Sertakan Budget Asuransi Saat Menyusun Anggaran Rumah Tangga

by Tifanny 628 views0

anggaran rumah tangga

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

logo finansialku

Sudah menjadi pemahaman umum bahwa suami istri harus memiliki manajemen keuangan yang disepakati bersama. Yang sering terjadi adalah banyak rumah tangga yang melupakan alokasi budget asuransi.

Biasanya suami istri tuh fokus ke bayar cicilan, bayar utang, pengeluaran buat kebutuhan sehari-hari dan liburan. Padahal alokasi budget untuk asuransi penting loh!

Menyusun anggaran keuangan rumah tangga sangat penting. Yaitu untuk memastikan suami istri tetap memegang kendali keuangan bersama. Gak mau kan kalau gaji hanya numpang lewat, karena gak ada kontrol.

Kesalahan yang banyak orang lakukan adalah gak memiliki perlindungan, baik perlindungan jiwa maupun kesehatan. Memang sih saat ini Pemerintah Indonesia sudah memiliki program jaminan kesehatan yang lebih baik yaitu BPJS Kesehatan. 

Kita sebagai warga negara Indonesia bisa membeli dan ikut serta dalam program BPJS Kesehatan. Jika belum memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, segera beli ya.

Proteksi kesehatan dan jiwa adalah proteksi yang penting dan perlu dimiliki oleh kita dan pasangan. Apalagi jika sama-sama bekerja dan menghasilkan pemasukan. Asuransi jiwa wajib loh untuk kita dan pasangan. Belilah asuransi yang melengkapi  manfaat kesehatan yang sudah diberikan oleh kantor. 

anggaran rumah tangga
Ciyeee suami istri kompak nih ye kerjanya! (Karyawan Kantor / cdn.klimg)

Mungkin masih ada yang bertanya, apakah asuransi kesehatan dan jiwa sepenting itu? Iya dong. Kita gak boleh meremehkan yang namanya proteksi atau perlindungan.

Proteksi memegang peranan penting, karena kita gak lepas dari risiko. Baik itu risiko sakit atau kematian. Tapi paling gak kita bisa mengelola risikonya.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan agar kita dapat hidup tetap sehat, seperti menjaga pola hidup, asupan makanan, olahraga, hindari stres dan lainnya. Siapa sih yang mau sakit? Tapi selalu sehat juga kayaknya gak mungkin karena tubuh ada saat lemahnya.

Jangan sampai gara-gara sakit, kita terpaksa menguras tabungan atau menjual investasi. Oleh sebab itu asuransi kesehatan akan sangat menolong saat dibutuhkan.

Bagaimana dengan risiko kematian? Jika kita sudah beli asuransi jiwa, apakah kita terhindar dari kematian? Jawabannya tidak. Karena, asuransi jiwa gak menghindarkan kita dari kematian.

Asuransi jiwa memberikan perlindungan atas nilai ekonomi hidup manusia (economic value of human life). Artinya kita sudah mencegah kerugian-kerugian finansial (atau masalah finansial) jika tulang punggung keluarga meninggal.

anggaran rumah tangga
Siapa yang tahu kapan waktu kita di dunia habis ya (Kedukaan / oketekno)

Apa sih contoh masalah finansial yang harus dihadapi keluarga jika pencari nafkah utama meninggal dunia? Semisal, istri dan keluarga yang ditinggal butuh pemasukan. Jika Istri harus bekerja, butuh waktu beberapa bulan untuk melamar pekerjaan atau memulai usaha.

Contoh lain, pendidikan anak harus terus berjalan setidaknya sampai lulus kuliah.

Masalah finansial lain termasuk melunasi utang-utang yang ada, agar gak mewariskan utang kepada keluarga yang ditinggalkan.

Saat seseorang membeli asuransi jiwa, orang tersebut membeli ketenangan. Setidaknya orang tersebut terlepas dari beban pikiran finansial jika terjadi sesuatu dengan dirinya.

Tentu saja kita harus melakukan perhitungan uang pertanggungan yang benar-benar cermat, Jangan sampai kita melakukan kesalahan pada saat membeli asuransi jiwa. 

Ketika memutuskan untuk membeli asuransi jiwa dan kesehatan, kenali dulu kebutuhan kita. Setelah itu hitung jumlah uang pertanggungan (UP) yang dibutuhkan.

anggaran rumah tangga
Perhitungan itu penting bro, daripada buntung! (Kalkulasi / freshome)

Cari produk asuransi jiwa dari beberapa perusahaan yang memiliki perlindungan sesuai kebutuhan kita dan sesuai budget sebagai perbandingan. Dengan cara ini, kita sudah terproteksi dan tenang secara keuangan.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Asuransi Jiwa Dwiguna Apa Bedanya Asuransi Unit Link]

[Baca: Asuransi Perjalanan Syarat Visa Schengen Mana Terbaik]

[Baca: Sebelum Menjatuhkan Pilihan Simak Dulu Hal-hal Penting Memilih Agen Asuransi Kesehatan Ini]

Tags:

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com