Sering Business Trip? Manfaatkan 5 Kartu Kredit Ini Untuk Nikmati Fasilitas Airport Lounge

by Hardian 5.298 views0

fasilitas airport lounge

Buat beberapa orang, perjalanan bisnis alias business trip menjadi rutinitas dalam hidup. Dalam tempo seminggu, bisa saja seseorang menyambangi 3-4 daerah secara berurutan.

Para pelaku bisnis ini umumnya mendapat jatah anggaran perusahaan untuk perjalanan bisnisnya. Namun akomodasi itu biasanya hanya mencakup tiket pulang-pergi dan penginapan.

Jika kita harus datang ke bandara lebih awal buat menghindari macet, pesawat delay, atau mesti transit, pengeluaran ditanggung sendiri. Termasuk untuk menikmati fasilitas airport lounge.

Tarif masuk airport lounge di bandara Indonesia bervariasi, antara Rp 50 ribu sampai lebih dari Rp 100 ribu. Itu sudah termasuk makan sepuasnya di dalam plus koneksi Wi-Fi, udara sejuk, dan sofa empuk.

Namun pengeluaran ini bisa ditekan kalau kita punya kartu kredit tertentu. Fitur kartu kredit itu antara lain bisa dipakai buat masuk airport lounge gratis.

Kalau sering melakukan business trip dan belum punya kartu kredit semacam itu, pertimbangkan 5 kartu berikut ini untuk menikmati fasilitas airport lounge:

1. Danamon World MasterCard

Kartu kredit dari Danamon ini sangat direkomendasikan jika sering business trip. Keuntungannya antara lain gratis akses berbagai lounge pilihan di bandara kota-kota besar di Indonesia.

fasilitas airport lounge
Sambil menunggu pesawat datang, bisa sambil kerja juga nih, nyaman loh! (finnair lounge / seatmaestro)

Selain itu, bisa lebih cepat mendapat point reward yang bisa ditukar dengan Krisflyer atau Garuda Miles. Setiap 12 poin sama dengan 1 mileage.

Asuransi perjalanan juga bisa didapat gratis jika menggunakan kartu kredit ini untuk transaksi pembelian tiket pesawat. Di luar urusan trip, ada fasilitas cashback 5 persen untuk transaksi bahan bakar minyak dan tagihan rutin bulanan.

Daftar lounge, diantaranya:

– JW Executive Lounge – Soekarno-Hatta Terminal 1A
– Danamon/Indosat Executive Lounge – Soekarno-Hatta Terminal 2F
– TG Lounge BalI – Ngurah Rai
– Lounge Borobudur – Adi Sucipto
– Singosari – Juanda

2. Standard Chartered WorldMiles

Standard Chartered WorldMiles punya fitur 1 x mileage per transaksi Rp 7.500 di luar negeri. Mileage itu dikalikan 2 jika transaksi dilakukan di luar negeri.

Fitur lainnya adalah gratis keanggotaan Priority Pass untuk akses ke lebih dari 700 airport lounge di seluruh dunia dan domestik. Daftar lounge domestik, diantaranya:

– Premier Lounge – Soekarno-Hatta Terminal 2D
– Arjuna Lounge/Srikandi Lounge – Ahmad Yani
– Blue Sky Lounge – Juanda
– Premiere Lounge – Ngurah Rai Terminal Internasional
– Blue Sky Lounge dan Mandai Lounge – Kualanamu

3. Citi PremierMiles

Dengan kartu kredit Citi PremierMiles, kita juga bisa gratis masuk sejumlah airport lounge. Dengan bertransaksi Rp 8.750 di dalam negeri atau Rp 5.000 di luar negeri, kita bisa mendapat 1 mile.

fasilitas airport lounge
Nih pasti pada gak punya kartu kredit dengan fasilitas airport lounge (Tidur di bandara / viva)

Miles yang telah didapat berlaku selamanya. Jadi, gak perlu khawatir miles akan kedaluwarsa. Kartu kredit Citibank lainnya yang bisa digunakan untuk masuk lounge gratis adalah Citi Garuda.

Ada pula Citi Reward Card. Namun akses masuk lounge harus ditukar dengan poin. Daftar lounge yang berlaku untuk pemegang Citi PremierMiles, diantaranya:

– Teluk Banten – Soekarno-Hatta Terminal 2E
– APH Concordia – Juanda Terminal 2
– TG Lounge – Ngurah Rai

4. Maybank Visa Infinite

Kartu kredit dari Maybank ini juga memberikan fasilitas gratis masuk airport lounge. Setiap kali belanja Rp 30.000, kita peroleh 3 poin BII TREATS.

Ada pula fasilitas cicilan 0 persen selama 6 bulan untuk pembelanjaan minim Rp 2 juta di luar negeri. Kartu kredit berlimit hingga Rp 100 juta lebih ini juga menawarkan fasilitas khusus di beberapa klub golf terkemuka.

Kamu bisa memanfaatkan kartu ini untuk mengakses lebih dari 30 fasilitas airport lounge di 15 kota besar di Indonesia, di antaranya di Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya, dan Bali.

5. BCA Singapore Airlines Krisflyer Visa Signature

Kita bisa mendapatkan hingga 10.000 Flyer Miles ketika permohonan kartu kredit BCA ini disetujui. Ada 1 KrisFlyer Miles yang bisa kita peroleh per transaksi Rp 8.000 di luar negeri atau Rp 10.500 di luar negeri.

fasilitas airport lounge
Bete deh kalau pesawat delay lama, bisa lumutan deh nungguin! (delay / delaydivertsolutions)

Fasilitas korting di ratusan klub golf tersohor dunia juga bisa kita dapatkan. Adapun untuk urusan daftar lounge BCA Singapore Airlines Krisflyer bisa diperoleh dengan menghubungi pihak BCA. Atau saat berada di bandara, kita bisa menanyakan ke pihak lounge terkait.  

Menggunakan kartu kredit di atas buat business trip jelas lebih menguntungkan. Selain bisa hemat ongkos, ada beragam fasilitas yang didapatkan, terutama di airport lounge.

Untuk diingat, daftar bandara yang disebutkan hanyalah contoh, belum semuanya. Daftar pun bisa berubah sesuai dengan kebijakan penerbit kartu kredit.

CTA Standard Chartered Worldmiles

CTA Citi Premiermiles

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: 6 Cara Pesan Tiket Pesawat Murah Tanpa Membuat Dompetmu Crash Landing]

[Baca: Alasan Kenapa Kamu Butuh Kartu Kredit Buat Membantu Keuanganmu]

[Baca: Pengin Traveling ke Luar Negeri Gratis? Optimalkan Dong Kartu Kredit Kamu. Jangan Cuma Buat Belanja]

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com