Sebentar Lagi Pensiun, Segera Lakukan Hal-Hal Ini Biar Masa Tua Tenang

by Hardian 369 views0

Sebentar Lagi Pensiun

Persiapan untuk masa pensiun lazimnya sudah dilakukan sejak dini, misalnya dengan memiliki tabungan pensiun dan berinvestasi. Kalau sudah melakukan persiapan matang, tentunya lebih tenang ketika saat pensiun tiba.

Tapi tunggu dulu, ada juga persiapan yang harus dilakukan ketika masa pensiun sudah di depan mata. Berikut ini beberapa hal yang harus kita lakukan:

1. Lunasi semua utang

Utang-utang akan menjadi beban yang tambah berat ketika sudah pensiun. Saat masih bekerja, kita masih mendapat penghasilan rutin untuk bayar cicilan.

sebentar lagi pensiun
Kalau di masa tua gak ada utang, kita bisa hidup tenang pastinya. (Masa tua/learnvest)

Tapi saat pensiun kelak kita gak bisa lagi mengandalkan gaji bulanan. Keuangan mesti benar-benar dikontrol agar gak kebobolan. Daripada menanggung risiko bobol karena utang, mending upayakan semua beban itu terangkat sebelum pensiun.

2. Tutup kartu kredit yang tidak dibutuhkan

Bila punya lebih dari satu kartu kredit, tentukan mana yang paling dibutuhkan. Memang, punya kartu kredit lebih dari satu bukan hal buruk.

Tapi kelak saat pensiun hal ini sangat riskan. Bagaimana jika tergoda gesek dengan dua-tiga kartu kredit dan akhirnya pusing saat tagihan datang?

Satu kartu saja cukup buat membantu transaksi. Atau mungkin saja malah gak perlu sama sekali karena nantinya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah sebagai pensiunan.

3. Monetisasi aset

Aset yang gak terpakai dijadikan duit saja. Misalnya peralatan elektronik atau furnitur yang udah gak digunakan.

sebentar lagi pensiun
Punya mobil nganggur? Sewakan saja (mobil/acuantcorp)

Aset nganggur, seperti tanah atau rumah pun mesti dimaksimalkan. Misalnya dengan menyewakan aset tersebut. Dana dari pemanfaatan aset nganggur ini bakal berguna banget buat nambah kekuatan finansial. Selain itu, bisa bikin rumah tambah rapi karena barang tak terpakai sudah keluar.

4. Penghasilan alternatif

Pikirkan, ketika pensiun, apakah cukup dari tabungan pensiun aja? Kalau gak, harus ada penghasilan alternatif.

Kita bisa merintisnya sebelum betul pensiun. Misalnya dengan buka restoran atau toko, atau mungkin bekerja part-time. Atau malah mau terjun ke dunia e-commerce karena belanja online makin digemari?

Apa pun itu, harus cermat memikirkan rencana mencari penghasilan alternatif ini. Apalagi jika membutuhkan modal yang lumayan besar. Salah-salah, dana pensiun bisa tersedot gak bersisa.

5. Nikmati hidup

Sudah pensiun, sudah gak perlu lagi terlalu memikirkan banyak hal. Inilah saatnya menikmati hidup. Menjelang pensiun, mungkin bisa mulai menata rumah untuk mendapatkan suasana santai.

sebentar lagi pensiun
Gak usah stres-stres deh. Nikmati hidup saja (santai/mooseycountry)

Renovasi rumah agar lebih lega, misalnya. Atau mulai berkebun bunga-bunga. Aktivitas santai ini berguna buat kesehatan psikis, yang akhirnya bisa mengusir stres.

Masa pensiun gak bisa dihindari oleh orang-orang yang berstatus pegawai. Kita hanya bisa menyiapkan diri untuk menyongsongnya.

Jika lalai bersiap-siap, masa pensiun bisa jadi menyiksa. Terutama dalam soal finansial. Semuanya pasti mau menikmati masa paripurna ini kan, bukan menyesalinya? Yuk, siap-siap.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Tetap Punya Penghasilan Saat Pensiun dengan Melakukan 5 Hal Ini]

[Baca: Gak Cuma Bikin Stres, Masalah Keuangan juga Bisa Bikin Sakit Fisik Lho]

[Baca: Mudah Marah atau Sensi di Masa Pensiun? Mungkin Ini Bentuk Post Power Syndrome]

 

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com