu bernama asuransi hospital cash plan. Apa itu hospital cash plan? Mari kita bedah bersama-sama layanan ini.

 

[Baca: Infographic: Pahami Jenis-Jenis Asuransi yang Anda Butuhkan]

 

Apa Itu Hospital Cash Plan

Asuransi kesehatan biasanya mencakup semua komponen biaya di rumah sakit bagi pihak tertanggung. Sedangkan hospital cash plan cuma menanggung biaya rawat inap per hari atau tiap tindakan dokter.

 

Misalnya Adi sakit lalu dirawat selama 5 hari. Sebelumnya, dia membayar premi asuransi hospital cash plan dengan kontrak perjanjian santunan Rp 1 juta per hari untuk rawat inap.

 

Artinya, Adi akan memperoleh Rp 5 juta sebagai manfaat hospital cash plan. Terlepas dari berapa pun biaya rawat inap yang dikeluarkan Adi.

 

Contohnya biaya rawat inap Adi hanya Rp 500 ribu per hari. Jadi, total dia keluar duit Rp 2,5 juta untuk perawatan 5 hari. Perusahaan asuransi tetap membayar Rp 5 juta karena itulah yang diatur dalam kontrak.

 

asuransi kesehatan keluarga

Walaupun sudah dikover BPJS dan asuransi kantor, lumayan kan kalau dapat reimburse dari hospital cash plan

 

 

Begitu juga sebaliknya. Kalau total biaya perawatan Adi Rp 10 juta, yang dibayar perusahaan asuransi hanya Rp 5 juta.

 

Wah, berarti kalau uangnya sisa, bisa dipakai buat hal lain, dong. Betul, itu gak menyalahi aturan.

 

Perusahaan asuransi gak takut rugi karena sudah menghitung biaya rata-rata di rumah sakit. Termasuk juga inflasi biaya per tahun, yang biasanya 20 persen dari harga tahun ini.

 

Ambil contoh biaya rawat inap kelas menengah di rumah sakit ternama tahun ini rata-rata Rp 1 juta. Pada tahun depan, dengan inflasi 20 persen, berarti biaya rata-ratanya Rp 1,2 juta.

 

Cara Kerja

Biasanya, hospital cash plan merupakan produk turunan asuransi. Jadi, kita harus beli premi asuransi kesehatan yang utama dulu, baru bisa beli premi hospital cash plan.

 

Kabar baiknya, meski kita udah ditanggung hospital cash plan, klaim ke perusahaan asuransi lain/BPJS tetap diperbolehkan. Soalnya, hospital cash plan hanya memerlukan fotokopi kuitansi untuk pencairan klaim.

 

Misalnya dari tempat kerja Adi sudah ditanggung biaya rawat inap Rp 400 ribu per hari. Nantinya, Adi mendapat Rp 1 juta dari hospital cash plan dan Rp 400 ribu dari kantor.

 

asuransi kesehatan keluarga

Kadang asuransi saja nggak cukup buat melindungi keluarga, lengkapi dengan hospital cash plan

 

 

Sistem pencairan hospital cash plan biasanya reimbursement. Artinya, kita bayar dulu biaya ke rumah sakit. Baru nanti fotokopi kuitansi diberikan ke reimbursement untuk proses pencairan.

 

Dana ini sangat berguna sebagai pengganti peluang penghasilan yang hilang per hari lantaran sedang dirawat di rumah sakit. Apalagi jika biaya rumah sakit jauh di bawah uang pertanggungan asuransi.

 

Manfaat Hospital Cash Plan

Melihat karakteristik hospital cash plan di atas, bisa dilihat apa manfaat yang bisa diambil. Berikut ini rangkuman manfaat hospital cash plan:

  • Tetap dibayar walau biaya di bawah uang pertanggungan
  • Dibayar meski sudah dibayar asuransi lain, soalnya hanya butuh fotokopi kuitansi
  • Berjaga-jaga jika perlu kamar rawat inap dengan harga lebih tinggi ketimbang yang dikover asuransi, misalnya dari kantor atau BPJS
  • Pengganti penghasilan selama dirawat di rumah sakit

 

[Baca: Kenali Jenis Asuransi Kesehatan Dan Metodenya Biar Ga Bingung Waktu Klaim]

 

Beli di Mana

Hospital cash plan sudah ada di banyak perusahaan asuransi. Jika sudah punya asuransi, tanyakan saja ke kantor perusahaan itu soal hospital cash plan, misalnya:

  • Cigna Hospital Life – Cigna
  • SmartHealth Maxi Violet – Allianz
  • Pru Hospital Care – Prudential
  • AIG Asuransi Mikro – AIG

Sebelum membeli premi hospital cash plan, pastikan besaran premi gak membebani keuangan. Apalagi jika sudah punya tanggungan bayar premi asuransi lain.

 

Yang banyak disarankan perencana keuangan adalah total biaya premi asuransi maksimal 10 persen dari total penghasilan per bulan. Misalnya gaji Rp 10 juta, berarti premi yang sehat sebesar Rp 1 juta per bulan.

 

asuransi kesehatan keluarga

Kondisi keuangan kadang juga butuh P3K lho. Makanya persiapkan dengan asuransi

 

 

Biaya premi hospital cash plan pun bermacam-macam, tergantung manfaatnya. Karena itu, kita perlu melihat ke diri sendiri dulu.

 

Jangan sampai beli premi mahal-mahal tapi manfaatnya mubazir. Begitu juga sebaliknya, cari yang murah tapi kemudian menyesal karena manfaat gak sesuai dengan harapan.

 

[Baca: Gimana Memilih Produk Asuransi yang Tepat dari Sekian Banyak Pilihan? Simak Ini]

 

 

 

 Image credit:

  • http://insurancelot.co.za/wp-content/uploads/2015/01/shutterstock_90537568_.jpg
  • https://www.futuready.com/images/article/large/asuransi-kesehatan-keluarga-lengkap.jpg
  • http://photo.kontan.co.id/photo/2012/08/06/1370343584p.jpg

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com