Resolusi 2016: Cobain Aplikasi Pengatur Keuangan Ini Biar Finansial Nggak Amburadul Kayak Tahun Sebelumnya

by DuitPintar 3.135 views1

aplikasi pengatur keuangan

Menjelang akhir tahun banyak orang mulai mengevaluasi kondisi keuangan keluarga selama 2015. Mungkin banyak yang belum puas padahal sudah bikin rencana keuangan dengan matang.

 

Perencanaan keuangan memang percuma kalau kita nggak disiplin. Tapi tenang, nggak ada kata terlambat bahkan untuk mengatur keuangan keluarga agar lebih baik.

 

Karena 2016 sudah di depan mata, ini saatnya kita disiplin dalam hal keuangan.

 

Nah, kalau metode tradisional yang dipakai selama ini nggak mempan, cobain deh aplikasi pengatur keuangan yang bisa dipasang pada smartphone-mu. Dijamin nggak perlu lagi ribet menulis di buku pengeluaran atau menyimpan setumpuk struk belanja.

 

[Baca: Pentingkah Review Keuangan Keluarga di Akhir Tahun? Simak Ini Dulu Biar Paham]

 

1. Money Lover Expense Manager

aplikasi pengatur keuangan

Fitur Money Lover ini sangat lengkap mulai dari pengeluaran sampai perencanaan tabungan

 

 

Aplikasi ini bertindak layaknya asisten keuangan pribadi. Kamu bisa mengatur keuangan dengan fitur yang disediakan seperti Budget, Savings dan Events.

 

Dengan fitur Budget misalnya, kamu bisa mengatur keuangan untuk hiburan, makan dan transportasi. Fitur Savings memungkinkan kamu untuk mengatur rencana dan jangka waktu tabungan.

 

Kalau kamu sedang liburan atau ada business trip, aplikasi ini juga sangat membantu dengan fitur Events. Kamu bisa mengatur pengeluaran secara khusus dengan fitur ini.

 

User interface juga didesain secara sederhana untuk memudahkan pengguna. Aplikasi ini sudah tersedia untuk pengguna Android, Windows dan Apple.

 

2. MoneyControl Expense Tracking

aplikasi pengatur keuangan

Setiap bulan hasil mengatur keuanganmu akan ditampilkan dalam bentuk grafik

 

 

MoneyControl adalah aplikasi yang mengatur keuangan berdasarkan gaji bulanan. Nantinya setiap pengeluaran akan dicatat dan ditampilkan dalam bentuk grafik.

 

Kamu tinggal mengisi besarnya gaji bulanan pada kolom Budget dan masukkan pengeluaran bulanan pada kolom Expenses. Pengeluaran ini juga bisa dimasukkan ke dalam kategori masing-masing seperti Rent, Clothes, Food, dll.

 

Kamu juga bisa mencatat setiap transaksi perbankan mulai dari transfer ATM dan kartu kredit. Di akhir bulan kamu bisa me-review semua pengeluaranmu dan melihat pos-pos mana yang memerlukan pengeluaran paling besar.

 

[Baca: Mau Mengurangi Kebiasaan Boros? Coba Mulai dari 4 Hal Ini!]

 

3. Toshl Finance Budget & Expense

aplikasi pengatur keuangan

Karakter monster lucu Toshl Finance memang menggemaskan

 

 

Aplikasi untuk Android, Windows dan Apple ini cukup menjadi favorit. Selain mudah digunakan, desain interface-nya juga simpel dan lucu.

 

Aplikasi ini memang mirip dengan aplikasi pengatur keuangan yang lain. Tapi Toshl Finance mengemasnya secara unik dengan memasukkan karakter monster sebagai pengingat kondisi keuangan.

 

Jangan takut lupa mencatat pengeluaran harian, aplikasi ini memiliki alarm yang akan mengingatkanmu. Intinya aplikasi ini cukup ampuh agar kamu berdisiplin dalam keuangan.

 

4. Uang Ku – Expense Tracker

aplikasi pengatur keuangan

Walaupun dikembangkan secara lokal, Uang Ku nggak kalah dengan aplikasi lansiran luar negeri

 

 

Walaupun aplikasi ini dikembangkan secara lokal, jangan pesimis dulu. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengatur pengeluaran sekaligus menentukan budget untuk menabung.

 

Kamu tinggal memasukkan gaji bulanan dan pengeluaran sesuai kategori. Semua pengeluaranmu nantinya akan ditampilkan dalam bentuk pie chart.

 

Dari situ bisa ketahuan pos mana yang selama ini menggerus gaji bulananmu. Fitur Savings memungkinkanmu merencanakan berapa besar budget yang bisa kamu sediakan untuk tabungan.

 

5. Monefy – Money Manager

aplikasi pengatur keuangan

Nggak perlu banyak layar cuma buat mengatur keuangan. Dengan Monefy, kamu cuma butuh satu layar saja

 

 

Kalau ada jawara dalam bidang ‘Aplikasi Pengatur Keuangan Tersimpel’, mungkin itu layak disematkan pada aplikasi Monefy ini. Pasalnya, kamu bisa mengatur semua pengeluaran pada satu layar saja.

 

Aplikasi ini bisa mengatur semua, mulai dari akun bank, tabungan, giro dan pinjaman kredit. Bahkan kamu bisa melihat besarnya pengeluaranmu hingga satu tahun lalu.

 

Nah, sekarang tinggal pilih deh, aplikasi mana yang paling cocok buatmu. Tapi jangan cuma mencatat pengeluaran saja, kamu tetap harus me-review lagi setiap uang yang dikeluarkan.

 

 

Siapa tahu pengeluaran tersebut masih bisa ditekan lagi buat digunakan untuk investasi. Selamat mengatur keuangan ya!

 

[Baca: Coba Cek, 15 Kebiasaan untuk Mengatur Keuangan Pribadi yang Baik Ini Udah Kamu Lakuin Belum?]

 

 

 

Image credit:

  • https://moneylover.me/source/ml-cover.png
  • https://image.apkpure.com/image/screen/com.priotecs.MoneyControl-6=500.png
  • http://www.tudocelular.com/image.php?id=67206&type=21&o=1&file=Toshl.com_html_m70e499f2.jpg
  • https://lh5.ggpht.com/AsxNqBM08ER0NYD-MgeMncHJBrR-QNNN6RP0uCOgboazUsmep7wn5e6zHOIUJV3YsXsp=h900
  • http://getandroid.ir/uploads/posts/2015-04/1430260580_monefy-pro-money-manager.jpg

Masih banyak lagi dari duitpintar.com