Sebelum Mengajukan Aplikasi Kartu Kredit, Wajib Banget Ajukan Pertanyaan Penting Ini (1)

by DuitPintar 2.704 views1

mengajukan aplikasi kartu kredit

Banyak bank yang menawarkan kartu kredit dengan iming-iming fasilitas macam-macam. Walau fasilitas itu menggiurkan, kita jangan sampai terburu-buru mengajukan aplikasi kartu kredit dari bank itu.

[Baca: Fasilitas-Fasilitas Kartu Kredit Apa Saja Sih?]

Ada beberapa hal yang perlu kita tanyakan kepada bank tersebut terkait dengan kartu kredit yang ditawarkan. Ini berguna terutama kalau kita belum pernah punya kartu kredit sebelumnya.

Apa saja pertanyaan penting yang harus kita sodorkan ke bank sebelum mengajukan aplikasi kartu kredit? Simak daftarnya berikut ini:

1. Gratis berapa lama?

Bank biasanya menawarkan fasilitas gratis iuran tahunan untuk menarik konsumen. Tapi fasilitas itu tak diberikan selamanya. Biasanya gratis hanya setahun atau dua tahun.

Tapi ada juga yang menawarkan fasilitas gratis iuran seumur hidup. Tapi biasanya syarat untuk mendapatkan kartu kredit semacam ini lebih banyak. Di antaranya membuatkan kartu kredit lain untuk anggota keluarga.

2. Berapa iuran setelah fasilitas selesai?

Setelah fasilitas iuran gratis selesai, maka kita akan dikenai iuran yang dibebankan ke tagihan setia bulan. Besaran iuran ini bermacam-macam, tergantung pada bank dan jenis kartu. Ini perhitungan rata-rata iuran tahunan kartu kredit di Indonesia:

– Kartu kredit silver : Rp 75.000 – Rp 200.000

– Kartu kredit gold : Rp 300.000 – Rp 400.000

– Kartu kredit platinum : Rp 500.000 – Rp 1.000.000

– Kartu kredit black : Rp 1.500.000 – Rp 3.500.000

3. Berapa jumlah minimum pembayaran tagihan?

Jika kita belum punya cukup duit untuk membayar full tagihan kartu kredit, kita bisa membayar jumlah minimumnya. Biasanya bank menetapkan jumlah minimum 10 persen dari total tagihan. Misalnya total tagihan Rp 200.000, berarti minimum yang harus dibayar Rp 20.000.

Pembayaran jumlah minimum ini bertujuan menunjukkan kepada bank bahwa kita taat membayar tiap bulan, tidak menunggak. Tapi hati-hati. Jika membayar minimum terus, tagihan kartu kredit per bulan bakal membengkak karena terkena bunga.

[Baca: 5 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Terhadap Bunga Kartu Kredit]

4. Apa itu roll over interest charge?

credit card flying with you
Bunga kartu kredit dibebankan pada transaksi yang belum dilunasi, bukan sisa tagihan. (Biaya Bunga KK / WordPress)

Ini ada kaitannya dengan pembayaran minimum di atas. Jadi kalau kita membayar minimum, berarti ada sisa tagihan yang belum lunas. Nah, sisa itu akan ditagihkan lagi pada bulan depan, lengkap dengan bunganya.

Tapi bunga ini bukan dihitung dari sisa tagihan yang belum dibayar. Bunga ini dihitung dari nilai suatu transaksi yang belum lunas pada tagihan sebelumnya.

Misalnya transaksi terakhir yang belum dibayar lunas sebesar Rp 300 ribu. Sedangkan sisa tagihan yang belum dilunasi Rp 100 ribu. Berarti bunga dibebankan pada yang Rp 300 ribu itu, bukan Rp 100 ribu.

Sistem pembebanan bunga ini berlaku untuk tagihan-tagihan pada bulan-bulan berikutnya. Karena itu, sebaiknya lunasi langsung tagihan per bulan. Atau jika bulan ini membayar minimum, langsung usahakan lunasi semua tagihan pada bulan berikutnya.

5. Berapa banyak biaya keterlambatan?

Tanyakan kepada bank jumlah biaya keterlambatan, pastikan sesuai dengan Surat Edaran BI No.14/17/DASP. Dalam surat edaran itu, nilai denda keterlambatan yang bisa dikenakan maksimal 3 persen dari total tagihan dan tidak boleh lebih dari Rp 150 ribu.

Artinya, kalau denda 3 persen itu lebih dari Rp 150 ribu, berarti denda yang harus kita bayar ya hanya Rp 150 ribu. Kalau ada kartu kredit tambahan, yang terkena bunga hanya kartu yang utama.

mengajukan aplikasi kartu kredit
Cek motivasi diri deh, punya kartu kredit bisa gak pakainya? Jangan asal (Buat Kartu Kredit / Meme)

Lalu kalau kartu kredit itu dikategorikan macet menurut aturan Bank Indonesia, maka denda keterlambatan tidak bisa lagi dibebankan kepada pemegang kartu kredit. Tapi kartu kredit itu harus diblokir secara permanen.

Itu lima pertanyaan penting yang wajib kita ajukan kepada bank sebelum apply kartu kredit. Ada sejumlah pertanyaan penting lain seputar kartu kredit, tapi akan kita bahas dalam artikel selanjutnya.

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com