Selalu Bokek di Pertengahan Bulan? Ini Kesalahanmu

by akbar 1.583 views0

Bokek di pertegahan bulan

Bokek di pertengahan bulan seolah jadi hal wajar bagi kebanyakan orang. Gak cuma bikin repot, hal ini juga bikin kita makin jauh dari kata sukses.

Coba ingat-ingat, ke mana larinya duitmu kalau pertengahan bulan saja udah bokek? Apa karena gaji bulananmu gak cukup? Ada kebutuhan mendesak? Atau jangan-jangan kamu terlalu sering nge-mall?

Biar kesalahan yang sama tidak terulang, baca dulu beberapa hal di bawah ini yang mungkin kerap kamu lakukan sampai uangmu ludes terus.

1. Kalap belanja saat tanggal muda

Pundi-pundi baru saja terisi dengan gaji bulanan, langsung deh mampir ke mall dan shopping. Belinya sih yang didiskon, tapi borongan. Apa yang ditawarin SPG, diambil semua.

bokek di pertengahan bulan
kalo begini kelakuan ibaratnya tanggal muda berjaya, tanggal tua berduka #kamiturutprihatin (full trolley / reddimension)

Alhasil baru pertengahan bulan, duit gaji tinggal setengah. Atau malah sudah benar-benar habis.

Coba dikurang-kurangin deh belanjanya. Toh baju yang dibeli bulan lalu masih bisa dipakai. Dan uang kamu pun bisa disisihkan buat tabungan.

2. Kebanyakan nongkrong di kafe

Memang sih kehidupan sosial itu penting. Tapi bukan berarti harus nongkrong sama teman-teman terus tiap malam.

Kalau gak sering-sering masih oke lah. Tapi kalau tiap hari, bisa tipis dalam sekejap dompet kamu.

Coba alokasikan bujet khusus untuk nongkrong di hari-hari tertentu. Maksimal seminggu dua kali lah. Dan batasi juga pengeluarannya tiap sekali hangout.

Gak usah latah ikut pesan ini-itu pas nongkrong cuma gara-gara lihat teman. Yang penting kan kebersamaannya, bukan seberapa banyak minuman yang kamu pesan.

3. Berlebihan manjain pacar

bokek di pertengahan bulan
sayang memang sayang tapi jangan bikin dompet jebol juga kali (kado / huffingtonpost)

Khusus buat yang gak jomblo nih, harus tahu kapan mau traktir si dia. Mentang-mentang habis gajian, bukan berarti langsung nraktir di restoran mewah.

Masa setiap malam romantic dinner di restoran Eropa yang harga makanannya lebih mahal daripada polis asuransimu? Ini sih namanya kebanyakan gaya.

Semua yang terkait konsumtif itu harus ada perhitungannya. Bukan berarti pelit atau gak modal, tapi lebih kepada tahu batasan.

Gak ada salahnya untuk cari tahu seputar promo restoran di hari-hari tertentu. Makanya, kalau hobinya senang-senang, ya harus update juga dong.

Ini Solusinya

Nah, setelah kamu tahu 3 kesalahan yang membuatmu bokek di pertengahan bulan, kita bakalan bahas solusinya. Ada masalah tentu harus ada solusi dong. Simak yuk biar gak bokek lagi.

bokek di pertengahan bulan
Disiplin adalah kunci utama biar kamu gak bokek di akhir bulan (kena semprot / commons.wikimedia)

1. Buat catatan pengeluaran

Setelah gajian, seharusnya kamu punya daftar pengeluaran yang jadi prioritasmu selama satu bulan. Jadi, semua pengeluaran terencana dengan baik.

Pas kamu mau belanja baju, celana, jam tangan, sepatu atau apapun, gak akan mengganggu pengeluaran pokokmu secara rutin. Ada bagusnya kalau kamu atur bujet belanja per bulan. Jadi hobi belanjamu gak akan overbujet.

2. Gunakan kartu kredit yang tepat

Kok kartu kredit? Bisa tambah boros dong bulan depan? Ya gak lah. Kalau paham fitur dan manfaatnya, justru menguntungkan.

Makanya, sesuaikan kartu kredit sama gaya hidupmu. Ada lho, kartu kredit yang bisa kasih diskon sebesar 50 persen tiap tanggal 15 di sejumlah restoran dan kafe, seperti Fish & Co, XO Suki, Pizza Express, Cold Stone, dan Excelso.

Lumayan, kan? Selain itu, kartu kredit ini juga punya fitur beli 1 dapat 2 tiket nonton The Premiere XXI setiap weekend. Wah, quality time sama si dia jadi makin asyik nih.  

3. Belanja online saja

Kenapa belanja online? Pertama sudah pasti kamu gak perlu keluar duit bensin atau parkir buat belanja ke mal.

Kedua, kadang harga di situs e-commerce bisa jauh lebih murah lho. Dari situ kamu bisa komparasi harga juga.

Dan yang ketiga, balik lagi soal kartu kredit nih. Ada kartu kredit yang bisa memfasilitasi diskon 7 persen untuk pembelian di Blibli.com.

Jadi sudah paham kan kesalahan yang buat kamu bokek di pertengahan bulan dan cara menanggulanginya? Bisa mulai diterapkan bulan ini ya. Good luck!

bokek di pertengahan bulan

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Tambah Kartu Kredit Malah Bisa Lebih Ngirit, Masak Sih?]

[Baca: Jangan Pernah Lakuin Hal-hal Ini Saat Bunga Kartu Kredit Turun]

[Baca: Yuk, Irit Belanja Pakai 3 Kartu Kredit Terbaik Supermarket Ini]

 

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com