Rumah Instan Sederhana Sehat: Punya Hunian dengan Rp 55 Juta dan dalam 2-3 Hari

by DuitPintar 4.284 views0

rumah instan sederhana sehat thumb

Ini beneran. Enggak perlu duit segede bakul lagi buat bangun rumah impian layak huni. Dan, tak perlu waktu lama lagi buat menghuni rumah impian itu. Cukup modal Rp 55 juta dan lama pengerjaan dua hari, rumah permanen berdinding beton sudah berdiri megah.

 

Rumah yang dimaksud itu punya sebutan keren, yakni RISHA alias Rumah Instan Sederhana Sehat. RISHA adalah rumah prefabrikasi dengan sistem knock down buah dari riset Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera).

 

Rumah itu terbuat dari panel-panel beton yang terbagi dalam panel struktur, panel dinding, dan panel kusen. Bobot strukturnya sangat ringan hanya 50 kg.  

 

Semua panel itu tinggal dirangkai layaknya mainan Lego. Tiap panel disatukan dengan mur dan baut tanpa perlu semen lagi. Sedangkan atapnya menggunakan aluminium.

 

Pokoknya tinggal ikuti instruksi saja. Dalam waktu singkat, rata-rata dua sampai tiga hari tergantung dari desain, rumah pun sudah berdiri. Bahkan pembangunan rumah bisa dikerjakan minimal tiga orang. Jadi lebih sedikit orang yang terlibat dibanding bangun rumah konvensional.

 

Plusnya lagi, RISHA juga diklaim dapat menghemat anggaran pembangunan rumah sampai 40%. Selain bisa ditekan untuk penyediaan material rumah, anggaran juga lebih irit karena biasanya pembangunan rumah konvensional memakan waktu lebih dari tiga bulan.

 

[Baca: Kalau Mau Renovasi, Perhatikan Juga IMB Biar Enggak Bermasalah Belakangan]

 

risha 1

 

 

Di samping itu, perawatannya juga murah. Pemilik tinggal mencermati baut-baut dan mur yang mengubungkan panel-panel itu. Kalau ada yang kendur tinggal mengencangkan saja. Tak perlu lagi panggil tukang bangunan.

 

Kelebihan inilah yang membuat banyak pihak menilai RISHA sebagai solusi untuk mereka yang masuk golongan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Atau bisa juga bagi mereka yang ingin membangun rumah dengan modal pas-pasan.

 

Asyiknya lagi, rumah ini bisa dibongkar dan pasang lagi mengikuti konsep tubuh rumah. Ketika ada penambahan jumlah anggota keluarga, RISHA bisa dikembangkan lagi menjadi lebih luas cukup dengan bongkar pasang. Praktis, dana renovasinya pun bisa lebih ditekan.

 

Bahkan, RISHA juga bisa dijadikan bertingkat. Strukturnya mampu menopang untuk konsep desain rumah bertingkat. Dengan begitu, RISHA bisa mengakomodasi berbagai desain rumah yang dikehendaki.

 

Kalau mau lihat konkretnya adalah di Kampung Deret Petogogan, Jakarta Selatan. Saat jadi gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengandalkan RISHA ini untuk menata kampung kumuh menjadi layak huni.

 

 

risha 2

 

 

Semua panel-panel untuk membangun RISHA itu bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Di bawah ini daftar harga panel RISHA per meter persegi.

 

Panel struktur

Komponen P1: Rp 110 ribu

Komponen P2: Rp 100 ribu

Komponen P3: Rp 90 ribu

 

Panel dinding : Rp 160 ribu

Panel kusen : Rp 50 ribu

 

Setelah tahu banderol panelnya, tinggal sesuaikan saja dengan luas tanah di mana RISHA bakal dibangun. Perlu diingat ya, tanah yang hendak dibangun RISHA sebaiknya hak milik bukan tanah milik negara atau orang lain, hehehe.

 

[Baca: Cek dengan Seksama Dokumen Sebelum Beli Properti]

 

Kemudian, estimasi pembangunan juga mesti ditambahkan dengan material atap, kaca, sanitasi, pintu, dan finishing. Sekali lagi besarannya tergantung dari desain rumah. Jika banyak jendela kaca maupun pintu, dananya bisa bertambah lagi.

 

risha 3

 

 

Jadi sekarang bagi mereka yang isi kocek yang pas-pasan buat tinggal di “istana’ bukan mimpi belaka lagi. Semua bisa direalisasikan hanya dengan menyiapkan dana tak lebih dari Rp 50 juta.


Begitu ada dana lagi, rumah itu bisa dikembangkan sesuai dengan kehendak pemiliknya. Asyik, bukan!

 

 

 

Image Credit:

  • http://assets-a2.kompasiana.com/statics/files/14172630391457366643.jpg?t=o&v=760
  • http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/647706/big/Kpderet3.jpg
  • http://litbang.pu.go.id/w/wp-content/uploads/2012/10/RISHA-2-lantai-small-Size.jpg

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com