Punya Budget Pesta Pernikahan Berlebih Kenapa Gak Alokasikan Buat Hal-hal Ini

by Tifanny 880 views0

budget pesta pernikahan

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

logo finansialku

Menikah, pastinya menjadi salah satu tujuan hidup setiap manusia, gak terkecuali kamu kan. Dan sudah bukan rahasia lagi kalau menikah butuh biaya yang gak sedikit.

Setiap orang punya budget atau anggaran yang berbeda, dilihat dari kemampuan finansial masing-masing tentunya. Nah, gimana nih dengan mereka yang memiliki budget pesta pernikahan berlebih?

Oke, hak setiap orang sih untuk menyelenggarakan pesta pernikahan sesuai impian dan keinginan. Bagi yang memiliki budget besar untuk pesta pernikahan akan merasa senang jika pestanya mewah.

Diadakan di hotel berbintang dan mengundang banyak tamu. Gak sedikit orang Indonesia yang melangsungkan perkawinan mewah dengan budget ratusan juta hingga miliaran rupiah. Di sisi lain gak sedikit juga, pasangan yang terpaksa menggunakan dana pinjaman untuk melangsungkan pernikahan.

[Baca: Siasati Harga Paket Katering Pernikahan yang Mahal dengan 5 Cara Ini]

Pernah terpikir gak sih saat kita memiliki budget besar untuk pernikahan, alih-alih digunakan untuk pesta pernikahan mewah, kenapa gak menggunakan uang tersebut untuk:

1. Memberikan Donasi atau Sumbangan

Berapa sih di antara kita yang terpikir menggunakan uang pesta perkawinan yang besar untuk disumbangkan atau didonasikan kepada yang lebih membutuhkan?

budget pesta pernikahan
Hayo jangan pelit berbagi buat mereka yang membutuhkan ya (Donasi / kompas)

Mungkin kamu mikir ‘Ah mana ada yang kayak gitu!’ Eits, jangan salah. Di Cina ada sepasang kekasih, Zhan Yihao (pengantin pria) dan Chen Youjia (pengantin wanita) yang menggunakan uang pernikahannya sebesar 1,8 Juta Yuan (sekitar Rp 376 juta) untuk dibagikan kepada 450 ibu single parent di kota Guang Dong.

Masing-masing ibu menerima uang sekitar 4.000 Yuan. Wow, mulia banget ya. Banyak yang kemudian memberikan respon positif atas tindakan pasangan ini. Bayangkan, mereka rela menyelenggarakan pesta pernikahan yang lebih sederhana dengan budget lebih sedikit.

2. Liburan Honeymoon

Ritual rutin bagi pasangan yang sudah menikah pastinya honeymoon ya. Kegiatan yang satu ini juga butuh biaya kan. Nah, daripada menghabiskan budget yang kelewat besar di pesta pernikahan, gak ada salahnya alokasikan sebagian buat honeymoon yang berkesan.

3. Modal Buka Usaha

Punya lebih dari satu sumber penghasilan tentu lebih baik, apalagi buat yang akan mengayuh biduk rumah tangga. Coba deh manfaatin budget pernikahan yang berlebih itu sebagai modal buka usaha sampingan.

Bentuk usaha sekarang tuh sangat beragam dan berpotensi loh. Semisal, catering rumahan, jasa laundry atau bisnis rumahan lainnya. Lumayan kan, daripada uang dihabiskan untuk pesta mewah dalam satu malam, lebih baik gunakan uang tersebut menjadi lebih produktif.

4. Bayar Uang Muka Rumah atau Membeli Rumah

Setelah menikah yang harus dipikirkan itu ya tempat tinggal dong, apa iya mau nebeng orangtua terus-menerus.

[Baca: Pilih DP Rumah Pertama atau Pernikahan Mewah]

So, ngapain melangsungkan pesta pernikahan yang erba wah tapi belum tahu mau tinggal di mana setelah menikah. Alangkah bijaknya mengalokasikan budget pesta untuk  uang muka pembelian rumah atau bahkan membeli cash rumah kalau memungkinkan.

budget pesta pernikahan
Makasih ya sayang rumah barunya hehehe (Rumah Idaman / garagara)

5. Rencana Keuangan Masa Depan

Pesta pernikahan yang berkesan itu gak selalu identik dengan kemewahan dan dana jor-joran kok. Kenapa gak berpikir untuk diinvestasikan saja.

Ingat, akan ada banyak sekali pengeluaran besar yang harus dikeluarkan loh. Seperti persiapan untuk kelahiran buah hati, membeli rumah, membeli kendaraan, persiapan biaya pendidikan anak sampai dana hari tua.

Mau pilih yang mana, mengadakan pesta pernikahan mewah atau merencanakan keuangan masa depan.

Pernikahan itu sekali seumur hidup, jadi wajar sih kalau banyak pasangan dan keluarga ingin menyelenggarakan dengan seapik mungkin. Gak jarang motvasinya malah salah yaitu untuk gengsi dan persaingan.

Akan jauh lebih baik rasanya jika semua pihak yang terkait membicarakan dan merencanakan pernikahan dengan cara yang dewasa dan bijak. Mengedepankan logika dan bukannya gengsi.

[Baca: Pasangan Muda Jangan Malas Diskusi 6 Hal Tentang Keuangan Ini]
Harus diakui bahwa pesta pernikahan mewah adalah keinginan, bukan kebutuhan. Setelah menikah, akan ada banyak pengeluaran yang lebih penting dan gak terduga yang harus dipikirkan.

Tags:

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com