Sayang Sama Motor Kamu? Simak Nih Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik

by Tifanny 508 views0

memilih asuransi motor

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

logo finansialku

Naik motor sepertinya sudah jadi salah satu solusi populer buat menyiasati kemacetan di ibukota. Mungkin kamu salah satu pengendara motor. Gimana nih, apa motor kamu sudah diasuransikan?

Kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari, apalagi di jalanan. Asuransi motor menjadi hal yang penting, karena ancaman kehilangan motor, kerusakan motor hingga kecelakaan.

[Baca: Bayar Asuransi Motor Bukannya Cuma Nambah Pengeluaran Doang Hush Ngaco]

Kenali 2 Jenis Asuransi Motor yang Tersedia di Indonesia

Sebelum memutuskan akan memilih asuransi motor yang mana, kenali dulu deh. Perusahaan asuransi umum di Indonesia menawarkan dua jenis proteksi atau asuransi untuk kendaraan (mobil dan motor) yaitu asuransi total lost only (TLO) dan asuransi all risk.

Mana yang paling bagus TLO atau all risk? Jawabannya tergantung kebutuhan, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jadi sesuaikan produknya dengan kebutuhan kita (jangan dibalik ya).

Termasuk jenis motor menjadi pertimbangan dalam menentukan jenis asuransi motor. Misal motor moge mungkin lebih cocok untuk asuransi all risk. Motor buat kebutuhan kerja sehari-hari (misal mengantar barang) lebih cocok menggunakan asuransi total lost only.

1. Asuransi Total Lost Only

Asuransi Motor jenis total lost only biasanya memiliki biaya premi yang lebih murah. Asuransi ini cocok buat kita yang memiliki budget terbatas dan masih punya cicilan motor. Meskipun namanya total lost only tapi bukan berarti maknanya 100% akan diganti kalau hilang.

memilih asuransi motor
Woi mas mau ngapain tuh congkel-congkel motor orang!

Kita tetap wajib membaca polis, karena di dalamnya ada aturan main, syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ada beberapa produk asuransi total lost only yang memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan parah (misal lebih dari 75% kerusakan), ganti rugi jika ada kejahatan pencurian atau begal. Tetapi jika terjadi kasus penggelapan atau kecelakan parah karena kesalahan pengendara bisa jadi klaim ditolak.

Setiap perusahaan memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing, jadi pastikan kita sudah membaca dan memahami polis asuransi motor, yang dibeli. Besaran premi total lost only berkisar antara: 0,80% – 2,11% dari perkiraan harga kendaraan.

[Baca: 10 Alasan Penolakan Klaim Asuransi Sepeda Motor yang Disebabkan Oleh Kita Sendiri]

2. Asuransi All Risk atau Comprehensive

Jenis kedua adalah asuransi motor all risk atau dikenal juga dengan istilah comprehensive. Jika Kalau pakai asuransi jenis ini, motor bakalan dilindungi. Mulau dari lecet kecil di body, kerusakan karena tabrakan, kecurian dapat diklaim dan diganti rugi. Tapi, tetap aja gak semua risiko bakal ditanggung oleh asuransi jenis ini.

Apa saja kerusakan yang gak bisa diklaim lewat asuransi jenis yang ini?

Kerugian yang dialami oleh perusahaan atau pemilik, karena kendaraan gak dapat digunakan setelah terjadi kecelakaan.

– Pencurian alat-alat perkakas di dalam mobil (kecuali disebutkan dalam catatan polisi)

– Kejadian penggelapan

– Kecelakaan karena serangga / binatang kecil, motor digunakan untuk balapan, kelebihan muatan (termasuk bonceng tiga), menggunakan motor dalam keadaan rusak.

– Kecelakaan karena melanggar peraturan lalu lintas, seperti: pengemudi gak punya SIM (termasuk SIM sedang habis masa berlakunya), melanggar jalan.

– Cacat produksi.

