Rahasia Sehat Barack Obama Itu Ternyata Sederhana dan Murah. Mau Coba?

by akbar 465 views0

Rahasia Sehat Barack Obama

Punya badan gemuk dan malas berolahraga sudah jadi hal umum bagi pria usia 30 hingga 40 tahunan. Sebab, kaum pria di umur segini kerap digolongkan “sudah mapan” dari sisi finansial dan punya jam kerja ketat. Gak heran kalau perut buncit pun sering dianggap sebagai simbol kemakmuran pria Indonesia.

Nah, anggapan yang gak benar kayak gini jangan terus dipelihara ya. Soalnya,, gaya hidup malas berolahraga justru bisa membuat kita semua jauh dari kata makmur di masa depan.

Jelas dong. Kalau badan gak sehat, tentu upaya cari rezeki jadi terhambat bukan? Bayangkan saja kalau kamu sakit, biaya berobat juga gak murah. Belum lagi waktu kerjamu pun tersita.

Sebagai pria modern yang mapan, ada baiknya meniru gaya hidup sehat mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Sewaktu menjabat sebagai kepala negara, sudah pasti jam kerjanya super sibuk dong. Rapat sana-sini, mau liburan saja susah.

Rahasia Sehat Barack Obama [FB]

Meski begitu, pria yang menghabiskan masa kecilnya di Indonesia ini punya tubuh yang tergolong atletis. Itu semua berkat olahraga rutin dan pola hidup yang sehat.

Dan yang paling mengejutkan nih, ternyata rahasia sehat Obama itu gak ribet. Bahkan tergolong murah dari sisi finansial.

Nah, kamu mau gak tetap bugar setiap hari kayak Obama? Kalau mau, berikut rahasia Obama dalam menjaga kesehatan.

1. Komitmen tinggi terhadap olahraga

rahasia sehat barack obama
Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat (Perempuan Olahraga / womantalk)

Obama pernah mengatakan bahwa kebanyakan semangat pria dalam berolahraga cukup tinggi ketika mereka masih muda. Namun ketika menginjak usia 40 tahunan, semangat mereka kerap hilang.

Obama pun berjuang untuk tetap konsisten berolahraga. Dia sadar, di usia 40 tahunan, pria kian rentan terserang penyakit mematikan seperti stroke, kanker, dan penyakit jantung. Dan olahraga merupakan satu-satunya cara untuk menjaga fungsi organ tubuh tetap baik.

Dalam buku autobiografinya yang berjudul “Dream of my Father”, Obama mengatakan bahwa dia sudah berolahraga dengan rutin di usia 22 tahun. Saat itu dia pun tidak pernah mengkonsumsi narkoba dan juga alkohol, meski dia juga pernah kepergok menenggak bir hitam Guinness saat di Irlandia dan menghisap cerutu sekali-kali.

Pada pukul 07.30 Obama sudah berada di gym untuk berolahraga. Dia pun mengaku, selalu nge-gym selama enam hari berturut-turut.

Pola latihannya pun cukup terstruktur. Obama melakukan olahraga kardio dua hari dan beban empat hari. Dia pun rajin bermain basket.

Dalam satu hari, Obama berhasil menyempatkan diri untuk berolahraga selama 45 menit. Menurutnya, olahraga merupakan cara terbaik untuk menyeimbangkan keharmonisan tubuh dan pikiran.

 2. Memiliki pola makan sehat

rahasia sehat barack obama
Jangan cuma mikir makan yang enak, tapi juga yang sehat dong sis! (Sayuran / herosupermarket)

Obama juga sadar bahwa pola makan juga harus dijaga dengan baik agar badan tetap sehat. Presiden ke-44 Negeri Paman Sam itu berkomitmen menjauhkan diri dari makanan cepat saji dan lebih memilih makanan kaya serat, protein, dan kalsium.

Sebagai individu yang aktif berolahraga, makanan kaya protein merupakan pilihan tepat. Vitamin C juga wajib dikonsumsi untuk kesehatan sendi, sementara kalsium berguna untuk  kesehatan tulang.

Untuk protein, Obama lebih sering mengkonsumsi daging ayam ketimbang daging merah. Dan untuk sayurannya, ternyata dia sangat suka dengan brokoli. Saat masih menjabat sebagai presiden, di siang hari Obama selalu menyantap apel besar untuk mengembalikan energinya.

Adapun saat selesai berolahraga, makanan utama yang sering dikonsumsi Obama adalah kacang-kacangan dan kudapan tinggi protein.

Gak mahal lho kalau mau mencontek pola makan Obama ini. Harga brokoli per 250 gram adalah Rp 10 ribu. Daging ayam broiler utuh juga kurang lebih Rp 40 ribuan. Bila kamu butuh tambahan buah, sebut saja buah apel, harga per kilogramnya cuma Rp 30 ribuan.

Cobalah untuk belajar masak sendiri, agar kamu bisa mengolah bahan-bahan makanan ini jadi masakan yang enak. Jadikan saja makanan sehat itu sebagai bekal dan buah sebagai kudapan, pasti lebih hemat dan sehat.

Dengan mengatur pola makan seperti ini, gak perlu lagi kan nitip makan siang ke office boy atau makan di restoran dengan harga di atas Rp 20 ribuan per-porsi. Selain lebih mahal, gak nutup kemungkinan makanan yang kamu beli mengandung bumbu masak yang gak sehat.

3. Sering nonton acara olahraga

rahasia sehat barack obama
Aduh seru sih seru nontonnya, tapi jangan teriak-teriak bro, udah malam nih! (Nonton / ingatlahaku)

Apa hubungannya nonton acara olahraga dengan kesehatan? Kalau nontonnya sambil ngemil malah bisa tambah gemuk dong?

Jangan salah. Dengan menonton acara olahraga, detak jantung seseorang akan meningkat. Peredaran darah pun menjadi semakin baik. Kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang tergolong sehat lho. Studi ini sudah dibuktikan sendiri oleh peneliti dari University of Western Sidney lho.

Dalam salah satu wawancaranya dengan ESPN Radio, Obama mengaku selalu menghabiskan pagi harinya dengan menonton channel olahraga ESPN. Walaupun biasanya dia tidak bisa menonton pertandingan olahraga hingga selesai, dia mengklaim sebagai penonton setia event olahraga besar, seperti Super Bowl, final NBA, dan World Series.

Terbukti kan, mantan presiden AS ini merupakan pencinta olahraga sejati?

4. Gak sering mengkonsumsi kafein dan banyak minum air

Obama juga bukan tipikal peminum kopi. Ia lebih memilih minum air putih ketimbang minuman berkafein.

Air mineral memang sangat baik untuk kesehatan. Meski demikian, kopi yang sesuai dengan takaran juga tergolong sehat, bahkan bisa mencegah kanker dan penyakit jantung.

Belajar dari gaya hidup sehat Obama, kita juga bisa kok menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kalau Obama yang kegiatannya padat aja bisa menyempatkan waktu buat olahraga secara disiplin, kenapa kita gak? Yuk mulai dari sekarang!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Diet Gak Harus Mahal. Lakukan 6 Cara Ini Biar Kantong Aman]

[Baca: Kamu Penggila Olahraga? Tambah Penghasilanmu dengan 5 Cara Ini]

[Baca: Pilih Pakaian Olahraga dengan Tepat Supaya Latihanmu Maksimal]

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com