Sering Keluar Kota Pakai Mobil Pribadi? Begini Caranya Melindungi Diri

by akbar 530 views0

keluar kota pakai mobil

Bepergian ke luar kota pakai mobil pribadi? Kenapa enggak? Justru lebih seru, santai, dan hemat. Kalau dihitung-hitung, modalnya hanya BBM dan ongkos tol. Jauh beda sama harga tiket pesawat atau kereta.

Khusus yang sering bepergian ke Jawa Tengah, sekarang naik mobil jadi lebih cepat karena sudah ada Tol Cipali. Perjalanan Jakarta menuju Brebes Timur sepanjang 270 km bisa ditempuh hanya dalam waktu 4 jam.

Namun, banyak hal yang harus jadi pertimbangan bagi seseorang yang ingin bepergian ke luar kota pakai mobil pribadi. Hampir semuanya berhubungan dengan masalah keamanan.

Karena kita gak tahu akan resiko yang muncul dan menimpa kita di perjalanan, berikut adalah cara melindungi diri yang efektif buat kamu yang sering ke luar kota pakai mobil pribadi.

1. Pastikan mobilmu punya spesifikasi yang baik

Kamu butuh mobil yang punya spesifikasi mumpuni jika ingin dipakai pergi ke luar kota. Setidaknya, memiliki ground clearance (ketinggian dari tanah) yang tinggi agar sanggup melewati jalan berlubang dan banjir.

keluar kota pakai mobil
Usahakan kalau keluar kota jangan pakai sedan atau city car jenis lainnya. Kalau tiba-tiba kamu harus melewati jalan berlubang, kasian mobilnya (ground clearance/Carwar)

Ke luar kota dengan mobil kecil ramah lingkungan (LCGC) bisa saja. Tapi mobil itu kan jenisnya adalah city car yang wheelbase-nya pendek. Ground clearance juga rendah.

Memang sih konsumsi bensinnya lebih irit, tapi wheelbase pendek bisa menimbulkan goyangan yang berlebih saat melaju di kontur jalan yang bergelombang. Belum lagi sektor kaki-kakinya jelas gak sekuat mobil MPV atau SUV.

2. Kamu harus dilindungi oleh asuransi yang terpercaya

Jangan sepelekan asuransi kecelakaan, kamu gak akan pernah tahu apa resiko yang berpotensi muncul dan menimpamu. Pilih asuransi terpercaya untuk melindungimu di perjalanan.

Ada lho, asuransi kecelakaan diri yang siap memberikan uang pertanggungan sebesar Rp 25 juta. Syarat keikutsertaannya juga gampang. Kamu cuma harus berusia antara 18 hingga 64 tahun. Jangka waktu pertanggungan berlangsung selama 3 bulan.

3. Jangan mengonsumsi miras saat berkendara

keluar kota pakai mobil
Sama saja dengan cari mati kalau nyetir dalam keadaan mabuk (akibat nyetir sambil mabuk/The News Wheel)

Konsumsi miras sebelum atau saat berkendara sangatlah berbahaya dan bisa menimbulkan petaka. Kamu wajib tahu, kalau kamu mengalami kecelakaan dalam kondisi seperti itu, kamu gak akan dapat uang pertanggungan walaupun kamu ikut asuransi kecelakaan.

Hal yang sama juga berlaku untuk narkotika dan zat lain, atau obat-obatan tanpa resep. Jauh-jauh deh sama yang ini. Lebih baik sibuk memikirkan masa depan dan nabung.  

4. Berada dalam kondisi bugar

Sedang gak enak badan, kurang tidur atau flu berat, lebih baik jangan ke luar kota naik mobil pribadi. Kesehatan itu penting sekali buat yang sering nyetir keluar kota.

keluar kota pakai mobil
Jangan nyetir saat kondisi badanmu tidak fit atau saat kamu berada dalam kondisi emosional. Kamu butuh konsentrasi tinggi saat nyetir apalagi kalau nyetir ke luar kota (stress di mobil/asap mobil)

Setidaknya kamu sudah beristirahat dengan cukup selama 8 jam. Dan kalau di perjalanan tiba-tiba ngantuk, jangan dipaksakan. Cari rest area dan beristirahatlah.

5. Usahakan mengetahui teknik dasar bela diri

 

Belajar bela diri banyak manfaatnya. Selain melatih kedisiplinan, mawas, dan melindungi diri, beladiri juga bagus untuk kesehatan.

Melindungi diri jelas jadi hal yang wajib dilakukan bagi siapapun yang sering bepergian jauh. Bawa senjata tajam jelas melanggar hukum, kamu bisa dipenjara 10 tahun.

Oleh karena itu, gak ada salahnya menguasai bela diri. Kamu bisa coba Jiujitsu, Aikido, Krav Maga, atau bela diri lainnya.

So, gimana? Sudah siap mau berangkat ke luar kota ? Jangan lupa dengan 5 poin ini sebelum kamu bepergian ya.

 

keluar kota pakai mobil

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Jangan Antipati Sama Asuransi, Begini Cara Meyakinkan Diri Memilih Asuransi yang Tepat]

[Baca: Apa Aja Sih yang Dilindungi dalam Asuransi Perjalanan?]

[Baca: Pilih Asuransi Mobil Terbaik Ini untuk Mobil Kesayanganmu]

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com