Besaran premi total lost only berkisar antara: 2,11% – 2,32% dari perkiraan harga kendaraan.

memilih asuransi motor
Duh hancur deh tuh motor, mana belum lunas hiks…

7 Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik, yang Perlu Dicoba

Tahu gak sih kalau ternyata ada puluhan produk asuransi motor di Indonesia. Bagaimana cara memilih asuransi motor terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget kita? Simak tipsnya:

1. Baca PSAKBI dengan Teliti

Baca PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia) dengan teliti sebagai standar dari program. Biasanya PSAKBI ini menggunakan istilah-istilah standar dan bahasa hukum.

Jangan heran ya kalau ada klausul atau pasal-pasal yang bikin bingung. Lebih baik tanya ke agen atau tenaga pemasaran kalau ada yang gak jelas. Peraturan ini akan diberikan bersamaan dengan polis asuransi.

2. Prioritaskan Kebutuhan

Kenali kebutuhan dan harapan kita dalam membeli asuransi motor. Pastikan produk yang dibeli memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita ya. Dari segi perlindungan, manfaat, besarnya perlindungan dan biaya premi.

3. Sesuaikan Budget dan Manfaat

Pilih perusahaan asuransi yang memberikan kemudahan klaim. Kesalahan banyak orang dalam membeli asuransi adalah bertanya “Nanti klaimnya ribet gak? Dan tenaga penjual pasti menjawab “Tidak Pak/Bu, ada tim yang akan bantu.“ Padahal yang harusnya ditanyakan adalah prosedur untuk mengajukan klaim. Lihat formulir yang harus diisi dan cara mendapatkan formulir tersebut.

4. Simpan Nomor Contact Center

Simpan nomor telepon contact center atau nomor telepon cabang. Supaya dalam keadaan darurat kita gak panik mencari-cari di Google atau internet. Biasanya orang akan klaim asuransi, jika setelah terjadi sesuatu kejadian yang gak mengenakan.

5. Pilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel

Sangat disarankan untuk memilih perusahaan asuransi yang kredibel, contoh perusahaan sudah lama dan terbukti membayar klaim asuransi. Perusahaana asuransi direkomendasikan oleh Perusahaan asuransi direkomendasikan oleh teman Anda yang puas dengan pelayanan sebelumnya.

memilih asuransi motor
Pilih asuransi kudu yang benar lah, jangan asal masbro!

6. Pilih Perusahaan Asuransi dengan Jaringan yang Luas

Pillih perusahaan asuransi dengan jaringan yang cukup luas dan memilih bengkel rekanan di dekat tempat kita beraktivitas (tempat tinggal, tempat kerja). Semisal tinggal di Jakarta Barat, sebisa mungkin cari perusahaan asuransi motor yang memiliki bengkel rekanan di Jakarta Barat.

7. Pertimbangkan Opsi Kendaraan Pengganti

Pertimbangkan juga kendaraan pengganti jika harga yang ditawarkan masih masuk dalam budget atau dihitung lebih menguntungkan. Biasanya perusahaan akan mengalami kerugian karena motor masuk asuransi, maka gak bisa mengirim barang dan lain sebagainya.

[Baca: Waspadai Nih Jenis-jenis Motor yang Sering Jadi Korban Pencurian]

So, memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita sebenarnya gak seribet itu. Memang harus diakui saat ini sudah ada puluhan produk asuransi motor di Indonesia. Dan setiap perusahaan mengatakan terbaik, termudah dalam klaim, harga yang bagus dan lain sebagainya.

Semoga dengan tips di atas kamu dapat lebih terbantu dalam menentukan produk asuransi motor yang tepat. Selamat mencoba!

 

 

 

Image Credit:

  • https://www.mimbarmedia.com/media/k2/items/cache/867519228d1d5325856fc61d710ded0e_XL.jpg
  • http://cdn.tmpo.co/data/2012/05/01/id_117972/117972_620.jpg
  • http://insurancemedianews.com/includes/imageRead.php?file=portal/77.jpg&w=635

 

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com