Sebelum Bikin Pesta, Pertimbangkan 4 Hal Ini Biar Gak Over Budget

by Tifanny 379 views0

biar gak over budget

Berbagi kebahagiaan sama orang-orang yang tersayang pasti selalu menyenangkan. Salah satunya dengan menggelar pesta atau syukuran. Bukan buat hura-hura atau pemborosan ya, tapi lebih ke wujud syukur masih bisa menikmati momen spesial dalam hidup. Boleh dong?

Ya boleh banget, tapi gak berarti lupa diri ya. Bisa kok bikin pesta perayaan yang meriah dan berkesan tanpa bikin kantong merana.

Kalau ragu, simak dulu deh 5 hal yang bisa disiapin supaya pestamu gak “membunuh” saldo di rekening.

1. Tentuin bujet, dan disiplin ikutin bujet

Mau merayakan momen spesial, pastinya pengin seistimewa mungkin. Tapi bukan berarti memaksakan bikin pesta di luar kemampuan finansial. Tentukan dulu deh jauh-jauh hari, kira-kira berapa besar bujet yang sanggup dikeluarkan untuk pestamu nanti.

biar gak over budget
Tanpa perencanaan keuangan, sudah pasti kamu bakal over budget lagi (bikin perencanaan/enricondren)

Bikin perayaan gak selalu identik dengan mahal dan serba “wah” kok. Sederhana tapi meninggalkan makna mendalam, itu yang paling penting.

Sudah menetapkan bujet pesta Rp 5 juta misalnya. Ya disiplin ikutin, jangan di tengah jalan lalu berubah pikiran dan nambah jadi Rp 10 juta. Pastinya gak mau dong demi punya pesta yang “wah”, lalu memaksakan berutang sana-sini?

Ingat, yang namanya utang itu harus dilunasi alias dibayar kembali, bukan rezeki nomplok atau hadiah kuis yang jadi hak milik. Setelah pesta sehari yang “wah” berakhir, jangan sampai di kemudian hari malah dibebani dengan tumpukan utang yang menanti buat dilunasi.

2. Gak usah gengsi batasi undangan kalau bujet terbatas

Banyak orang bikin pesta demi gengsi alias harga diri. Ngundang banyak tamu buat pamer di medsos. Duh, kuranag-kurangin deh pemikiran kayak gini. Kalau realita kemampuan finansial cuma sanggup buat undang 30 orang ya sudah.

Pilih mana, mau maksain bikin pesta yang ramai tamunya tapi malah malu karena makanan kurang atau tamu sesuai bujet tapi makanan berlimpah dan semua senang?

biar gak over budget
biar budget terbatas yang penting pestanya meriah (pesta/tes)

Gak usah pula merasa gak enak dan berpikir, “Ah nanti si A iri karena gak diundang”. Ingat, itu pesta kita. Jadi kita berhak kok selektif mengundang siapa yang kita inginkan buat hadir.

3. Maksimalin potensi diri buat atur semua sendiri

Salah satu cara ampuh buat menghemat pengeluaran saat mau bikin pesta adalah jangan maksain pakai jasa EO. Punya bujet pas-pasan ya cukup bikin pesta semampunya. Jasa EO kan artinya kita harus sediain bujet lebih buat jasa.

Lakuin semua sendiri dengan minta bala bantuan sanak saudara atau teman-teman terdekat. Mereka dengan senang hati pastinya bakal bantuin kamu bikin acara yang meriah.

Bikin ide-ide kreatif atau tema tertentu. Bisa kok nyontek tutorial, atau ide-ide seru untuk pesta lewat Youtube. Emang sih bakal menyita waktu dan tenaga saat merencanakan dan menyiapkan pesta sendiri. Tapi ada kepuasan dan kebahagiaan saat melihat semua hasil karya kita bisa dinikmati sama tamu-tamu yang datang nanti.

4. Manfaatin kartu kredit

Punya kartu kredit? Nah, kebetulan! Bisa loh manfaatin kartu kredit kita buat persiapan pesta. Mulai dari beli kue, perlengkapan pesta, dan beragam camilan di toko online atau supermarket yg kerja sama bareng kartu kredit yang kita punya.

Contohnya nih, buat para pemegang kartu kredit Citi Cash Back Card, nikmatin benefit bonus cash back maksimal Rp 100 ribu untuk kategori supermarket. Selain itu, kalau pakai kartu kredit ini buat pembelanjaan apa pun, termasuk online juga bakal diganjar 0,1 persen cash back.

biar gak over budget
Pakai kartu kredit boleh saja, tapi harus sesuai keperluan ya (pakai kartu kredit/Creditesesame)

Nah, selain Citi, ada juga Metro Mega MasterCard. Kalau punya kartu ini, belanja di Carrefour, Transmart, dan Metro Dept. Store bisa nikmatin potongan harga sampai 10 persen. Ada juga penawaran Birthday Special di bulang ulang tahun kamu. Pas kan?

Jadi uang tunai bisa digunakan untuk hal-hal lain yang gak bisa pakai kartu. Selain itu kita jadi bisa mengoptimalkan kartu kredit.

Bikin pesta atau perayaan sah-sah saja. Tapi ingat, jangan memaksakan untuk membuat pesta yang gak sesuai sama isi kantong ya.

Yang penting dari sebuah perayaan itu adalah kebersamaan, dan perasaan bahagia dikelilingi orang-orang yang punya makna khusus dalam hidup kita.

Sebuah pesta yang sukses dan meriah itu bukan dinilai dari seberapa megah dan nominal yang dikeluarkan. Melainkan seberapa bahagia orang-orang yang terlibat di dalamnya.

 

 

CTA Mega Metro 10%

CTA Citi Cashback Card bonus 100 ribu

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: 5 Hal yang Harus Kamu Lakuin Biar Gak Bangkrut Setelah Pesta Pernikahan]

[Baca: Punya Budget Pesta Pernikahan Berlebih Kenapa Gak Alokasikan Buat Hal-hal Ini]

[Baca: 5 Siasat Jitu Liburan Dadakan dengan Budget Minim]

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com